Ini Dia Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan - Metode mempercepat perkembangan ayam bangkok tiap umur berbeda- beda. Usia ayam bangkok 2 bulan, 3 bulan serta 4 bulan pasti berbeda cara penanganannya.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan
Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Ingin Tahu Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan? Temukan Jawabannya Pada Halaman Ini!

Memelihara ayam bangkok sudah menjadi hobi tersendiri untuk pencinta ayam. Terlebih apabila ayam yang mereka miliki senantiasa menang dalam bertarung. Cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan tentu berbeda dengan yang berumur kurang dari itu.

Hal ini terkait dengan kebutuhan gizi ayam yang berbeda di tiap umur. Untuk cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan mari ikuti artikel berikut ini.

Baca Juga : Cara Sukses Ternak Ayam Bangkok Bagi Pemula dengan Modal Minim

1. Memisahkan Ayam Bangkok Ketika Menginjak Dewasa

Ayam bangkok umur 4 bulan sudah bisa dikatakan sebagai ayam remaja menuju dewasa. Biasanya umur 4 bulan sudah harus siap dilatih fisik dan staminanya agar lebih kuat. Anda harus benar-benar tahu bagaimana cara agar ayam bangkok memiliki tubuh yang gumpal dan sehat. 

Selain umur, ciri ayam bangkok yang sudah menginjak masa dewasa adalah ia akan mengejar ayam bangkok betina yang seusia dengan ayam bangkok tersebut untuk dikawini. Jika sudah begini, Anda harus memisahkan ayam bangkok dan mulai melatihnya.


2. Pemberian Makanan yang Bagus

Tiap beternak ungas, pakan ialah hal yang sangat berarti dalam pertumbuhannya. Pemberian pakan ayam yang pas tentu saja akan menghasilkan ayam yang berkualitas. Pemberian pakan ini juga harus memperhatikan umur ayam.

Ayam bangkok pada usia 4 bulan sudah bisa dimasukkan pada golongan anak muda atau remaja. Sehingga dibutuhkan perlakuan spesial dalam pemberian makanan. Santapan yang diberikan dapat berbentuk voer (Pur ayam) dari pabrikan yang dijual kiloan. 

Pemberian Makanan Sebagai Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan
Pemberian Makanan Sebagai Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan

Tidak hanya voer kiloan, Anda juga bisa memberikan ayam bangkok beras merah, jagung, dan gabah sebagai makanan tambahan. 

Pilihlah pakan yang mengandung karbohidrat, gizi dan protein yang tinggi untuk membentukan tulang dan badannya. Jangan lupa juga untuk memberikan poding atau suplemen khusus untuk mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan dan agar terjaga staminanya.

Jatah pemberian pakan dapat diberikan setelah diumbar, bisa juga pas waktu diumbar. Pada umur 4 bulan, Anda harus lebih sering mengumbar dengan tujuan melatih otot serta bentuk tubuh.

Dengan mencermati pemberian santapan yang bagus, pertumbuhan tubuh yang sempurna pasti gampang diwujudkan. Walaupun masih berumur 4 bulan ataupun 5 bulan.

Baca Juga : Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen

3. Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan dengan Memberikan Perawatan Spesial

Tidak hanya manusia yang butuh perawatan, ayam bangkok Anda juga butuh perawatan selain pemberian makanan. Cobalah memandikan ayam bangkok secara rutin dan jangan lupa untuk menjemurnya.

Namun perlu diingat, untuk menjemur ayam tidak boleh lama-lama. Cukup sampai bulunya kering. Menjemur ayam terlalu lama akan berakibat menurunnya metabolisme dan tenaga dari ayam bangkok itu sendiri.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan dengan Memberikan Perawatan Spesial
Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Bangkok Umur 4 Bulan dengan Menjemurnya

Selain untuk mengeringkan bulu, cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan dengan menjemur tadi adalah agar ayam bangkok mendapat suplai vit D langsung dari sinar matahari.

Ini sangat berguna untuk perkembangan tulangnya. Tidak hanya itu, ayam akan kelihatan lebih segar, merah serta kutu dan bau pun akan hilang berkat sinar matahari.

4. Berikan Obat Cacing

Walaupun mungkin terdengar sepele, penting untuk tidak mengabaikan cara mempercepat pertumbuhan ayam Bangkok yang berusia 4 bulan. Semua jenis unggas rentan terhadap infeksi cacing.

Keberadaan cacing dalam usus dapat menghambat penyerapan nutrisi dari pakan yang diberikan, menyebabkan pakan yang mahal seolah tidak memberikan manfaat maksimal.

Selain menggunakan obat-obatan kimia yang tersedia di toko peternakan, Anda juga dapat menggunakan ramuan herbal atau dedaunan yang mengandung senyawa anti-cacing, seperti daun pepaya atau kates.

5. Biarkan Ayam Bergerak Sebagai Latihan Fisik

Pastikan ayam Bangkok Anda memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan berolahraga. Melakukan latihan fisik secara teratur akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran mereka.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Anak Ayam Kurang Nafsu Makan Agar Kembali Lahap

Bagaimana Metode Penjemuran yang Benar Pada Ayam Bangkok?

Seperti yang dikatakan di atas. Ayam bangkok tidak boleh berlama-lama berjemur karena akan menyebabkan sakit pada ayam.

Sebagai cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan, cukup jemur ayam bangkok sekitar pukul 8 sampai 10 pagi. Menjemur ayam lewat pukul 10 hanya akan membuat ayam sakit.

Agar Ayam Cepat Besar Dikasih Makan Apa?

Untuk membuat ayam cepat besar, ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan:

Pakan Utama

  • Pakan Ayam Komersial: Pilih pakan ayam yang sesuai dengan usia dan kebutuhan ayam. Pakan komersial biasanya sudah diformulasikan dengan kandungan nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan optimal ayam.
  • Jagung Giling: Jagung merupakan sumber energi yang baik untuk ayam. Jagung giling dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat pakan sendiri.

  • Agar Ayam Cepat Besar Dikasih Makan Apa?
    Jagung Giling

  • Dedak Padi: Dedak padi kaya akan serat dan vitamin B kompleks yang penting untuk pencernaan ayam. Dedak padi dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat pakan sendiri.

Pakan Tambahan

  • Sumber Protein: Berikan sumber protein seperti tepung ikan, bungkil kedelai, atau maggot untuk membantu pertumbuhan otot ayam.
  • Sumber Vitamin dan Mineral: Berikan suplemen vitamin dan mineral untuk memastikan ayam mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.
  • Sayuran dan Buah-buahan: Sayuran dan buah-buahan dapat diberikan sebagai sumber vitamin dan mineral tambahan. Sayuran dan buah-buahan juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ayam.

Mungkin itu saja cara mempercepat pertumbuhan ayam bangkok umur 4 bulan yang bisa kami bagikan. Jika ada cara baru, kami akan segera meng update artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url