8 Cara Mengatasi Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur dan Penyebabnya

Hindari stres pada ayam Stres pada ayam juga harus diminimalisir. Berikan kandang yang nyaman, hangat serta bersih. Buat kandang ayam jauh dari keramaian. Jangan terlalu sering memegang ayam meski hanya mengelusya. Karena ini akan meningkatkan stres pada ayam sehingga ayam enggan untuk bertelur.

Cara Mengatasi Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur
- Ketika ayam bangkok tidak mau bertelur, pasti menyisakan kesedihan tersendiri. Dari mulai takut ayam terkena penyakit, pakan yang mungkin tidak cocok, sampai para kerugian yang akan didapat karena tidak memproduksi telur.

Apalagi masyarakat kita sudah menganggap bahwa telur ayam bangkok yang harganya lumayan mahal itu adalah salah satu obat herbal. Nah, bagaimana cara agar ayam bangkok betina menjadi mau bertelur lagi? Desa Merdeka akan membahasnya kali ini.

Baca Juga : Ayam Sehat Tapi Tidak Mau Makan : Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Penyebab Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur?

Untuk mengatasi ayam bangkok tidak mau bertelur, pastinya harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Di bawa ini adalah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada ayam bangkok Anda sehingga mereka tidak mau bertelur.

Ayam Bangkok Betina Kekurangan Gizi

Penyebab pertama mengapa ayam tidak mau bertelur adalah karena kekurangan gizi. Pastikan ayam mendapatkan pakan yang kaya protein, kalsium, dan vitamin D. Anda dapat memberikan pakan khusus ayam petelur atau menambahkan suplemen ke dalam pakan mereka.

Kemungkinan Ayam Anda Sakit

Apa Saja Penyebab Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur?
Kemungkinan Ayam Anda Sakit

Ayam yang terserang penyakit bisa memicu produktivitas dalam bertelur.  Beberapa penyakit, seperti Marek's disease, dapat menyebabkan ayam berhenti bertelur. Jika Anda mencurigai ayam Anda sakit, bawalah ke dokter hewan untuk diagnosis dan pengobatan.

Ada Parasit di Tubuh Ayam Bangkok

Bukan hanya tidak mau makan. Ayam yang terkena parasit juga enggan untuk bertelur. Parasit internal dan eksternal dapat mengganggu kesehatan ayam dan menyebabkan mereka berhenti bertelur. Lakukan pemeriksaan rutin untuk parasit dan obati ayam Anda jika perlu.

Ayam Bangkok Mengalami Stres

Stres tidak hanya bisa terjadi pada manusia, hewan pun mengalaminya. Stres akibat lingkungan yang tidak nyaman, predator, atau ayam lain dapat menyebabkan ayam berhenti bertelur. Pastikan ayam Anda memiliki kandang yang cukup luas, bersih, dan aman.

Sinar Matahari yang Kurang Cukup

Jangan kurung ayam secara terus menerus, apalagi ketika kandang ayam tidak terkena sinar matahari langsung. Jagalah pencahayaan kkandang ayam Anda agar ayam bisa tetap sehat, gemuk, dan bertelur dengan lancar.

Ayam Bangkok Usianya Sudah Tua

Ketika ayam memasuki usia tua, mereka sudah tidak bisa produktif lagi dalam bertelur. Ayam bangkok betina biasanya mulai bertelur pada usia 5-6 bulan dan berhenti bertelur pada usia 2-3 tahun. Selebihnya mungkin ia tidak akan bertelur lagi.

Memiliki Berat Badan yang Terlalu Gemuk

Ayam kurus tidaklah bagus, begitu juga ayam yang mengalami kegemukan.  Ayam bangkok betina yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mungkin tidak mau bertelur. Pastikan ayam Anda memiliki berat badan yang ideal.

Ayam Bangkok Betina Belum Mencapai Masa Kawin

Apa Saja Penyebab Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur?
Ayam Bangkok Betina Belum Mencapai Masa Kawin

Ayam bangkok betina hanya akan bertelur jika mereka telah dikawinkan oleh ayam jantan. Sedangkan telur adalah hasil perkawinan antara ayam bangkok jantan dan betina. Pastikan Anda memiliki ayam jantan yang cukup untuk kawin dengan semua ayam betina Anda.

Baca Juga : Bisnis Ayam Potong Kemitraan - Cara Memulai dan Keuntungannya

Inilah Cara Mengatasi Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur

Setelah Anda mengetahui beberapa alasan mengapa ayam bangkok berhenti bertelur, kini Anda sudah bisa mengidentifikasi cara agar ayam bangkok Anda kembali bertelur. Simak penjelasannya di bawah ini:

Berikan Pakan yang Berkualitas Tinggi dan Kaya Nutrisi

Pakan ayam Anda haruslah berkualitas tinggi. Selain agar ayam lahap makan, ini juga membantu merangsang produksi telur pada ayam bangkok betina. Sesuaikan pula pakan dengan usia ayam. Sebab, pakan yang tidak sesuai usia juga bisa menghambat pertumbuhan ayam.

Pastikan ayam memiliki akses ke air minum yang bersih dan segar

Selain makanan, Anda juga harus memperhatikan minuman. Beri air yang bersih dan segar. Segeralah ganti minuman ketika terlihat sudah keruh. Jangan menaruh minuman terlalu banyak. Sebab jika tumpah, pasti akan mengotori kandang dan ayam bangkok pun bisa sakit dan tidak mau bertelur.

Jaga Kebersihan Kandang dan Lingkungan Sekitar

Cara mengatasi ayam bangkok betina yang tidak mau bertelur selanjutnya ialah dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan sekitarnya. Ini sangat penting. Saat kandang kotor banyak sekali mikroba yang akan membuat ayam Anda mengalami sakit dan terkena parasit

Berikan Ayam Tempat Bertengger yang Nyaman dan Aman

Inilah Cara Mengatasi Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur
Berikan Ayam Tempat Bertengger yang Nyaman dan Aman

Ayam juga butuh refreshing. Sesekali keluarkan ayam bangkok dari kandangnya dan biarkan mereka menghirup udara segar serta terkena sinar matahari langsung. Jika Anda mendapati ayam bertengger dengan nyaman dan aman, biarkan saja.

Mandikan Ayam Secara Teratur

Untu mengatasi ayam bangkok yang tidak mau bertelur adalah dengan memandikannya secara teratur dan berkala. Tujuannya adalah untuk membersihkan ayam agar tidak terserang penyakit, dan ayam pun bisa jadi lebih fresh.

Berikan Vitamin Khusus untuk Ayam Bangkok yang Tidak Mau Bertelur

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan vitamin pada ayam bagkok betina yang tidak ingin bertelur. Di toko peralatan ternak Anda bisa menjumpai banyak vitamin yang dijual. Tanyakan pada penjualnya vitamin mana yang sesuai dengan keadaan ayam Anda.

Hindari stres pada ayam

Inilah Cara Mengatasi Ayam Bangkok Betina yang Tidak Mau Bertelur
Hindari stres pada ayam

Stres pada ayam juga harus diminimalisir. Berikan kandang yang nyaman, hangat serta bersih. Buat kandang ayam jauh dari keramaian. Jangan terlalu sering memegang ayam meski hanya mengelusya. Karena ini akan meningkatkan stres pada ayam sehingga ayam enggan untuk bertelur.

Biarkan Tenaga Ahli yang Menangani

Ketika Anda sudah memberikan pakan yang berkualitas, kandang yang nyaman, dan juga memandikan ayam, tapi ayam bangkok betina tidak mau bertelur juga, berarti Anda butuh tenaga profesional untuk mengatasi ayam bangkok Anda. Jangan ragu untuk membawanya ke dokter atau mantri hewan.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi ayam bangkok betina yang tidak mau bertelur agar kembali bertelur lagi. Artikel ini juga dilengkapi berbagai alasan mengapa ayam tidak mau bertelur sehingga Anda bisa mengidentifikasinya sendiri.

Praktekkan langkah di atas dan semoga ayam bangkok Anda bisa kembali bertelur dengan rutin. Selamat perternak. Desa Merdeka

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url