Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang untuk Membuka Jasa Ekspedisi Sendiri


Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang
Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang


Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang
 - Ekonomi di Indonesia bisa dibilang semakin maju dan perkembang. Itulah sebabnya banyak sekali beberapa jasa pengiriman barang di Indonesia semakin menjamur. Bahkan usaha ekspedisi rumahan pun ikut andil dalam bidang usaha ini.

Lihatlah, ada banyak marketplace dengan beberapa akun penjual dan pembeli. Tentu transaksi mereka nantinya akan melakukan kerjasama pengiriman paket dengan bisnis jasa pengiriman barang terdekat. Belum lagi dengan toko online pribadi, baik dengan web toko online ataupun lewat sosial media.

Bukan hanya itu, bisnis jasa pengiriman barang juga diperlukan untuk hal-hal tertentu di luar bisnis jual beli online. Contohnya seperti saat pindahan kantor, pindah rumah, mengirimkan barang ke sanak saudara di kampung halaman, dan sebagainya.

Ketika kebutuhan manusia akan jasa pengiriman barang selalu tinggi, makan bisa dikatakan jika bisnis yang satu ini mempunyai prospek yang gurih dan menjanjikan. Tentu Anda juga ingin kan menjadi bagian dari bisnis jasa pengiriman barang ini?

Baca Juga : Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan

Bagaimana Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang Sendiri?

Anda perlu mencari tahu apa saja cara membuka usaha jasa pengiriman barang yang akan Anda jalani. Pelajarilah betul-betul cara tersebut agar Anda bisa mempersiapkan diri dalam membuka biro jasa pengiriman barang dengan tepat dan mudah.

Apa saja cara-cara tersebut? Cari tahu selengkapnya di bawah ini:

1. Persiapkan Modal Usaha Jasa Pengiriman Barang

Cara membuka usaha jasa pengiriman barang yang pertama tentu saja dengan mempersiapkan modal usaha jasa pengiriman barang. Tidak ada modal, rasanya semua bisnis tidak akan bisa berjalan, terlebih pada usaha ekspedisi rumahan ini.

cara membuka usaha jasa pengiriman barang - usaha ekspedisi rumahan - modal usaha jasa pengiriman barang - bisnis jasa pengiriman barang - kerjasama pengiriman paket
Persiapkan Modal Usaha Jasa Pengiriman Barang


Modal usaha jasa pengiriman barang terbilang cukup banyak. Anda harus mengeluarkan banyak biaya, seperti untuk menggaji karyawan, transportasi, peralatan di biro jasa pengiriman barang, dan lain sebagainya. Semua itu butuh modal ya kawan.

- Analisis Modal Usaha Jasa Pengiriman Barang

Daripada Anda menerka sendiri tentang banyaknya modal usaha jasa pengiriman barang, berikut kami sajikan sedikit kisaran modal usaha ini agar Anda bisa mempersiapkan dengan baik.

- Sewa Lokasi untuk Biro Jasa Pengiriman Barang

Setiap membuka usaha, tentu kita harus punya lokasi untuk dijadikan sekretariat bisnis tersebut. Untuk modal usaha jasa pengiriman barang, pendanaan lokasi kira kisarkan sekitar 10.000.000. Nominal ini akan bertambah jika tempat yang Anda sewa tergolong mewah dan berada di wilayah strategis.

Beda lagi jika lokasi Anda ada di perkampungan. Nilai modal tersebut bisa saja berkurang. Apalagi jika Anda membuka usaha ekspedisi rumahan yang tempatnya tidak perlu menyewa. Anda bisa skip modal usaha jasa pengiriman barang untuk dana lokasi.

- Peralatan Biro Jasa Pengiriman Barang

Setelah Anda memperoleh lokasi untuk biro jasa pengiriman barang, modal usaha jasa pengiriman barang selanjutnya yang harus Anda keluarkan adalah sekitar 9.000.000 untuk membeli meja, kursi, dan alat tulis kantor lainnya.

Bagaimana jika Anda menggunakan meja dan kursi yang sudah tersedia di tempat tersebut? Maka lupakanlah modal usaha jasa pengiriman barang satu ini. Cukup sediakan alat tulis seperti pena, buku, dan lainnya yang pasti akan habis seiring banyaknya pelanggan yang memakai jasa Anda.

- Timbagan untuk Menimbang Berat Paket

Mendirikan bisnis jasa pengiriman barang, tidaklah luput dengan pembelian timbangan untuk menimbang paket yang akan dikirim. Jika ingin usaha ini lengkap, lengkapilah pula timbangan untuk invetaris. Timbangan analog dan timbangan digital perlu juga Anda beli keduanya.

Terlebih jika usaha ekspedisi rumahan ini sudah maju. Anda harus mempersiapkan modal usaha jasa pengiriman barang untuk membeli timbangan yang berkapasitas besar. Dengan kisaran harga sekitar 2.000.000 an. Intinya, belilah timbangan yang Anda butuhkan terlebih dahulu.

- Membeli Transportasi untuk Mengirim Barang

Mengalokasikan modal usaha jasa pengiriman barang untuk membeli transportasi ini memang perlu, tetapi tidak terlalu penting. Ingat! Anda baru saja merintis bisnis jasa pengiriman barang. Lihat dan nikmati pergerakannya terlebih dahulu sebelum kalap membeli sesuatu.

Jika memang pandanangannya sudah siap untuk membuka bisnis ini dengan skala tinggi, siapkan modal usaha jasa pengiriman barang untuk membeli transportasi sekitar 100.000.000 untuk membeli motor dan mobil box.

Saran kami, pending dulu membeli mobil box. Gunakan media yang sudah ada untuk kebutuhan transportasi Anda. Anda bisa memakai motor yang Anda gunakan sehari-hari untuk antar jemput paket barang dari pelanggan.

- Modal Untuk Membuat Surat Izin Usaha

Agar bisnis jasa pengiriman barang Anda legal dan diakui, Anda harus membuat surat izin usaha terlebih dahulu. Berapa modal usaha jasa pengiriman barang untuk membuat surat izin usaha? Persiapkan saja uang 1.000.000 karena memang ini bukan hal yang pasti. 

Pada dasarnya, modal usaha jasa pengiriman barang ini tidak bisa dipatenkan. Besarnya nominal tergantung dengan spesifikasi peralatan yang akan Anda beli. Mesi begitu, minimal Anda sudah memperkirakan berapa modal usaha jasa pengiriman barang yang akan Anda keluarkan.


2. Menentukan Tempat, Alat Transportasi dan Area Pelayanan

Setelah hitung-hitungan dengan modal usaha jasa pengiriman barang, kita beralih ke cara membuka usaha jasa pengiriman barang dengan menentukan tempat. Jika memang Anda memutuskan untuk menyewa tempat, carilah tempat yang strategis dan mudah dijangkau.

cara membuka usaha jasa pengiriman barang - usaha ekspedisi rumahan - modal usaha jasa pengiriman barang - bisnis jasa pengiriman barang - kerjasama pengiriman paket
Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang: Menentukan Tempat, Alat Transportasi dan Area Pelayanan


Hal ini pasti akan membuat bisnis jasa pengiriman barang Anda laris manis. Selain itu, alat transportasi dan area pelayanan juga harus Anda pikirkan. Contoh, pakailah motor jika pengiriman barang ke lokasi berjarak beberapa kilometer dengan berat paket sekian kilogram.

Pakailah kendaraan lain yang lebih memadai jika memang paket yang Anda kirim tidak memungkinkan untuk dibawa dengan motor karena bebannya sangat berat. Intinya cara membuka usaha jasa pengiriman barang harus bisa memilah penggunaan transportasi dan wilayah dengan bijak.


3. Menentukan Tarif Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Selanjutnya, cara membuka usaha jasa pengiriman barang adalah dengan menentukan tarif. Tarif ini adalah Anda yang membuat dan menentukan. Namun, Anda juga harus survey tarif di biro jasa pengiriman barang lainnya agar tidak terjadi perang harga.

Dalam menentukan tarif, sesuaikan dengan area jangkauan. Dari area jangkauan inilah kita bisa mengetahui jarak tempuh, penggunaan transportasi, dan juga durasi perjalanan. Nah, setelah mengetahui semua itu, kita bisa menentukan tarif bisnis jasa pengiriman barang dengan tepat. 


4. Buatlah Paket dan Jenis Pelayanan yang Berbeda

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman barang dengan paket pengiriman berupa makanan. GoFood contohnya. Nah, buatlah seperti itu juga. Tentunya juga memperhatikan jarak tempuh pengiriman.

Cara membuka usaha jasa pengiriman barang dengan membuat beberapa jenis pelayanan juga terbilang cukup oke. Contoh saja, buatlah paket atau jasa pelayanan A dengan kualitas standar. Baik standar dalam segi harga maupun kecepatan. Buat juga tipe B dengan kecepatan ekspres dan harga tinggi.


5. Selalu Jaga Pelayanan di Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Bisnis jasa pengiriman barang tak luput dari interaksi dengan pelanggan. Buatlah pelanggan nyaman dengan pelayanan yang bagus. Bersikaplah ramah dengan pelanggan yang hadir tanpa pandang bulu. Tidak hanya dengan pelanggan. Menjaga pelayanan juga harus diterapkan pada barang kiriman.

cara membuka usaha jasa pengiriman barang - usaha ekspedisi rumahan - modal usaha jasa pengiriman barang - bisnis jasa pengiriman barang - kerjasama pengiriman paket
Selalu Jaga Pelayanan di Bisnis Jasa Pengiriman Barang


Perhatikan jenis barang yang akan dikirim. Perlakukan paket barang dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ada cacat atau rusak karena ulah jasa ekspedisi Anda. Dengan melalu menjaga pelayanan dengan pelanggan dan paket barang, bisnis jasa pengiriman barang Anda akan semakin maju.


6. Lakukan Promosi yang Menarik dan Berkala

Cara membuka usaha jasa pengiriman barang yang terakhir adalah dengan melakukan strategi promosi. Promosi ini bertujuan agar bisnis jasa pengiriman barang Anda dikenal banyak orang. Buatlah promosi yang menarik dan berkala, jangan hanya di awal pendirian saja.

Anda bisa mempromosikan usaha ekspedisi rumahan Anda lewat media sosial atau membuat website resmi sendiri. Buatlah beberapa diskon untuk menarik hati pelanggan. Bisa juga Anda melakukan promosi dengan pendekatan personal kepada pelaku uaha online shop dan pebisnis lain.

Hubungi dan perluas jaringan Anda dengan kerjasama pengiriman paket kepada mereka para pemilik olshop atau dengan pelaku usaha yang membutuhkan jasa pengiriman barang yang lain. Dengan begitu bisnis jasa pengiriman barang Anda akan menjadi pelanggan tetap mereka.


7. Kerjasama dengan Pihak Lain (Mitra Bisnis)

Di samping mengembangkan strategi promosi yang menarik, disarankan untuk mempertimbangkan kolaborasi dengan mitra bisnis. Sebagai contoh, bekerja sama dengan warung sembako, toko pakaian, petshop, toko material bangunan, dan jenis usaha lain yang sering melakukan pengiriman ke luar kota.

Selain memberikan keuntungan finansial, langkah ini juga akan memperluas jangkauan dan visibilitas usaha Anda. Dengan bermitra, Anda dapat memastikan aliran pendapatan yang stabil tanpa harus khawatir akan kurangnya pelanggan yang memanfaatkan layanan pengiriman yang Anda sediakan.

Perbedaan Antara Usaha Ekspedisi dan Usaha Logistik

Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang - Usaha ekspedisi dan usaha logistik, meskipun memiliki kesamaan pada pandangan pertama, sebenarnya memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Menurut sumber dari detikfinance, berikut adalah beberapa perbedaan antara ekspedisi dan logistik:

1. Signifikansi Nama

Jasa ekspedisi adalah merujuk pada layanan pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain dengan berbagai jenis muatan, mulai dari yang kecil hingga besar. Istilah "ekspedisi" digunakan karena layanan ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, memungkinkan pengiriman barang kapan pun sesuai dengan pilihan layanan yang dipilih.

Perbedaan Antara Usaha Ekspedisi dan Usaha Logistik
Membuka Jasa Ekspedisi Sendiri

Di sisi lain, logistik adalah proses yang mencakup pengadaan dan pergerakan barang. Proses ini melibatkan perencanaan rute pengiriman, pemilihan moda transportasi yang sesuai, dan pengelolaan inventori atau gudang. Dengan kata lain, logistik adalah bisnis jasa yang lebih komprehensif yang mencakup ekspedisi.

2. Fokus dan Tujuan

Logistik berfokus pada pemenuhan kebutuhan dalam skala besar, seperti memastikan operasional perusahaan berjalan lancar dan mengatur pengadaan armada. Sementara ekspedisi hanya berfokus pada pengiriman barang. Jarang terdapat usaha ekspedisi yang mengatasi permintaan manajemen logistik atau pergudangan.

3. Kapasitas Muatan

Ekspedisi umumnya mengatasi muatan yang lebih kecil. Mereka dapat mengirimkan berbagai jenis barang, tidak peduli seberapa besar atau beratnya. Di sisi lain, logistik mampu mengangkut barang dalam jumlah yang lebih besar, seringkali berkisar antara 10 hingga 50 ton atau lebih.

4. Kendaraan yang Digunakan

Logistik menggunakan kendaraan yang lebih besar seperti kapal laut, pesawat, dan truk untuk mengangkut muatan. Orang juga biasa bilang bisnis ekspedisi truk. Kendaraan ini biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dan lebih beragam jika dibandingkan dengan ekspedisi, yang sering menggunakan sepeda motor atau van.

5. Waktu Pengiriman

Ekspedisi dapat melakukan pengiriman secara berkelanjutan dalam waktu yang lebih singkat. Sebagai contoh, mereka mampu menyelesaikan pengiriman lebih dari 50 paket ke satu wilayah dalam satu hari. Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

Sementara jasa logistik adalah memiliki waktu pengiriman yang lebih terbatas dan cenderung mengirimkan barang hanya dalam satu perjalanan. Hal ini dipengaruhi oleh kapasitas muatan yang lebih besar yang harus mereka tangani.

Itulah tadi beberapa membuka usaha jasa pengiriman barang yang mungkin Anda butuhkan ketika ingin memiliki bisnis jasa pengiriman barang sendiri. Untuk Anda yang masih pemula di bidang ini, Anda juga bisa mempelajari beberapa tips di atas untuk mempermudan mendirikan bisnis Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url