Cara Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi Agar Cepat Approve

gadai sertifikat rumah di koperasi - gadai sertifikat tanah di koperasi - proses gadai sertifikat rumah

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi Agar Cepat Approve
Cara Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi Agar Cepat Approve

Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi - Ketika Anda ingin menggadaikan sertifikat tanah, kebanyakan tempat gadai tersebut mewajibkan adanya proses BI Checking. Jika Anda masih punya kendala tunggakan atau kredit macet, proses gadai sertifikat rumah pun tidak akan bisa dikabulkan.

Pengajuan pinjaman dana gadai sertifikat rumah akan ditolak jika Anda mempunyai riwayat BI Checking yang buruk. Namun tidak perlu berkecil hati. Anda masih bisa melakukan pinjaman jaminan akta tanah dengan memilih tempat gadai non BI Checking. Koperasi adalah salah satu contohnya.

Baca Juga : Tempat Gadai Sertifikat Rumah Perorangan Finance dan Bank

Bagaimana Cara Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi 

Jika Anda memang sudah punya masalah dengan BI Checking, Anda masih bisa gadai sertifikat rumah di koperasi terdekat yang memang menyediakan fasilitas tersebut. Pastikan koperasi yang Anda pilih terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk keamanannya.

Pada proses gadai sertifikat rumah, rata-rata memerlukan waktu 1 sampai 2 minggu untuk bisa cair. Hal ini dikarenakan adanya proses pengajuan yang melewati beberapa proses sampai pada proses akhir. Saat proses gadai sertifikat rumah di koperasi, suami istri wajib hadir di depan notaris jika memang sudah berkeluarga.

Berikut Cara Gadai Sertifikat Tanah di Koperasi

Untuk gadai sertifikat tanah di koperasi tentu cara, syarat, dan ketentuannya pun berbeda-beda antar koperasi. Namun, pada umumnya tahapan, syarat, dan proses gadai sertifikat rumah kurang lebih sama dan tidak jauh beda dengan koperasi yang lain.

1. Mempersiapkan Persyaratan Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi

Cara gadai sertifikat tanah di koperasi yang pertama ialah dengan mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen yang diminta oleh pihak koperasi. Pastikan Anda memberikan dokumen tersebut dengan dokumen yang sebenar-benarnya. Jangan sampai ada pemalsuan data, atau kredit pinjaman Anda akan ditolak.

gadai sertifikat rumah di koperasi - gadai sertifikat tanah di koperasi - proses gadai sertifikat rumah
Mempersiapkan Persyaratan Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi

Untuk kelengkapan dokumen persyaratan gadai sertifikat tanah di koperasi meliputi:

  1. Fotocopy KTP Suami Istri
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Buku Nikah
  4. Slip Gaji + Surat Ket Karyawan/ID Card (Bagi Karyawan)
  5. SKU + Nota2 atau Akta Legalitas Perusahaan + SIUP + TDP (Bagi Wiraswasta)
  6. Rekening Koran/Rekening Tabungan
  7. Fotocopy PBB
  8. Fotocopy SHM/SHGB

2. Survei Lokasi Sebagai Proses Gadai Sertifikat Tanah di Koperasi

Setelah Anda menyelesaikan beberapa urusan dokumen kelengkapan kredit pinjaman, langkah selanjutnya ialah pihak koperasi melakukan proses survey ke lokasi jaminan rumah Anda. Berikanlah informasi secara jelas dan lengkap agar proses gadai sertifikat rumah di koperasi Anda bisa cepat disetujui.

3. Pengajuan Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi ke Komite Kredit

Setelah tim survei menyurvei lokasi rumah Anda, langkah selanjutnya adalah dengan mengajukan pinjaman Anda ke komite kredit untuk menentukan taksiran pinjaman yang akan dicairkan. Nilai pinjaman yang di approve tergantung dengan harga rumah dan pendapatan peminjam tiap bulannya.

Baca Juga : Cara Gadai Emas di Pegadaian dan Syaratnya

Keuntungan Gadai Sertifikat Tanah di Koperasi

Kredit pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan jaminan BPKB. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh harga rumah yang lebih mahal dari kendaraan yang nantinya Anda pun bisa mendapatkan dana yang lebih besar.

gadai sertifikat rumah di koperasi - gadai sertifikat tanah di koperasi - proses gadai sertifikat rumah
Keuntungan Gadai Sertifikat Tanah di Koperasi

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari proses gadai sertifikat rumah di koperasi ini. Antara lain:

  1. Nilai pinjaman yang cukup besar bisa cair selama Anda memenuhi semua persyaratan yang diajukan. Pada umumnya gadai sertifikat tanah di koperasi memerlukan waktu 1 - 2 minggu untuk pencairannya. Semakin cepat Anda melengkapi data, proses pinjam uang jaminan rumah pun akan semakin cepat.
  2. Produk pinjaman kredit multiguna memiliki tenor jangka waktu yang lumayan lama, 1 hingga 5 tahun. Apabila pembayaran kredit nasabah tersebut bagus, tentu akan ada penawaran jumlah top up pinjaman yang diberikan selama jumlah pinjaman tersebut tidak melewati harga rumah dan kemampuan bayar nasabah.
  3. Produk pinjaman kredit multiguna jaminan sertifikat rumah biasanya memakai bunga cicilan yang ringan. Cicilan pinjaman sertifikat rumah dapat disesuaikan dengan tenor jangka waktu yang diambil sesuai dengan kemampuan bayar per bulan calon nasabah tersebut.
  4. Gadai sertifikat rumah saat ini dapat dialkukan di banyak tempat lembaga keuangan seperti bank, koperasi, dll. Jadi untuk tempat gadai sertifikat rumah tidak hanya terpaku di satu tempat saja dan masing – masing tempat tersebut menawarkan keuanggulan masing – masing.

Penutup - Cara Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi Agar Cepat Approve

Itulah tadi adalah uraian singkat mengenai cara gadai sertifikat rumah di koperasi yang mungkin bisa membantu permasalahan Anda. Ketika Anda ingin menggadaikan tanah namun masih punya urusan dengan BI Checking, gadai sertifikat tanah di koperasi bisa menjadi alternatif terbaik Anda.

Jika Anda sudah menikah, pastikan suami atau istri Anda turut ikut dalam proses pinjaman dana jaminan sertifikat rumah ini. Pastikan juga Anda melengkapi kelengkapan dokumen yang disyaratkan pihak koperasi untuk proses cepatnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url