Kenali 7 Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak

Resiko Ternak Bebek - Salah satu hewan selain ayam yang paling banyak dipelihara oleh warga pedesaan ialah bebek. Bebek merupakan hewan unggas yang dapat dimanfaatkan telur dan dagingnya. Ternyata permintaan daging dan telur bebek ini selalu meningkat, lho.

Kenali Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak
resiko ternak bebek


Untuk Anda yang ingin ternak bebek petelur kering, sebelumnya harus mengerti tentang cara pembuatan kandang beber, menyeleksi pakan yang akan digunakan, serta belajar juga meningkatkan hasil dan kualitas telur untuk meminimalisir resiko ternak bebek.

Dalam mengawali usaha ternak bebek, pikirkan dulu beberapa resiko ternak bebek yang akan Anda jumpai nanti. Hal ini untuk menguatkan mental Anda jika pada saat proses ternak, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. 

Baca Juga : Kebutuhan Pakan Bebek Pedaging Per 100 Ekor Agar Cepat Gemuk

Inilah Resiko Ternak Bebek yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulai Ternak

Apa saja hal yang harus kita ketahui untuk meminimalisir resiko ternak bebek? Apa saja peluang resiko ternak bebek yang akan Anda jumpai nanti? Jawabannya ada pada artikel di bawah ini:

1. Pilih Tujuan dan Tentukan Pola Pikir Saat Ternak Bebek

Saat Anda ingin ternak bebek, Anda dihadapkan dengan dua pilihan. Yaitu ternak bebek petelur atau bebek pedaging. Resiko ternak bebek ini terletak pada pakan dan perlakuan yang tentu saja berbeda. 

Inilah Resiko Ternak Bebek yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulai Ternak
tentukan jenis bebek untuk meminimalisir resiko ternak bebek


Jika Anda memilih untuk ternak bebek petelur, Anda harus perhatikan asupan pakannya. Pilih pakan berprotein sesuai takaran kebutuhan si bebek untuk tetap menghasilkan telur yang berkualitas. Jika salah pakan, resiko ternak bebek yang harus Anda hadapi adalah menurunnya produktifitas telur bebek.

Bagaimana jika Anda ingin ternak bebek pedaging? Bebek pedaging tentu yang dimanfaatkan adalah dagingnya. Maka dari itu, fokus Anda adalah bagaimana cara untuk menggemukkan badan agar daging bebek bisa banyak. Di samping makanan, aktivitas bebek juga harus dibatasi agar bebek tidak kurus.

Baca Juga : 

2. Resiko Bebek Depresi dan Stres

Jangan salah. Bebek juga bisa stres lho. Terlebih jika kandang tidak terawat, adanya hama tikus yang menggaggu, kandang dekat dengan suasana kebisingan dan lain-lain. Hal ini menjadi salah satu resiko ternak bebek yang harus Anda hadapi.

Bebek yang stres kadang merasa malas dan tidak mau makan. Bukan itu saja, bebek depresi juga bisa menurunkan hasil telur yang ia produksi setiap hari. Jadi, untuk mengatasi resiko ternak bebek agar tidak stres, pastikan kandang aman dari serangan hama dan tidak terletak di tempat kebisingan.


3. Pembuatan Kandang Asal-Asalan dan Seadanya Akan Beresiko Untuk Bebek

Kandang sangat berpengaruh besar pada ternak bebekmu. Kandang yang nyaman dan komplit akan membuat bebek hidup dengan sehat. Jika sehat, otomatis produksi telur pun lancar dan daging pun bisa gemuk.

Inilah Resiko Ternak Bebek yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulai Ternak
pembuatan kandang asal-asalan akan beresiko dalam ternak bebek


Banyak sekali kandang yang bisa kamu pilih untuk ternak bebek Anda. Seperti kandang battery, kandang postal, kandang ranch, dll. Gunakan salah satu dari jenis kandang tersebut. Pastikan Anda membuatnya dengan sempurnya.

Periksa apakah air hujan sudah benar-benar tidak bisa masuk kandang atau belum. Resiko ternak bebek jika kandang lembab terkena air hujan, bebek akan sakit dan jamuran. Memang, bebek suka berenang, tapi bukan berarti selalu terkena air setiap hari. Apalagi jika airnya bukan air bersih.


4. Perhatikan Pemilihan Pakan untuk Meminimalisir Resiko Ternak Bebek

Sejauh ini, pakan yang paling baik untuk bebek Anda adalah pakan buatan pabrik. Hal ini tentu karena pakan buatan pabrik komposisinya sudah tertakar dengan benar sesuai jenis dan umur bebek. Masalahnya, pakan bebek pabrikan ini harganya juga sangat mahal.

Inilah resiko ternak bebek yang dialami peternak. Melambungnya harga pakan pabrikan dikhawatirkan para peternak bebek mengalami kerugian karena tidak sebanding dengan harga jual telur nanti. Solusinya, campurkan pakan buatan pabrik 144 dengan bekatul yang halus.

Takaran demikian sudah bisa menjamin gizi bebek petelur. Jadi, agar bebek tidak mogok bertelur, jangan berikan pakan bebek sesuai keinginanmu meski harga pakan pabrikan tergolong tinggi. Ikuti saja aturan pemberian yang tadi untuk meminimalisir resiko ternak bebek.


5. Bebek Beresiko Tidak Kebal Penyakit

Inilah Resiko Ternak Bebek yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memulai Ternak
resiko ternak bebek - tidak kebal penyakit


Makhluk hidup semuanya pasti pernah terserang penyakit, tak terkecuali bebek. Unggas satu ini sangat rentan terhadap serangan penyakit dibanding unggas lain seperti ayam, burung, atau pun mentok. Lalu, bagaimana cara mengatasi resiko ternak bebek yang tidak kebal penyakit ini?

Tentu saja dengan memberikan vaksinasi dengan teratur agar bebek-bebek anda terhindar dari penyakit yang bisa membuat bebek Anda sakit, bahkan mati.

6. Bebek Rentan Terkena Penyakit

Terdapat risiko penyakit yang selalu mengancam unggas, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kebersihan lingkungan yang kurang, keberadaan penyakit unggas di daerah endemis, atau kualitas bibit yang rendah.

Penyakit dapat menyerang unggas pada berbagai tahap kehidupan, mulai dari fase pertumbuhan awal atau yang dikenal sebagai fase starter hingga dewasa. Tidak ada ternak yang benar-benar kebal terhadap penyakit, sehingga penting untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi risiko ini.

Baca Juga : Cara Budidaya Maggot BSF Sampah Berkurang Cuan Mengalir

7. Harga Pasar yang Terus Naik

Salah satu tantangan klasik dalam beternak bebek adalah fluktuasi harga pakan. Di Indonesia, mayoritas pakan ternak berasal dari produk impor karena dianggap memiliki kualitas yang lebih baik.

Contohnya mencakup tepung ikan, jagung, bungkil kedelai, dan mineral jejak. Ketergantungan pada impor pakan ternak membuat harganya sangat dipengaruhi oleh perubahan kurs dolar AS.

Kurs mata uang cenderung meningkat setiap tahunnya, dan hal ini secara pasti menyebabkan kenaikan harga pakan. Anda perlu bersiap menghadapi tantangan ini karena hal tersebut secara langsung mempengaruhi biaya operasional dalam usaha beternak bebek Anda.

Penutup - Kenali Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak

Demikianlah beberapa resiko ternak bebek yang harus Anda ketahu sebelum memulai beternak. Banyak orang yang hanya modal 'ingin' tanpa mengetahui ilmunya dahulu dan langsung praktek. Alhasil ternakaannya banyak yang gagal. Bebek petelur gagal bertelur dan bebek pedaging badannya kurus.

Semoga artikel tentang mengenali resiko ternak bebek ini bermanfaat untuk Anda semua dan bisa dipraktekkan pada bebek kesayangan Anda. Sukses selalu para peternak. -- Kenali Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak --

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url