Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi : Lakukan Hal Berikut Ini

 Ingin Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi? Lakukan Metode Ini

Ingin Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi? Lakukan Metode Ini

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi - Membudidayakan ayam, terutama ayam bangkok tidak hanya dilakukan buat para penghobi saja, tetapi juga para pengusaha kuliner. Ya. Sebagian dari mereka juga memelihara ayam bangkok sendiri untuk bisnisnya.

Ayam bangkok termasuk idaman dalam peternakan. Sehingga banyak orang yang berbondong- bondong membudidayakannya. Tidak hanya bibitnya yang gampang diperoleh, perawatan yang harus diterapkan juga tidak rumit-rumit amat.

Harga penjualan ayam bangkok, mahal dan murahnya tentu sangat dipengaruhi oleh ukuran dan berat ayam itu sendiri. Hal tersebut mengharuskan kita memikirkan bagaimana agar ayam cepat besar dan tinggi, sehingga pas panen bisa memperoleh harga tinggi juga. 

Agar ayam cepat besar dan tinggi, pasti dibutuhkan kesabaran serta intensitas dalam merawatnya. Kunci utama supaya ayam bangkok lebih besar adalah pada masa perkembangan di umur 0- 5 minggu. Seperti golden age, penentuan perkembangan ayam bangkok terletak pada umur tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

Metode Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Cepat Panen dengan Harga Tinggi

Secara universal, kita di sini akan membahas tentang perawatan, mulai ayam bangkok berumur kecil, sampai pemberian vit yang dianjurkan.

Berikut cara yang harus Anda perhatikan agar ayam cepat besar dan tinggi pada ayam bangkok:

1. Pemilihan Indukan yang Tepat Sangat Mempengaruhi Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Saat sebelum memutuskan membeli indukan ayam bangkok, yang kamu perlukan adalah pengetahuan tentang memilih indukan ayam bangkok supaya mendapatkan generasi yang cocok dengan kemauan.

Ukuran ayam bangkok yang besar umumnya berkisar antara serta 8. Jika ingin memperoleh ayam bangkok berukuran tersebut, paling tidak kamu membutuhkan indukan yang mempunyai ukuran satu tingkatan di bawahnya.

Metode Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Cepat Panen dengan Harga Tinggi
Pemilihan Indukan yang Tepat Sangat Mempengaruhi Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Sekadar contoh, bila kamu menginginkan ayam bangkok berukuran8, kamu wajib membeli indukan ayam yang mempunyai ukuran 7. Demikian juga bila kamu menginginkan ayam bangkok ukuran 7, paling tidak kamu wajib memilah indukan dengan ukuran 6.

Begitulah cara pemilihan indukan ayam bangkok agar ayam cepat besar dan tinggi. Pelajari cara di atas terlebih dahulu sebeum membeli indukan ayam bangkok.

Baca Juga :

2. Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Perlu Diperhatikan Masa - Masa Keemasan Ayam

Masa keemasan ayam bangkok adalah ketika anak ayam berumur 0- 5 minggu. Tetapi boleh juga jika Anda mencuri start buat perawatan terbaik pada usia 0- 3 minggu. Pada umur-umur tersebut, perkembangan anak ayam wajib dioptimalkan. 

Perawatan yang intensif akan sangat menolong ayam bangkok agar ayam cepat besar dan tinggi. Bila pada masa- masa tersebut anak ayam mengalami sakit, Anda harus lebih memperhatikannya dengan pemberian obat serta vit.

Metode Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Cepat Panen dengan Harga Tinggi
Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Perlu Diperhatikan Masa - Masa Keemasan Ayam

Walaupun dalam perawatan anak ayam sudah terlihat sembuh, Anda tetap harus memberi perawatan intensif lanjutan, paling tidak sepanjang satu minggu kedepan. Anda juga harus buat memisahkan anak ayam yang sakit dengan ayam yang sehat. 

Ini dikarenakan anak ayam yang sakit dikhawatirkan akan menulari anak ayam yang sehat. Jika anak ayam yang sakit tersebut masih dicampur dalam satu kandang, kemungkinan akan mempengaruhi pertumbuhan ayam yang lain. Bahkan bisa berujung kematian.


3. Pemberian Pakan Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Pemberian pakan supaya ayam cepat besar dan tinggi hendaknya diberikan pakan pur murni. Ini berlaku pada ayam yang berumur 0- 2 bulan. Tidak cuma pur, pemberian pakan ayam wajib diimbangi dengan pemberian vit.

Pemberian pakan tersebut dapat diberikan hingga bulu di punggung serta leher ayam muai rontok dan berubah menjadi bulu rawis pejantan.

Buat kamu yang lagi mengirit anggaran, sehabis usia ayam berkisar umur 2 bulan, bisa ditambahkan dengan dedak katul dengan perbandingan 4: 1.


4. Santapan Berkalsium Tinggi Sangat Mempengaruhi Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Tidak cuma jenis pakan serta vit saja yang bisa pengaruhi perkembangan ayam bangkok agar tumbuh lebih cepat. Tidak hanya butuh untuk mencermati pertumbuhan dagingnya, Anda juga harus memperhatikan perkembangan Tulang ayam bangkok.

Pertumbuhan tulang yang baik juga tak kalah pentingnya bagi ayam bangkok.Untuk perkembangan tulang ini, bisa didapatkan bila Anda memberi santapan berkalsium tinggi pada ayam Anda.

Metode Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Cepat Panen dengan Harga Tinggi
Santapan Berkalsium Tinggi Sangat Mempengaruhi Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Kalsium dibutuhkan saat tubuh ayam mulai menurun akibat melewati masa latihan terbang. Pada saat itu, ayam akan terlihat kecil, namun setidaknya ayam mempunyai tulang yang kuat untuk senantiasa menyokong pertumbuhannya.


5. Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi Perlu Pengaturan Penyeimbang Gizi

pengaturan penyeimbang pakan yang bergizi dengan protein yang besar merupakan salah satu cara memesatkan perkembangan ayam bangkok. Pemberian pakan bergizi bisa tingkatkan nafsu makannya, sehingga pakan tidak banyak terbuang percuma.

Nafsu makan ayam bangkok wajib ditingkatkan secara terus menerus sampai berkembang besar. Pemberian vit serta melaksanakan pengaturan waktu pemberian pakan juga termasuk motivasi untuk ayam saling berebut santapan yang diberikan.

Nafsu makan yang besar membuat santapan bergizi yang diberikan akan cepat habis serta membuat perkembangan tubuh ayam menjadi cepat besar dan tinggi. Tidak hanya itu, Anda juga harus berusaha mengurangi gerakan ayam sangat over aktiv. 

Mengapa? Karena ayam yang sangat aktiv bergerak akan menyebabkan pakan yang bernutrisi tersebut terbuang menjadi pembakaran yang menciptakan tenaga. Anda juga bisa membuat pakan ayam sendiri seperti pemberian konsentrat yang penuhi nutrisi yang diperlukan ayam


Aspek Penunjang Perawatan Ayam Bangkok Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

1. Penerangan Kandang Ayam

Yang tidak kalah berarti bagi kesehatan anak ayam adalah penerangan kandang yang bisa menghangatkan anak ayam. Tidak hanya itu bisa membuat anak ayam lebih waspada.


2. Kebersihan Kandang Ayam

Tidak cuma kebersihan pakan saja yang butuh dilindungi, melainkan kebersihan kandang pun butuh buat dicermati.

Sterilisasi kandang paling tidak butuh dilaksanakan seminggu sekali. Sisa pakan serta kotoran ayam yang sangat lama mengendap akan menjadi sarang bakteri serta penyakit.

Aspek Penunjang Perawatan Ayam Bangkok Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi
Perhatikan Kebersihan Kandang Ayam Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Itu semua sangat  mempengaruhi terhadap kesehatan ayam. Yang harus Anda lakukan adalah penyemprotan disinfektan saat sebelum anak ayam di tempatkan, serta lakukan hal tersebut pada masa sehabis panen.

Mengapa? Sebab perkembangan penyakit di tempat yang lembab akan sangat cepat menyebar. Tidak cuma buat ayam, melainkan juga buat Anda yang memelihara ayam.


3. Pemberian Pakan Secara Tertib serta Konsisten

Bila poin di atas cuma mangulas tentang jenis pakan saja, yang tidak kalah berarti serta butuh diperhatikan yaitu waktu pemberian pakan yang normal serta konsisten. Waktu wajar pemberian pakan ayam ialah pada pagi serta sore hari.


4. Kebersihan Pakan Ayam

Kebersihan pakan bisa mempengaruhi proses penyerapan protein yang ada dalam pakan menjadi terserap dengan baik. Dampaknya, bila sterilisasi senantiasa dicoba pasti ayam akan terhindar dari penyakit yang membahayakan.

Tidak hanya pakan, kebersihan air minum harus juga Anda cermati. Anda bisa memberikan air masak supaya tidak terdapat bibit penyakit yang berkutat pada air yang diberikan pada ayam.


5. Cahaya Matahari

Cahaya matahari sangat berarti untuk anakan ayam bangkok. Sinar matahari yang menyinari ayam juga termasuk faktor agar ayam cepat besar dan tinggi. Juga bisa memberi kekuatan pada tubuh ayam dalam pembentukan otot secara optimal.

Paling tidak pada pagi hari, anakan ayam bangko diberikan akses memperoleh cahaya matahari yang baik buat pertumbuhannya.


Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Di atas sudah dijelaskan jika cara agar ayam cepat besar dan tinggi salah satunya adalah dengan memberinya makanan bergizi secara rutin. Di sini kita akan membahasnya lebih dalam lagi. Pakan yang bagaimana sih yang bisa membuat pertumbuhan ayam cepat besar?


Manfaat Membuat Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Selain produk pur ayam pabrikan yang sudah didesain segala rupa untuk memenuhi kebutuhan ayam, Anda pun bisa memberikan racikan pakan ayam Bangkok agar cepat besar untuk menutup atau memperkecil anggaran biaya.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar
Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Sebelum belajar bagaimana cara membuat racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dan tinggi, Anda harus tahu dulu manfaat di balik kita membuat racikan tersebut. Di antaranya adalah:

  1. Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang Anda buat sendiri tentu akan menghemat anggaran biaya. Karena bahan baku pakan alternatif ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di dekat Anda.
  2. Anda sebagai peternak ayam bisa jadi lebih tahu tentang kebutuhan hewan peliharaan Anda sehingga Anda bisa dengan mudah memberikan pakan ayam sesuai porsi dan takarannya.
  3. Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar tentu memiliki khasiat meningkatkan kesehatan ayam dan juga hebat untuk bertarung. Ayam Anda akan mengeluarkan semua kemampuan dan performanya dengan maksimal.
  4. Saat Anda punya pakan bernutrisi rendah, melalui racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar ini Anda bisa mencampurnya sehingga kualitas gizi pun bisa meningkat.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar - Begini Cara Meraciknya

Anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari pakan ayam racikan sendiri. Sekarang kita akan coba membahas bagaimana cara meracik atau membuat racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya :

1. Membuat Pakan Racikan untuk Ayang yang Baru Menetas

Setelah ayam bangkok Anda menetas dalam 2 hari, Anda cukup memberikan racikan pakan berupa minuman dan campuran vitamin. Anak ayam usia 2 hari ini belum bisa menelan. Mereka hanya belajar mematuk. Setelahnya baru berikan voer yang teksturenya halus.

Setelah dua sampai tiga hari, cukupi kebutuhan gizi mereka dengan menambah kandungan lemak dan protein. Selain ukurannya pas, protein dan lemak juga memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi sehingga mampu membantu ayam cepat besar serta tinggi.


2. Racikan Pakan Anakan

Saat ayam memasuki umur 2 minggu sampai satu bulan ketika ayam Anda sudah aktif dan bisa mencari makan sendiri, Anda bisa memberikan racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dengan komposisi  gizi 20% protein, 3% lemak serta 6% serat. Bisa juga Anda campur dengan  jagung, bekatul, tepung ikan dengan perbandingan 2:3:1.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus Secara Alami Ampuh untuk di Rumah dan Sawah

3. Racikan Pakan Remaja

Ketika ayam-ayam Anda memasuki usia remaja (1-3 bulan), Anda harus melakukan perawatan dengan melepasnya ke luar kandang atau diumbar. Namun Anda harus tetap membatasi mengumbaran ini agar tidak mudah terserang penyakit.

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi : Lakukan Hal Berikut Ini
racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar untuk remaja

Untuk itu Anda harus memberikan pakan agar ayam cepat besar dan tinggi serta daya tahan tubuhnya kuat. Anda bisa memberikan pakan sebagai berikut:

  • Voer 591 : Umur 1 bulan.
  • Voer 592 : Umur 2 bulan.
  • Voer 593 : Umur 3 bulan.

Untuk menambah nutrisinya dan menghemat anggaran biaya pemeliharaan ayam bangok, Anda bisa membuat racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dengan bahan-bahan berikut:

  • Ampas tahu.
  • Nasi.
  • Menir goreng.
  • Tepung ikan.

4. Racikan Pakan Menengah

Pada ayamm bangkok usia menengan yaitu antara 3 - 6 bulan, mereka akan lebih aktif di luar kandang. Entah itu untuk mencari makan sendiri sampai belajar bertarung. Ketika Anda membiarkan atau memelihara ayam usia segini di luar kandang, tentu energinya akan terkuras habis dan lemas.

Oleh karenanya, Anda bisa memberikan pakan agar ayam cepat besar dan tinggi serta untuk menjaga stamina dan energinya agar tidak habos. Anda bisa membuat pakan ayam sendiri dengan racikan dari campuran voer seperti voer 593 dicampur dengan beras merah.

Anda juga bisa membuat racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar umur 3 - 6 bulan ini dengan menambahkan kalsium, suplemen, dan vitamin B kompleks. Campuran suplemen tadi bisa mempercepat pertumbuhan bulu, tulang, dan juga bisa lebih cepat gemuk, tinggi, dan besar.


5. Racikan Pakan Dewasa

Pakan racikan ayam bangkok agar cepat besar dan gemuk untuk ayam dewasa dengan ring usia 6 sampai 8 bulan bisa Anda pelajari di sini. Anda bisa memberikan voer 594 yang sangat bermanfaat untuk menambah stamina dan cocok sekali untuk ayam aduan.

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi : Lakukan Hal Berikut Ini
racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar untuk ayam dewasa

Ayam pada usia dewasa ini mereka lebih membutuhkan protein untuk membentuk otot dan juga agar ayam cepat besar dan tinggi. Sebagai pendampingnya, Anda bisa memberikan racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dengan mencampurkan jagung dan beras merah.

Penutup - Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi : Lakukan Hal Berikut Ini

Itulah tadi beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar ayam bangkok cepat besar dan tinggi. Mulai dari pemilihan indukan, cara memperlakukan anakan ayam, masalah kandang, pemberian pakan ayam, sampai cahaya matahari pun harus selalu Anda perhatikan.

Tidak hanya itu, pada artikel ini juga Anda bisa belajar mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang banyak sekali manfaatnya. Baik untuk pertumbuhan ayam bangkok Anda juga untuk keuangan Anda agar bisa lebih berhemat.  Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi, Lakukan Hal Berikut Ini --

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url