Bisakah Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian? Ini Ulasannya

Bisakah Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian? Ini Ulasannya
Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian

Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian - Bagi para karyawan dengan penghasilan pas-pasan, tentu menginginkan adanya modal tambahan untuk usaha atau sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Namun, apakah bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian sebagai jaminannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Rekomendasi Pinjaman Karyawan Jaminan Jamsostek

Apakah Bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian?

Perlu diketahui bahwa semua masyarakat tidak dapat menggadaikan BPJS ketenagakerjaannya ke pegadaian, terlebih untuk tujuan pinjaman dana. Para pelanggan BPJS hanya dapat mengikuti program-program yang diarahkan pada fokus tertentu saja, seperti kepemilikan properti.

Barang - Barang yang Bisa Dijadikan Jaminan di Pegadaian

Meskipun demikian, pegadaian memberikan beberapa alternatif barang yang bisa digunakan untuk mengakses pinjaman modal. Anda bisa menggunakan opsi tersebut jika dirasa memenuhi kriteria. Berikut adalah daftar barangnya.

1. Emas - Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Barang pertama yang bisa digunakan sebagai jaminan peminjaman yaitu emas. Semua pelanggan dapat menggunakan emas dalam bentuk apapun tanpa ada pengecualian. Yang harus diperhatikan adalah benda berharga itu asli, bukan imitasi atau KW.

Apakah Bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian?
Emas - Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

Jika Anda memiliki emas mini atau Antam, maka barang tersebut juga dapat digunakan sebagai jaminan di pegadaian. Calon peminjam cukup mendatangi kantor pegadaian untuk melakukan registrasi.

Nominal yang bisa dicairkan juga mengikuti tingkat kemurnian serta berat dari emas itu sendiri. Semakin tinggi karatnya, maka pinjaman yang diperoleh tentu semakin besar. Begitu pula dengan berat emas tersebut.

2. Barang yang Bisa Digadaikan : Surat Berharga

Benda kedua yang bisa dijadikan sebagai jaminan di pegadaian yaitu surat berharga. Meski Anda tidak bisa gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian, Anda masih bisa menggadaikan surat-surat berharga lainnya.

Surat berharga tersebut bisa berupa BPKB kendaraan bermotor, sertifikat tanah, atau sertifikat rumah. Anda bebas menentukan mana yang sekiranya bisa mencukupi nominal pinjaman.

Apabila Anda menginginkan pinjaman dana dalam jumlah besar, maka disarankan menggunakan sertifikat tanah atau bangunan. Namun, jika menghendaki modal yang ringan, maka bisa memilih BPKB kendaraan untuk jaminannya. Hal ini disesuaikan dengan tingkat berharganya benda tersebut.

3. Alat Elektronik Juga Merupakan Barang yang Bisa Digadaikan

Benda nomor 3 yang diperbolehkan oleh pegadaian sebagai jaminan adalah alat-alat elektronik. Alat elektronik yang dimaksud tentunya memiliki nilai jual menengah ke atas, seperti kulkas, televisi, mesin cuci, komputer, atau smartphone.

Jumlah pinjaman yang akan diperoleh juga menyesuaikan dengan nilai aset yang digadaikan. Misalnya pinjaman Rp 1-5 juta untuk handphone, Rp 1-25 juta untuk komputer, atau Rp 1-7 juta untuk televisi. Semua dihitung berdasarkan nilai pasaran saat itu jika diuangkan.

4. Benda Berharga Lainnya

Apabila Anda tidak memiliki ketiga barang di atas, jangan khawatir karena masih ada alternatif terakhir. Semua benda berharga juga bisa dijadikan sebagai jaminan dengan syarat memiliki nilai jual yang memenuhi kriteria pasaran.

Apakah Bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian?
Kendaraan bermotor merupakan barang yang bisa digadaikan

Beberapa contoh benda berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan yaitu sound system, kendaraan bermotor, alat berat, atau kendaraan bermesin. Pastikan semua barang tersebut memiliki surat keterangan jika ada. Surat tersebut menjadi salah satu bukti kepemilikan serta nilai aset.

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri : Bagaimana Caranya?

Alternatif Pinjaman Modal Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Meski tidak bisa gadai BPJS Ketenagakerjaan di pegadaian, ada alternatif yang bisa Anda gunakan. Anda dapat mengajukan pinjaman dana ke koperasi simpan pinjam dengan jaminan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. 

Apakah Bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian?
Tidak bisa gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian? Beberapa koperasi adalah alternatifnya

Cara ini sering dilakukan oleh karyawan dengan kebutuhan hidup tinggi serta penghasilan UMR. Beberapa koperasi simpan pinjam yang mendukung jaminan BPJS Ketenagakerjaan di antaranya adalah KSP Nasari, Koperasi Graha Gemilang Indonesia, Kopkar BKS PPM, dan Koperasi Makmur Mandiri. 

Ada banyak jalan menuju Rhoma. Setidaknya itulah peribahasa yang dapat menggambarkan bahwasannya sumber pinjaman modal tidak hanya dari pegadaian saja. Bahkan, dengan syarat dan ketentuan yang sama, Anda justru bisa mendapatkan pinjaman dana segar dari berbagai sumber.


Penutup - Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian

Itulah tadi uraian singkat mengenai gadai BPJS Ketenagakerjaan di pegadaian. Memang sejatinya Anda tidak bisa menggadaikan kartu BPJS Anda di pegadaian untuk mendapatkan pinjaman sejumlah uang. Namun, tetap ada lembaga keuangan lain yang menerimanya sebagai jaminan pinjaman.

Lembaga-lembaga tersebut sesuai yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Jika Anda masih ingin melakukan pinjaman di pegadaian, Anda bisa memakai alternatif barang untuk dijadikan barang gadaian. Seperti emas, surat berharga, barang elektronik, dan benda-benda berharga lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url