Ketahui Pakan Bebek Peking Agar Tumbuh Sehat Panen Maksimal

Ketahui Pakan Bebek Peking Agar Tumbuh Sehat Panen Maksimal

Pakan Bebek Peking - Siapa yang tidak tahu bebek peking? Unggas satu ini selalu laris manis di pasaran karena rasanya yang enak dan terkesan mewah.

Jika Anda peternak bebek peking, jangan lupa untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh bebek peking. Pada artikel kali ini, Desa Merdeka akan sedikit membahas tentang pakan bebek peking agar bisa cepat panen.

Baca Juga : Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen Lengkap

Pakan Bebek Peking Apa Saja?

Sudahkah Anda tahu makanan apa yang bagus untuk bebek? Ketika Anda memutuskan untuk memelihara bebek, Anda harus sudah siap pengetahuan tentang kebutuhan nutrisinya. Semua tentang pakan bebek peking akan kami rangkum dalam artikel ini.

Kebutuhan Nutrisi Bebek Peking

Kebutuhan nutrisi adalah hal pertama yang Anda harus tahu. Nutrisi yang dibutuhkan bebek peking antara lain karbohidrat, protein, lemak , vitamin dan mineral. Anda harus menyediakan semua itu dalam porsi yang tepat sesuai dengan usia bebek.

Pakan Starter Bebek Peking

Pakan starter bebek pedaging dikonsumsi oleh bebek umur 0-2 minggu. Anda harus memberikan kebutuhan protein yang tinggi untuk mendukung awal pertumbuhannya.

Pakan Bebek Peking Apa Saja?
Pakan Starter Bebek Peking

Protein dalam pakan starter kira-kira 20-24%, untuk lemak sekitar 3-5%, dan serat yang tidak lebih dari 6%.  Pakan bebek peking anakan ini harus kaya akan energi dan asam amino esensial. Berikan pakan dalam bentuk remahan halus agar mereka dapat mencerna dengan baik.

Pakan Grower untuk Bebek Peking yang Sedang Tumbuh

Pakan grower ditujukan untuk bebek peking usia 3-6 minggu. Anda bisa mengurangi jumlah protein dibanding dengan pakan starter yaitu sekitar 16-20%. 

Pakan ini ditujukan untuk mempertahankan pertumbuhan tulang dan otot agar stabil sampai masa produktif. Anda bisa memberikan pakan bebek peking kelas ini dengan bentuh remah ataupun pelet.

Pakan Finisher untuk Bebek Peking yang Siap Produksi

Bebek yang siap produksi kira-kira berusia mulai dari 7 minggu. Untuk proteinnya Anda cukup memberi 14-16% saja.

Pakan finisher membantu mempromosikan pengembangan daging yang lebih baik dan mengurangi risiko kegemukan sebelum bebek Peking siap untuk dipanen. Bentuk pakan untuk finisher ini umumnya adalah pelet.

Bahan Tambahan Pakan Bebek Peking

Selain karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral, Anda juga bisa memberikan bahan tambahan makanan sebagai suplemen pada pakan bebek peking. Seperti dedak, ikan, jagung, kedelai, sampai tulang ikan giling. Sesuaikan saja dengan usia dan kebutuhan bebek Anda.

Jangan Lupa Air Bersih dan Akses Ke Hijauan

Anda tidak bisa mengabaikan air bersih seberapapun kualitas produk makanan yang Anda berikan. Karena air juga sangatlah penting untuk termoregulasi dan pencernaan yang sehat.

Pakan Bebek Peking Apa Saja?
Jangan Lupa Air Bersih dan Akses Ke Hijauan

Jangan lupakan juga jika bebek peking juga butuh akses hijauan untuk membantu memenuhi kebutuhan serat agar bebek lancar buang air dan tidak terlalu banyak lemak.

Cara Pemberian Pakan Bebek Peking

Setelah mengetahui apa saja pakan bebek peking, selanjutnya adalah mempelajari tentang cara pemberian pakannya. Pemberian pakan ini harus teratur dan sesuai takaran. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Frekuensi Pemberian Pakan

Berikan makanan pada bebek 2-3 kali sehari setiap hari. Porsinya sesuaikan dengan usia, jumlah bebek, serta nafsu makan mereka.

Waktu Pemberian Pakan Bebek Peking

Anda bisa memberikan pakan saat fajar tiba yaitu pada pagi hari. Untuk pakan siang sekitar 4-5 jam setelah makan pagi. Pemberian pakan sore dilakukan sebelum bebek bertengger.

Jumlah Makanan dan Takaran

Takaran pakan dapat dihitung berdasarkan berat badan bebek atau menggunakan tabel panduan pemberian pakan.

Baca Juga : 10 Ide Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit - Coba Usaha Berikut Ini

Cara pemberian Pakan

Anda bisa memberikan pakan langsung di wadah atau dicampur dengan air minum. Pastikan air minum selalu tersedia dalam jumlah yang cukup.

Itulah tadi adalah beberapa penjelasan tentang pakan bebek peking beserta cara pemberiaannya. Intinya Anda harus memberikan pakan yang teratur sesuai dengan usia bebek itu sendiri. Anda harus rajin dalam memberikan pakan.

Selalu perhatikan kondisi dan respons bebek Anda terhadap pakan yang diberikan, dan konsultasikan dengan ahli ternak jika diperlukan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi lokal dan kebutuhan individu bebek Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url