Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika hewan peliharaan kita tidak mau makan, tentu akan menimbulkan kecemasan tersendiri, termasuk peliharaan ayam. Nafsu makan pada ayam harus tetap dijaga agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit. Saat ayam turun nafsu makan, ada kemungkinan ayam mengalami sakit.

Akan tetapi tidaklah selamanya demikian. Ternyata ada fenomena ayam sehat tapi tidak mau makan. Meskipun begitu kita tidak bisa membiarkan begitu saja. Karena jika tidak segera mengambil tindakan, ayam Anda akan kehilangan berat badan dan mempengaruhi produktivitas telur.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Makan dengan Lahap Hasil Langsung Pulih

Inilah Penyebab Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan

Lalu apa sebenarnya penyebab ayam yang sehat namun enggan makan? Mari kita ketahui dengan membaca artikel berikut ini:

Pakan Tidak Berkualitas

Makanan adalah faktor terbesar mengapa ayam yang sehat tapi turun nafsu makan. Bisa saja pakan yang Anda berikan kualitasnya rendah, berjamur, atau tidak sesuai dengan usia dan jenis ayam. Perlu Anda ketahui usia dan jenis ayam juga menentukan pakan apa yang harus Anda berikan.

Pemberian Pakan Terlalu Banyak

Pakan Ayam memang tidak boleh telat dalam pemberiannya. Akan tetapi bukan berarti Anda harus memberikan makanan ayam dengan jumlah yang banyak sekaligus.

Inilah Penyebab Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan
Pemberian Pakan Terlalu Banyak

Pakan yang berlebihan dan sisa pakan yang ada di kandang bisa menyebabkan ayam sehat tapi tidak mau makan karena merasa kenyang.

Bosan dengan Makanan

Bukan hanya manusia yang bisa bosan dengan makanan. Ayam juga bisa bosan. Biasanya jika ayam bosan dengan makanan yang monoton, mereka akan mulai jarang makan. Solusinya ganti jenis pakan dan tambahkan vitamin serta mineral untuk meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga : Pakan Ayam Petelur Pabrikan Recommended untuk Hasil Telur yang Memuaskan

Adanya Penyakit

Kadang ayam terlihat sehat karena masih bergerak aktif namun tidak mau memakan makanannya. Ini bukan berarti ayam Anda benar-benar sehat. Bisa jadi ayam Anda memang sakit. Coba Anda lihat apakah Ayam mengalami tanda sakit atau tidak.

Inilah Penyebab Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan
Ayam Terkena Penyakit

Di antara tandanya adalah terlihat lesu, sayap terkulai, atau tai encer. Kemungkinan besar ayam sedang sakit. Segera bawa ayam ke dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Ayam Sehat Tapi Stres

Faktor stres seperti perubahan lingkungan, cuaca ekstrem, atau predator dapat menyebabkan ayam kehilangan nafsu makan. Cobalah untuk mengurangi stres pada ayam dengan menyediakan tempat yang nyaman dan aman.

Faktor Air dan Minuman

Pastikan ayam memiliki akses ke air minum yang bersih dan segar. Karena minuman juga sangat mempengaruhi ayam untuk makan dengan lahap. Jika tidak ada air, atau air dirasa kotor, biasanya ayam tidak mau makan.

Faktor Cuaca Membuat Ayam Tidak Mau Makan

Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan ayam kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu Anda harus menyediakan kandang ayam yang nyaman. Yang akan hangat ketika musim dingin, dan tetap tidak engap meski musim panas.

Ayam Terkena Parasit

Parasit internal dan eksternal dapat menyebabkan ayam sakit dan kehilangan nafsu makan. Ayam yang terkena parasit awanya terlihat sehat. Namun Anda jangan terkecoh. Periksa ayam secara rutin untuk memastikan mereka bebas dari parasit.

Cara Mengatasi Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan

Bukan berarti ayam Anda sehat lantas Anda bisa diam saja. Anda harus waspada ketika ayam tidak mau makan meski penampilan fisiknya terlihat jelas. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ayam sehat tapi tidak mau makan:

  1. Berikan pakan yang segar dan berkualitas tinggi.
  2. Ganti air minum setiap hari.
  3. Pastikan ayam memiliki tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat.
  4. Periksakan ayam ke dokter hewan jika menunjukkan gejala penyakit.

Itulah tadi adalah beberapa faktor mengapa ayam yang terlihat sehat namun nafsu makan turun. Bisa karena faktor makanan, minuman, parasit, stress, atau cuaca. Anda harus segera mengatasinya jika ayam Anda mulai tidak mau makan dan jangan menunggu sampai terlihat sakit.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url