Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan

Cara Kerjasama dengan Ekspedisi - Maraknya jual beli online membuat banyak orang berebut untuk bekerja menjadi kurir. Sayangnya tidak semua jasa ekspedisi membutuhkan kurir baru untuk jasa pengirimannya. Peluang kerjasama ekspedisi tidak selalu segar.

Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

Masyarakat tidak diam begitu saja. Tuntutan pekerjaan membuat mereka selalu memeras otak dengan doktrin bagaimana bisa menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari. Banyak sekali orang yang lantas browsing tentang bagaimana cara kerjasama dengan ekspedisi utuk membuka usaha ekspedisi rumahan sendiri.

Karena menjadi kurir rasanya sudah tidak ada lowongan, membuka usaha ekspedisi rumahan dengan bekerjasama dengan pihak jasa pengiriman barang yang sudah terkenal adalah pilihan terbaik. Anda bisa menjadi agen jasa pengiriman barang dan menjadi kurir sendiri di usaha Anda.

Baca Juga : Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang untuk Membuka Jasa Ekspedisi Sendiri

Cara kerjasama pengiriman paket dengan ekspedisi untuk membentuk agen baru memang kelihatannya cukup ribet. Bahkan ketika pengetahui persyaratannya mereka banyak yang mundur sebelum membuka ekspedisi rumahan. Padahal sangat wajar jika mereka menerapkan standar tinggi untuk para agennya.

Kenapa? Karena usaha jasa pengiriman barang ini merupakan bisnis yang menuntut tanggung jawab penuh pada semua devisi. Terlebih kurir dan resepsionist. Mereka dituntun untuk bertanggung jawab pada barang milik pelanggan jika terjadi kehilangan atau kerusakan.

Jika merekrut pihak yang asal-asalan, tentu jasa ekspedisi ini akan bangrut. Itulah sebabnya beberapa syarat ribet nan panjang mereka terapkan untuk para agen baru sebagai cara kerjasama dengan ekspedisi yang sudah mempunyai nama seperti JNE, J&T, Sicepat, dan lainnya.


Begini Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Bisa Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan Sendiri

usaha ekspedisi rumahan - peluang kerjasama ekspedisi - kerjasama pengiriman paket
Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Bisa Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan Sendiri

Apa saja cara agar bisa bekerjasama dengan pihak ekspedisi untuk bisa menjadi agen dari mereka? Kira-kira, persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Syarat Administrasi Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

Cara kerjasama dengan ekspedisi untuk menjadi agen mereka adalah dengan memenuhi persyaratan administrasi yang meliputi:

1. Foto Kopi KTP Pemohon

Syarat administrasi yang pertama untuk bisa membuka usaha ekspedisi rumahan adalah dengan menyerahkan foto kopi KTP Anda. Jika Anda belum punya KTP, silakan buat terlebih dahulu.

2. Pas Foto Pemohon 2 Lembar

Ukuran pas foto ini biasanya disesuaikan dengan kebijakan jasa ekspedisi yang akan Anda ajak kerjasama. Masing-masing jasa pengiriman barang tidak mematok ukuran yang sama.

3. Foto Kopi NPWP (Jika ada/opsional)

Cara kerjasama dengan ekspedisi selanjutnya adalah dengan menyerahkan foto kopi NPWP. Jika tidak punya bilang saja Anda memang belum pernah mempunyai usaha sebelumnya dan bersedia membuat jika perjanjian ini terlaksana.

4. Foto Kopi SIUP dan TDP (Jika ada/opsional)

Anda sudah punya SIUP dan TDP namun berbeda jenis usahanya, surat tersebut masih bisa Anda gunakan. Tetapi alangkah baiknya jika bertanya dulu pada pihak jasa ekspedisinya.

5. Surat Keterangan Domisili Usaha dari RT/RW

Surat keterangan domisili usaha dari RT/RW ini dilegalisir di desa atau kecamatan setempat. Surat ini juga bisa digunakan sebagai pengganti NPWP, SIUP, dan TDP untuk Anda yang belum punya.

6. Foto Kopi Sertifikat Rumah/Perjanjian Sewa Tempat

Cara kerjasama pengiriman paket dengan ekspedisi ini berlaku bagi Anda yang menyewa tempat sebagai tempat usaha atau bukan milik sendiri. Jika milik sendiri, cukup jelaskan saja bahwa tempat tersebut memang milik Anda pribadi.

7. Denah Lokasi Kantor/Konter

Buatlah denah lokasi outlet jasa pengiriman barang tempat Anda secara sederhana. Sertakan nama jalan di sekitar kantor dan beberapa tempat penting di sekitar. Seperti pasar, kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Semakin strategis kantor yang kamu tempati, semakin mudah juga usaha ekspedidi rumahanmu di ACC pihak jasa pengiriman barang.

8. Foto Indoor dan Outdoor Kantor/Konter

Foto Indoor dan outdoor kantor ini bisa berupa gambar ruangan dalam kantor dan ruang luar kantor. Perlihatkan titik di mana Anda menerima barang dari pelanggan dan menaruhnya. Tata seindah mungkin ruangan sebelum difoto.


Syarat Lokasi Agen Kurir Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

usaha ekspedisi rumahan - peluang kerjasama ekspedisi - kerjasama pengiriman paket
Syarat Lokasi Agen Kurir Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

Jika cara kerja sama di atas tadi Anda disuruh untuk menggambar denah serta memotret lokasi indoor dan outdoor, kini lebih lengkap lagi. Simak saja langsung penjelasannya.

  1. Pastikan lokasi bisa diakses mobil. Meski nanti Anda menggunakan motor sebagai alat pengangkut barang ke customer, tetap saja mereka akan menurunkan barang customer ke usaha ekspedisi rumahan Anda menggunakan mobil.
  2. Lokasi usahakan strategis. Yaitu berada di jalan raya tengah kota, sekitar daerah perkantoran, pertokoan, dan perumahan padat penduduk.


Syarat Sumber Daya Manusia (Kurir) Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

usaha ekspedisi rumahan - peluang kerjasama ekspedisi - kerjasama pengiriman paket
Syarat Sumber Daya Manusia (Kurir) Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

Cara kerjasama dengan ekspedisi selanjutnya adalah masalah kurir. Di usaha ekspedisi rumahan Anda minimal ada 1 petugas dengan latar pendidikan minimal SMA/sederajat. Jika Anda sendiri yang akan menjadi kurir, maka persiapkan 1 SDM lagi untuk menjadi resepsionis.


Cara Kerjasama dengan Ekspedisi dengan Melengkapi Kelengkapan Kantor Agen Kurir

Di kantor usaha ekspedisi rumahan Anda harus Ada:

  1. 1 buah timbangan meja kapasitas 30 kg.
  2. 1 set komputer dan printer tinta (jika ada/opsional)
  3. Telepon rumah atau telepon selular, lebih baik jika keduanya ada.
  4. Meja dan kursi untuk penerimaan barang dan pelayanan terhadap konsumen.
  5. Alat tulis : bolpoin, spidol, stapler, gunting, cutter, isolasi 1/2" dan tempatnya (tape dispenser), lakban, amplop tanggung, amplop coklat besar.

Keterangan Kelengkapan Kantor Agen Ekspedisi:

usaha ekspedisi rumahan - peluang kerjasama ekspedisi - kerjasama pengiriman paket
kerjasama pengiriman paket dengan memperhatikan kelengkapan kantor agen ekspedisi
  1. Sesuaikan timbangan dengan jasa pengiriman apa yang Anda bangun. Jika Anda membangun jasa pengiriman seperti JNE, gunakan saja timbangan meja yang berkapasitas 30 KG. Namun, jika usaha ekspedisi rumahan Anda tipe cargo, siapkan timbangan dengan kapasitas 100-300 KG.
  2. Telepon rumah adalah sebagai kelengkapan sekretariat yang berfungsi untuk komunikasi agar lebih responsif. Jika memang tidak ada telepon rumah, Anda bisa gunakan telepon seluler sebagai penggantinya. Dan letakkan ponsel selalu di kantor Anda.
  3. Walaupun industri bisa jadi tidak mewajibkan, tetapi bila mau maju hendaknya Anda memakai pc buat mencetak resi daripada menuliskan secara manual. Paling utama bila telah terdapat aplikasinya. 
  4. Terdapat sebagian keuntungan mempraktikkan komputerisasi buat melayani konsumen, ialah:
  5. Dengan memakai aplikasi dari industri hendak menjauhi kesalahan menetapkan ongkos kirim daripada memakai tabel harga cetakan yang tebalnya ratusan taman, mencarinya saja memerlukan waktu lumayan lama serta wajib cermat.
  6. Dengan memakai pc, di mata konsumen, Anda hendak ditatap lebih dapat dipercaya.
  7. Dengan memakai pc, Anda bisa menggunakan buat menjual jasa lain, semacam PPOB serta tiketing.
  8. Memanglah dengan memakai pc, Anda wajib menghasilkan modal lebih banyak. Tidak hanya sediakan pc, printer, modem pula bayaran internet. Tetapi perihal ini hendak dikompensasi dengan omset yang lebih baik. Lagipula pc yang digunakan tidak wajib yang memiliki spesifikasi besar.


Prosedur Pengajuan Sebagai Wujud Cara Kerjasama dengan Ekspedisi

  1. Menghadiri langsung ke kantor cabang/ perwakilan industri jasa ataupun pengiriman yang diartikan yang terletak di kota Anda. Bila di kota Anda terdapat lebih dari satu cabang, seleksi yang dekat dengan posisi Anda.
  2. Siapkan Denah Posisi kantor/ konter serta gambar kantor.
  3. Jelaskan kemauan Anda jadi mitra/ agen dari perusahan jasa pengiriman tersebut. Tunjukkan denah posisi serta gambar kantor agen selaku pertimbangan dini untuk pihak industri buat memperhitungkan kelayakan Anda jadi agen.
  4. Tanyakan persyaratan apa saja yang dibutuhkan buat jadi agen. Bila ada ketentuan yang Anda tidak/ belum terdapat, semacam SIUPP serta TDP, Anda hendak berupaya penuhi sehabis usaha Anda tumbuh.
  5. Jangan kurang ingat menanyakan komisi yang diberikan buat agen serta syarat lain yang berkaitan.
  6. Meminta nomer kantor/ nomor seluler kepala cabang/ perwakilan buat komunikasi berikutnya. Bila permohonan Anda jadi agen/ mitra disetujui, hingga hendak diadakan akad perjanjian di atas materai yang mengendalikan hak serta kewajiban tiap- tiap pihak.

Jika permohonan Anda sudah disetujui dengan jasa pengiriman paket setempat, akan ada akad perjanjian hitam di atas putih yang mengatur hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. 

Baca dengan cermat poin- poin yang tercantum didalamnya saat sebelum menandatanganinya. Jangan malu memohon uraian bila terdapat bagian yang Anda tidak mengerti ataupun ragu tentang artinya.

Cara Jadi Agen Ekspedisi dengan Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Memulai peluang usaha di sektor agen ekspedisi bisa dianggap sebagai langkah awal merintis bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini memiliki potensi bertahan dalam jangka panjang karena meningkatnya kebutuhan akan layanan pengiriman barang. 

Jika Anda berminat daftar jadi agen ekspedisi atau jasa pengiriman barang, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda siapkan:

1. Menentukan Target Pasar Usaha Pengiriman

Sebelum membuka usaha, penting untuk merencanakan siapa target utama konsumen Anda. Analisis kebutuhan pelanggan, preferensi, lokasi tempat tinggal, dan kriteria usia dapat membantu Anda memahami pasar secara lebih baik.

Mengetahui tujuan pengguna layanan pengiriman barang juga penting, karena hal ini akan membantu Anda menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Pemilihan Lokasi dan Wilayah Usaha

Selain persiapan modal dan identifikasi target pasar, perhatikan untuk jadi agen ekspedisi juga lokasi usaha Anda. Memilih lokasi strategis, terutama yang berada di pusat perhatian lalu lintas, dapat mendatangkan lebih banyak konsumen.

Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan
Cara Jadi Agen Ekspedisi dengan Memilih Lokasi Usaha

Aksesibilitas dan kondisi jalan juga mempengaruhi keberhasilan agen jasa pengiriman. Selain itu, pertimbangkan wilayah operasional Anda, karena kondisi transportasi dapat memengaruhi kecepatan dan efisiensi pengiriman barang.

3. Menentukan Spesialisasi Pengiriman dan Cakupan Usaha

Cara jadi agen ekspedisi selanjutnya adalah dengan menentukan spesialisasi pengiriman dan cakupan usaha. Pertimbangkan jenis layanan pengiriman yang akan Anda fokuskan, seperti pengiriman barang, dokumen, atau makanan.

Kategorikan barang berdasarkan sifatnya, seperti mudah pecah, berat, dokumen, atau benda kecil. Setelah menentukan spesialisasi layanan, pertimbangkan juga seberapa luas cakupan wilayah operasional bisnis Anda.

Mungkin awalnya jadi agen ekspedisi fokus pada wilayah kota atau daerah sekitarnya sebelum memperluas jangkauan.

4. Menentukan Tarif dan Strategi Promosi

Tentukan tarif pengantaran dengan mempertimbangkan modal, jarak tempuh, dan berat barang. Apakah tarif akan ditetapkan berdasarkan kilometer atau berat paket, ini perlu dipikirkan dengan cermat.

Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan
 Menentukan Tarif dan Strategi Promosi Sebagai Cara Jadi Agen Ekspedisi

Selain itu, cara jadi agen ekspedisi adalah dengan membuat strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap layanan pengiriman Anda. Gunakan berbagai media, dan pertimbangkan strategi promosi langsung untuk memperluas visibilitas usaha Anda.

Membuka bisnis sebagai agen jasa pengiriman barang murah bukan hanya memberikan kesempatan untuk meraih keuntungan, tetapi juga membangun bisnis yang berkelanjutan. Dengan langkah-langkah bertahap dan pemikiran yang matang, Anda dapat berhasil memulai karier sebagai agen ekspedisi yang sukses.

Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan

Demikian data tentang metode, prosedur atau cara kerjasama dengan ekpedisi setempat sebagai pengajuan jadi agen pengiriman paket atau membuka usaha ekspedisi rumahan. Baik itu barang atau surat dokumen.

Cara kerjasama dengan ekspedisi ini bisa Anda aplikasikan ke semua jasa ekspedisi di Indonesia semacam JNE, Tiki, Indah Cargo, serta sebagainya. Mudah- mudahan artikel ini berguna untuk Anda yang lagi merancang membuka usaha selaku agen kurir.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url