Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta - Ternak kambing merupakan salah satu usaha yang cukup banyak peminatnya karena bisa digunakan untuk jangka pendek, dan panjang. 

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan
Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Modal yang diperlukan juga tidak harus besar karena saat ini Anda dapat melakukan ternak kambing modal 5 juta saja. Cukup menarik bukan? 

Modal 5 juta untuk ternak kambing termasuk dalam usaha ternak skala kecil. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda memulainya. 

Baca Juga : Ternak Ayam Modal Kecil Skala Hobi yang Menghasilkan

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Berikut ini adalah cara cara untuk mulai usaha ternak kambing dengan modal 5 juta yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Memilih Jenis dan Bibit Kambing yang Unggul

Kambing yang ada di Indonesia sebenarnya terdiri dari bebrapa jenis, namun yang sering dijadikan hewan ternak dan dibudidayakan yaitu kambing jenis peranakan etawa dan kambing kacang. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut penjelasan dari masing-masing jenis kambing tersebut. 

Ternak Kambing Etawa

Perlu Anda ketahui bahwa kambing peranakan etawa adalah hasil persilangan. Jika tujuan Anda ternak kambing adalah untuk mendapatkan hasil susunya, maka jenis peranakan etawa adalah pilihan yang tepat. 

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan
Ternak kambing etawa

Kambing peranakan etawa biasanya memiliki bulu berwarna hitam atau coklat muda dengan telinga yang cukup panjang. Kembing jantan dari peranakan etawa juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan kambing betina.

Baca Juga :

Ternak Kambing Jawa atau Kacang

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan
Ternak kambing jawa atau kacang

Bagi Anda yang ternak kambing dengan tujuan untuk menjual kambing yang dapat dipotong dengan daging tebal, sebaiknya pilihlah jenis kambing kacang. Anda akan lebih mudah untuk merawatnya karena kambing kacang lebih mudah beradapatasi, cepat gemuk, dan dagingnya disukai oleh banyak orang.


2. Menyiapkan Kandang Kambing

Jika Anda telah menentukan jenis kambing dengan bibit unggul untuk dipelihara, maka cara ternak kambing modal 5 juta berikutnya adalah menyiapkan kandang kambing. Anda dapat membuatnya sendiri atau meminta bantuan orang lain. 

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan
Menyiapkan kandang kambing sederhana

Usahakan untuk memberikan kandang yang luas dan nyaman sebagai tempat tinggal kambing Anda nantinya. Kenyamanan kambing yang dipelihara tentu menjadi tanggung jawab Anda agar kambing tersebut dapat tumbuh dengan baik karena mendapat kandang yang layak.

Ternak kambing modal 5 juta ini terbilang sangat minim dana. Jadi, meski kandang sangat penting, tetap membuatan kandang jangan terlalu mewah. Anda bisa mengikat kambing di belakang rumah begitu saja asal ada atap untuk melindungi kambing dari hujan dan terik matahari.


3. Melakukan Ternak Kambing dengan Cara Modern

Untuk memulai ternak kambing dengan modal 5 juta, Anda harus pandai dalam mengatur dan menjalankannya. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar mendapat keuntungan adalah dengan melakukan ternak kambing secara modern. 

Ternak kambing modern juga mudah untuk Anda lakukan tanpa harus mengambil rumput setiap hari karena pakan yang diberikan adalah jenis pakan fermentasi. Keuntungan yang mungkin didapat juga lebih maksimal karena pemeliharaannya juga tidak menyulitkan Anda sebagai peternak. 


4. Menjual Kambing yang sudah Layak Jual

Ternak kambing modal 5 juta dapat memberikan keuntungan pada Anda, salah satunya dengan cara menjual kambing yang sudah layak jual. Biasanya ketika kambing berusia 12 bulan, Anda sudah dapat menjualnya. 

Musim kurban biasanya banyak yang mencari kambing untuk disembelih, hal tersebut dapat Anda jadikan momen untuk mendapat keuntungan dari usaha ternak yang dijalankan.

Harga satu ekor kambing yang dijual juga cukup lumayan, biasanya berkisar antara 1,4 juta hingga 2 jutaan untuk ukuran sedang.


5. Melakukan Kombinasi Usaha

Melakukan ternak kambing sebenarnya dapat mendatangkan keuntungan yang besar dengan cara melakukan kombinasi usaha. Anda tidak hanya dapat menjual kambing yang sudah layak saja, tetapi kotoran dan susunya pun dapat menjadi ladang rezeki tambahan.

Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan
Melakukan kombinasi usaha dengan memanfaatkan susu kambing

Saat ini tidak sedikit orang yang mencari kotoran kambing untuk dijadikan pupuk organik. Begitu pula dengan susu kambing, ada banyak orang yang mengolahnya menjadi minuman atau makanan sehingga akan sangat menguntungkan Anda sebagai peternak kambing.

Itu tadi adalah beberapa cara ternak kambing modal 5 juta yang menguntungkan bagi Anda. Untuk mendapat keuntungan dari ternnak kambing, tidak selamanya hanya dari penjualan kambing itu sendiri.

Ada banyak hal yang menjadi keuntukngan dari ternak kambing. Seperti kotoran kambing yang bisa dijual untuk pupuk, juga susu kambing yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Dan tentunya masih banyak lagi. -- Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan --


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url