Tidak Perlu Khawatir! Inilah Obat Tradisional Penyakit Kulit pada Sapi

Tidak Perlu Khawatir! Inilah Obat Tradisional Penyakit Kulit pada Sapi

Desa Merdeka
- Salah satu hal yang merugikan para peternak sapi ialah penyakit kulit pada sapi. Meskipun hanya penyakit kulit, akan tetapi ini tidak bisa disepelekan. Jika dibiarkan, penyakit ini akan menggerogoti tubuh sapi dan akan menyebabkan kematian pada sapi Anda.

Ketika sapi terjangkit penyakit kulit, umumnya peternak akan langsung memberikan obat kimia. Ini karena dirasakan lebih cepat khasiatnya dan lebih praktis dibanding obat herbal. Namun, ketika salah dosis penggunaan, tentu efeknya akan sangat merugikan.

Baca Juga : Cara Penggemukan Sapi Bali dengan Metode Paling Ampuh

Begini Meramu Obat Tradisional Penyakit Kulit pada Sapi

Jika sapi Anda terkena penyakit kulit, baik itu scabies ataupun LSD (Lumpy Skin Disease), ada baiknya Anda mencoba ramuan obat tradisional atau herbal untuk sapi Anda. Apa saja obat penyakit bentol pada sapi? Inilah bahan alami yang bisa Anda coba:

Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan zat antiinflamasi dan analgesik yang bisa membantu meredakan gatal dan nyeri pada kulit sapi. Cara penggunaannya cukup mudah.

penyakit kulit pada sapi dan obatnya
Lidah buaya untuk mengobati penyakit kulit pada sapi

Yaitu dengan memotong lidah buaya dan mengambil gelnya. Gel iniah yang bisa Anda oleskan pada bagian kulit sapi yang terjangkit penyakit. Lakukan pengolesan gel lidah buaya sekitar 23 kali sehari.

Kunyit

Obat tradisional penyakit kulit pada sapi selanjutnya adalah kunyit. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan gatal dan infeksi pada kulit sapi.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan memarut kunyit secukupnya. Campurkan parutan kunyit dengan sedikit air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta kunyit pada kulit sapi yang sakit 2-3 kali sehari.

Daun Gamal

Daun gamal juga terkenal sebagai obat alami penyakit kulit pada sapi. Daun ini memiliki kandungann kumarin yang dapat membunuh tungau penyebab scabies. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil daun gamal secukupnya lalu dihaluskan.

penyakit kulit pada sapi dan obatnya
Obat tradisional penyakit kulit pada sapi yaitu daun gamal

Oleskan daun gamal yang sudah dihaluskan pada kulit sapi yang terkena scabies secara merata. Lakukan hal ini selama 2-3 kali sehari sampai penyakit kulitnya sembuh.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit pada sapi. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa bada kulit sapi sebanyak 2-3 kali sehari.

Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk salah satu obat tradisional yang bisa Anda pakai untuk menyembuhkan penyakit kulit pada sapi. 

penyakit kulit pada sapi dan obatnya
Bawang putih juga termasuk obat alami penyakit kulit pada sapi

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit pada sapi. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu dicampurkan dengan minyak kelapa.

Jika Anda tidak punya minyak kelapa bisa juga memakai minyak zaitun. Oleskan bawang putih yang sudah dicampur minyak kelapa atau minyak zaitun ini pada kulit sapi yang benjol atau terkena penyakit gatal cukup 2-3 kali sehari.

Belerang

Penyakit kulit umumnya tunduk pada belerang, terutama scabies pada sapi. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menyembuhkan penyakit kulit pada sapi. Kandungan sulfur pada belerang bisa membunuh tungau scabies dengan ampuh.

Caranya cukup mudah. Bersihkan remahan scabies yang ada pada kulit sapi. Ambil belerang secukupnya dan haluskan. Lalu campur dengan minyak goreng. Oleskan obat herbal ini secara merata pada kulit sapi yang terkena scabies.

Penutup - Inilah Obat Tradisional Penyakit Kulit pada Sapi

Itulah tadi beberapa obat tradisional penyakit kulit yang bisa Anda terapkan pada sapi-sapi Anda. Namun, Anda juga harus tahu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum penyakit kulit itu muncul, sebisa mungkin Anda harus mencegahnya.

Bersihkan kandang secara berkala, berikan pakan yang bergizi untuk sapi-sapi Anda, dan jangan lupa untuk melakukan vaksin secara rutin. Perlu Anda ketahui pula tidak semua penyakit kulit obatnya sama.

Oleh karena itu Anda harus tahu apa saja penyakit kulit pada sapi dan obatnya. Dengan mengetahui penyakitnya, tentu akan mempermudah kita dalam pemberian obatnya. Alangkah baiknya jika mengkonsultasikan penyakit kulit pada sapi oleh ahlinya, dalam hal ini adalah dokter hewan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url