Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk dan Sehat Meningkatkan Harga Jual Sapi

 Cara ternak sapi cepat gemuk

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk dan Sehat
Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk
 - Ternak sapi potong menjadi satu di antara agribisnis yang mempunyai peluang yang bagus, bisa dibuktikan dengan kebutuhan pasar yang relatif konstan. Di samping itu nilai jual sapi juga konstan dipasaran.

Inilah alasan yang akan membuat Anda tertarik menjalankan bisnis sapi potong atau mengetahui cara ternak sapi cepat gemuk agar cepat bisa dijual. Beberapa masalah yang kerap dijumpai oleh beberapa peternak sapi, secara umum ialah kualitas penggemukkan yang didapat.

Baca Juga : Inilah Komposisi Pakan Kambing Penggemukan - Kambing Gemuk Harga Meningkat

Bagaimana Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk dan Sehat?

Banyak peternak pemula atau yang telah lama mempunyai masalah yang berbeda. Oleh karena itu ada banyak hal yang penting yang harus menjadi perhatian berkaitan dengan cara menggemukkan sapi kurus. Sapi yang kurus tentu menjadikan banyak masalah.

Oleh karena itu, agar tidak menimbulkan masalah atau kerugian, Anda harus memahami tentang baagimana cara ternak sapi cepat gemuk sehat dan mempunyai nilai jual tinggi. Apa saja yang mempengaruhi cara menggemukan sapi kurus tersebut? Langsung saja cek di bawah ini.

1. Memilih Jenis Sapi yang Akan Dipelihara

Cara ternak sapi cepat gemuk yang pertama adalah dengan memilih jenis sapi yang akan kita pelihara. Kami sarankan untuk memilih jenis sapi potong untuk dipelihara. Prospek dari sapi potong ini pun sangat tinggi. Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi pada saat Hari Raya Idul Adha.

Sapi potong bisa dijual kapanpun dengan harga yang relatif tidak berubah. Itulah sebabnya banyak orang lebih memilih untuk membeli sapi potong daripada sapi perah. Karena hal ini juga jarang orang ingin mengetahui cara menggemukan sapi kurus pada sapi perah.


2. Memilih Bibit Sapi yang Unggul

Ke dua, cara ternak sapi cepat gemuk adalah dengan memilih bibit unggul pada sapi. Sapi potong juga banyak macamnya. Oleh karena itu pilihlah jenis sapi sesuai pilihan Anda. Asalkan sapi tersebut adalah sapi bibit unggul.

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk - cara menggemukan sapi kurus
Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk : Memilih Bibit Sapi yang Unggul

Dimulai dari modal bibit, pasar, modal perawatan, situasi keadaan dan yang lain. Oleh karenanya, Anda perlu tentukan tipe sapi dengan cermat. Ada beberapa tipe sapi yang biasa diperbudidayakan di Indonesia. Di mulai dari sapi asli indonesia atau sapi import.

Bila Anda memutuskan untuk usaha sapi potong, pasti akan mencari informasi tentang bagaimana cara ternak sapi cepat gemuk. Anda tak perlu lakukan pembibitan sapi potong sendiri. Cukup dengan membeli bibit sapi potong dengan kualitas yang bagus.

Syarat Memilih Bibit Sapi Sebagai Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk

  1. Belilah dari faksi pembibitan sapi potong yang sudah tercatat, legal dan berpengalaman. Salah satunya cirinya ada ada pertanda telinga. Ini mempunyai tujuan untuk pastikan jika pedet/anak sapi sudah tercatat dan terang silsilahnya.
  2. Bergerak aktif/tidak malas bergerak.
  3. Kerjakan perabaan pada kukunya, yakinkan tidak berasa panas.
  4. Matanya terlihat ceria, bersih dan tidak ada pertanda cacingan.
  5. Tidak terusik pernapasannya dan tidak keluar lendir dari hidungnya.
  6. Pusarnya bersih dan kering, tidak ada pertanda infeksi atau yang lain.
  7. Tidak terlihat ada external parasit di kulit atau bulu-bulunya atau masalah yang lain memperlihatkan kerusakan kulit atau kerontokan bulu-bulu.
  8. Mekanisme pencernaan baik, tidak kembung atau mungkin tidak ada pertanda mencret di bagian ekor dan dubur.
  9. Upayakan tentukan anakan sapi yang berusia lebih dari dua hari.

Itulah banyak hal yang penting jadi perhatian dalam penyeleksian bibit ternak sapi potong sebagai cara ternak sapi cepat gemuk.


3. Memperhatikan Persyaratan Lokasi Peternakan Sapi

Selain memilih jenis dan bibit sapi unggul, cara menggemukan sapi kurus selanjutnya adalah dengan memperhatikan lokasi peternakan sapi. Penyeleksian persyaratan lokasi yang pas untuk ternak sapi potong menjadi satu di antara poin utama untuk diperhitungkan.

Lokasi kandang untuk usaha penggemukan sapi potong terkini harus penuhi beberapa persyaratan. Untuk memperjelasnya, berikut ialah persyaratan lokasi ternak sapi potong:

  • Aksesbilitas gampang, untuk memudahkan akses pengangkutan pakan dan perawatan setiap hari.
  • Lokasi jauh dan terpisah dari permukiman masyarakat, minimal minimum 10 meter.
  • Berada di lokasi yang aman dari masalah hewan pemangsa.
  • Cahaya matahari bisa tembus pekarangan kandang.
  • Keamanan dari maling terjaga.


4. Penyiapan Kandang Sapi Potong Sebagai Cara Ternak Sapi Cepat Gumuk

Beternak sapi potong secara intens dengan memakai kandang sapi terbukti lebih bagus dalam soal sanitasi, usaha perlakuan protektif pada kesehatan ternak, memudahkan pemantauan dan perawatan, dan memaksimalkan tambahan berat tubuh ternak.

Dan pada ternak yang dilepaskan/diangon lebih susah pengawasan sanitasi dan kesehatan ternak, dan tambahan berat tubuh yang kurang maksimal. Kandang dalam budidaya sapi potong mempunyai peranan khusus dalam cara ternak sapi agar cepat gemuk, yakni:

  • Membuat perlindungan ternak dari siraman hujan dan panas matahari.
  • Memudahkan perawatan ternak dan pengawasannya.
  • Jaga keamanan dan kesehatan ternak.

Masalah kandang sangat penting dalam cara menggemukan sapi kurus. Maka dari itu, kandang yang disebut tempat budidaya sapi potong dibikin dengan wujud dan design yang bisa disamakan. Kandang bisa dibikin dalam mekanisme double atau tunggal (batre). 

Kandang batre atau kandang tunggal tempatkan sapi pada satu baris yang dikasih pemisah disebelah kanan dan kiri sapi. Sehingga sapi sedikit buang energi untuk bergerak, tetapi disimpan untuk menambahkan berat badannya.

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk - cara menggemukan sapi kurus
Penyiapan Kandang Sapi Potong Sebagai Cara Ternak Sapi Cepat Gumuk

Kandang double mempunyai peletakan sapi yang lain, yakni sapi ditempatkan pada dua barisan dan sama-sama bertemu atau sama-sama bergesekan. Sesudah menentukan bagaimana mode kandang, seterusnya ada banyak hal yang penting jadi perhatian dalam cara ternak sapi cepat gemuk. Seperti:

Perlengkapan kandang harus dibuat berbahan yang tahan lama dan gampang dibikin bersih. Bukan hanya dibersihkan sampai bersih, yakinkan perlengkapan kandang masih tetap steril dengan disuci hamakan memakai desinfektan.

  • Anda dapat membudidayakan sapi potong pada wilayah daratan rendah (100-500 mdpl) sampai daratan tinggi (> 500 mdpl).
  • Lantai kandang: lantai kandang dapat dibuat dari semen, tanah padat, atau paving. Apa saja bahan lantai kandang, yakinkan lantai harus tetap bersih setiap waktu untuk menahan penebaran penyakit. Anda bisa juga memberi alas jerami kering untuk jaga alas kandang masih tetap hangat.
  • Temperatur kandang jangan terlampau rendah atau terlampau tinggi, yakni sekitaran 25-40oC (rerata 330C) dan kelembapan temperatur tidak begitu jauh dari 75%.
  • Ukuran kandang untuk 1ekor sapi jantan dewasa bisa didesain sejumlah 1,5×2 m untuk tipe sapi lokal atau 2,5×2 m untuk beberapa macam sapi impor seperti limosin.
  • Ukuran kandang untuk 1 ekor sapi betina dewasa ialah sekitaran 1,8×2 m.
  • Ukuran kandang untuk anak sapi cukup 1,5×1 m per ekor.
  • Tempat pakan dan minum diberi secara ad libitum (harus ada dan jangan kekurangan).
  • Perputaran udara baik, maka dari itu kandang sapi jangan tertutup rapat, supaya perputaran udara di dalamnya lancar.
  • Mekanisme sanitasi harus baik, supaya kandang dapat gampang dijaga kebersihannya.


5. Metode Pemberian Pakan Sapi Sebagai Cara Menggemukan Sapi Kurus

Memberi pakan dengan tepat ialah kunci sukses beternak sapi potong agar cepat gemuk. Maka dari itu, beri pakan yang sesuai kebutuhanya. Berikut adalah cara pemberian pakan sapi potong agar cepat gemuk:

A. Pemberaian Pakan Dengan Mekanisme Penggembala (Pasture fattening)

Penggembalaan sapi potong dapat dilaksanakan bila Anda mempunyai akses yang gampang dalam cari padang rumput. Anda dianjurkan untuk menggembalakan sapi dalam kurun waktu 5-7 jam sehari-harinya.

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk - cara menggemukan sapi kurus
Metode Pemberian Pakan Sapi Sebagai Cara Menggemukan Sapi Kurus

Keunggulan pada mekanisme penggembalaan ini ialah ternak tak lagi memerlukan ransum tambahan pakan. Karena ternak telah memperoleh konsumsi pakan hijauan yang cukup, hingga ongkos pakan bisa diminimalkan. Setelah itu berilah suplemen organik untuk memenuli kebutuhan gizi sapi.

B. Pemberian Pakan Dengan Mekanisme Kereman (Dry Lot Fattening)

Mekanisme kereman (dry lot fattening) ialah mekanisme pemberian pakan dengan cara disuguhi/di kereman. Anda perlu memberi pakan hijauan yang didapat dari kebun, sawah, atau tempat pakan hijauan ternak sebagai cara ternak sapi cepat gemuk.

Beri pakan hijauan sekitar 10-12% dari berat badannya. Dan pakan tambahan berbentuk ekstrak dan dedak, ampas tahu, bekatul, bungkil kelapa, gaplek atau pakan tambahan yang lain, dapat diberi dengan jatah 1%-2% dari berat badan ternak.

Bila Anda mempunyai usaha sapi potong dengan mekanisme kereman, Anda bisa juga pilih wujud pemberian pakan hijauan. Tipe pakan hijauan dipisah jadi 3 kelompok, yakni hijauan fresh, hijauan kering, dan silase.


Tipe Pakan Untuk Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk

Pakan menjadi satu di antara tingkatan perawatan yang perlu. Karena ini terkait dengan kualitas berat sapi nanti. Karena itu Anda dapat pilih tipe pakan yang disamakan dengan kualitas keperluan penggemukkan sapi Anda. Berikut tipe pakan sapi yang penting Anda kenali:

1. Pakan Hijauan Fresh

Hijauan fresh ialah tipe pakan hijauan berbentuk rerumputan, kacang-kacangan (leguminosa), daun-daunan, atau tanaman hijau yang lain yang didapatkan langsung dari kebun/sawah dan diberikan langsung.

Ada banyak tipe pakan hijauan yang bagus untuk pakan sapi sebagai cara ternak sapi cepat gemuk dan sehat, seperti rumput gajah, rumput raja (king grass), daun turi, daun lamtoro, daun nangka, dan yang lain.

Baca Juga :  Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler

2. Pakan Hijauan Kering

Hijauan kering sebagai tipe pakan yang dari hijauan fresh dan menyengaja dikeringkan dengan arah supaya pakan bisa ditaruh semakin lama, intinya sebagai stok saat rumput hijauan fresh susah didapat.

Beberapa macam pakan hijauan kering salah satunya ialah jerami padi, tangkai kacang tanah, tangkai daun jagung, dan ada banyak kembali. Berilah pakan hijau kering sebagai opsi lain dari cara menggemukan sapi kurus.


3. Pakan Peragian/Silase

Silase sebagai tipe pakan hijauan yang dibuat jadi pakan peragian.


4. Pakan Ekstrak Sapi Pedaging

Cara ternak sapi cepat gemuk untuk hal pemilihan makanan selanjutnya adalah dengan memberi pakan ekstra sapi pedaging. Pakan ekstrak sapi pedaging ialah tipe pakan yang paling diperlukan oleh ternak untuk percepat tambahan berat.

Oleh karenanya, penting untuk memberi pakan ekstrak sapi pedaging. Anda dapat beli pakan ekstrak sapi pedaging yang dipasarkan dipasaran, atau membuat sendiri dengan beragam bahan opsi. Sudah pasti, pembikinan ekstrak sapi pedaging ini bisa mengirit ongkos pakan ekstrak sapi pedaging

Itulah tadi adalah beberapa penjelasan singkat mengenai bagaimana cara ternak sapi cepat gemuk yang bisa Anda praktekkan. Mulai dari menentukan jenis sapi, pemilihan bibit, pembuatan kandang, penentuan lokasi kandang, sampai pada makanan yang bagus untuk sapi potong.

Ke semua hal di atas merupakan usaha yang harus kita lakukan pada ternakan sapi kita sebagai cara menggemukan sapi kurus dan cara ternak sapi agar cepat gemuk dan sehat. Jika sapi Anda gemuk dan sehat, nilai jual pun akan semakin tinggi. Dan Anda akan memperoleh keuntungan yang tinggi pula.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url