Cara Sukses Ternak Ayam Bangkok Bagi Pemula dengan Modal Minim

Ternak Ayam Bangkok - Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan ataupun ayam petarung. Bila dibanding dengan tipe ayam yang lain, ayam bangkok mempunyai sebagian perbandingan yang mendasar dan mempunyai keunggulan yang tidak dipunyai oleh tipe ayam lain.

Cara Sukses Ternak Ayam Bangkok Bagi Pemula dengan Modal Minim
Ternak Ayam Bangkok

Dari situ tidak heran bila warga Indonesia sangat gemar ternak ayam bangkok. Tidak hanya buat ayam aduan, ayam bangkok pula mempunyai nilai jual yang besar sehingga dapat dijadikan kesempatan usaha dengan metode membudidayakannya. 

Pada postingan ini kami hendak membagikan rahasia serta kiat berhasil metode ternak ayam bangkok yang gampang diaplikasikan untuk para peternak pemula. 

Baca Juga : Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen

Langkah - Langkah Ternak Ayam Bangkok Mudah dan Cocok Bagi Pemula

Dalam proses pembudidayaan ataupun metode ternak ayam bangkok, terdapat beberapa cara yang wajib dicermati. Ini bertujuan supaya menghasilkan ayam bangkok yang luar biasa serta bermutu tinggi dan mempunyai nilai jual yang besar.

Berikut ialah uraian lengkap tentang metode ternak ayam bangkok yang sangat gampang serta menguntungkan. Cocok sekali buat pemula:

Pemilihan Indukan Ayam Bangkok

Dalam ternak ayam bangkok, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan indukan yang berbobot. Berikut beberapa tips memilih indukan ayam bangkok untuk Anda:

  1. Seleksi indukan jantan serta betina yang sehat.
  2. Telah mempunyai nafsu buat kawin.
  3. Sehat, dalam artian tidak cacat.
  4. Gesit serta mempunyai gerakan lincah.
  5. Mempunyai warna bulu yang bagus.
  6. Mempunyai badan yang tegak serta gagah.

Ternak Atam bangkok dengan Pemilihan Indukan Ayam Bangkok
Memilih indukan saat ingin ternak ayam bangkok

Pilihlah genetik ataupun asal usul calon indukan ayam bangkok yang berkualitas waktu membeli. Ini bertujuan agar menciptakan generasi ayam yang bagus serta mempunyai nilai jual tinggi. 

  1. Upayakan seleksi indukan jantan dengan usia antar 1 sampa 2. 5 tahun dan bertaji.
  2. Untuk indukan jantan, memilih yang mempunyai suara lantang.
  3. Indukan betina pilihlah rentang usia antara 7– 8 bulan.

Pemilihan Posisi Kandang

Jangan salah. Dalam dunia ternak ayam bangkok, pemilihan posisi kandang juga harus diperhatikan. Berikut adalah tips cara pemilihan posisi kandang:

  1. Memilih posisi kandang yang dekat dan mempunyai sumber air bersih.
  2. Upayakan kandang bisa menerima cahaya matahari secara langsung.
  3. Buat kandang dengan konsumsi tenaga listrik yang baik serta sangat memadai.
  4. Seleksi posisi yang membolehkan bila sesuatu dikala hendak terdapat ekspansi maupun bonus– bonus unit lain.
  5. Kemudahan dalam akses tranportasi. Misalnya buat penuhi kebutuhan pakan.
  6. Upayakan jarak kandang dengan pemukimaan minimun 100 m, supaya tidak memunculkan kendala ataupun permasalahan di pemukiman.
  7. Upayakan posisi kandang ayam bangkok mempunyai hawa segar.


Ternak Ayam Bangkok dengan Mengelompokkannya Berdasarkan Umur

Tingkatan usia dalam pemeliharaan serta ternak ayam bangkok sangat berarti buat dilihat. Khususnya buat sortir ataupun pengaturan pemilihan dalam pengelompokan kandang serta pemberian pakan ayam. Berdasar usianya, ayam bangkok dibagi jadi 4:

- Ayam Bangkok Anakan

Ayam bangkok anakan ialah ayam yang berusia 0 hingga 6 minggu

- Anak Ayam Bangkok

Anak ayam bangkok mempunyai usia yang lebih tua dari anakan ayam bangkok. Anak ayam bangkok berkisar antara 6 hingga 12 minggu

- Ayam Bangkok Muda

Ayam bangkok ini mempunyai rentang usia antara 12 hingga 16 minggu

- Ayam Bangkok Dewasa

Ayam bangkok dewasa mempunyai usia 18 hingga 68 minggu

Baca Juga :

Ternak Ayang Bangkok dengan Membuat Kandang Ideal

Untuk ternak ayam bangkok ataupun ayam petarung, kandang bukan hanya tempat buat makan serta tidur saja. Kandang juga berperan untuk melindungi keadaan tubuh ayam itu sendiri. Itulah kenapa dalam proses pembuatan kandang ayam tidak dapat asal asalan.

Pembuatan kandang untuk ternak ayam bangkok sebisa mungkin dapat membuat ayam merasa aman berada di tempat tersebut. Maka dari itu ada beberapa point yang butuh dicermati dalam pembuatan kandang ayam bangkok.

1. Bahan Bahan Utama Pembuatan Kandang Untuk Ternak Ayam Bangkok

Anda tidak bisa ternak ayam bangkok dengan membuat kandangnya secara sembarangan. Namun bukan berarti wajib memakai bahan yang mahal. Anda bisa membuat kandang ayam bangkok memakai papan kayu, bambu, ataupun dapat pula dengan memakai kikisan rotan

Untuk ternak ayam bangkok, buatlah kandang selayaknya saja. Sebab nantinya ayam hendak dipisah sesuai tingkatan usia. Hal ini untuk mempermudah dalam pemeliharaannya.  Bukan hanya itu, tipe ayam bangkok cenderung galak serta gampang bertarung antar sesama.

Bahan Bahan Utama Pembuatan Kandang Untuk Ternak Ayam Bangkok
Bahan Bahan Utama Pembuatan Kandang Untuk Ternak Ayam Bangkok

Kandang ayam bangkok yang berusia dewasa hendaknya terdapat rongga (lubang) pada bagian dasar. Rongga ini berfungsi supaya kotoran ayam bangkok dapat langsung jatuh, serta mempermudah dalam pembersihan kandang. 

Sebaliknya, buat ternak ayam bangkok yang masih berusia 3 bulan ke bawah, hendaknya tidak usah membuat rongga. Jika terdapat rongga pada bagian dasar kandang dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan ayam, semacam terjepit atau kaki ayam terperosok dalam rongga tersebut.


2. Ukuran atau Dimensi Kandang Ayam Bangkok

Ukran kandang yang sesuai standar sangat diperlukan, supaya dalam proses ternak ayam bangkok para ayam tidak tekanan pikirannya (stress). Bukan hanya itu, kandang yang sesuai standar dan memenuhi syarat juga akan meminimalisir munculnya penyakit yang bisa mengusik kesehatan dan menurunkan kualitas dari ayam itu sendiri. 

Berikut ialah uraian ukuran atau dimensi kandang yang sempurna untuk ternak ayam bangkok:

- Ayam Bangkok Anakan

Ayam bangkok anakan idealnya mempunyai kandang dengan ukuran 100 centimeter x 50 centimeter x 20 centimeter dengan jumlah 20 ayam.

- Anak Ayam Bangkok

Kandang yang diperlukan oleh anak ayam bangkok ialah 100 centimeter x 100 centimeter x 40 centimeter dengan jumlah anak ayam bangkok 30 ekor.

- Ayam Bangkok Muda

Kandang yang baik buat ayam bangkok umur 12 hingga 16 pekan ini standarnya 100 centimeter x 100 centimeter x 60 centimeter dengan jumlah ayam 15 ekor.

- Ayam Bangkok Dewasa

Buat ayam bangkok dewasa, kandang umumnya satu kandang hanya berisi 1 ekor ayam. Untuk ukuran kandang bisa memakai 30 centimeter x 30 centimeter x cm


3. Perlengkapan Kandang Sebelum Ternak Ayam Bangkok

Perlengkapan Kandang Sebelum Ternak Ayam Bangkok
Perlengkapan Kandang Sebelum Ternak Ayam Bangkok

Ternak ayam bangkok bila dicoba secara intensif dalam artian peletakan ayam yang selalu terletak di dalam kandang, hendaknya masalah kelengkapan kandang jadi sangat penting serta wajib benar-benar di perhatikan. Hal ini meliputi tempat makan, tempat minum, serta lampu buat penerangan dan menghangatkan ruangan.


Pemberian Pakan Saat Ternak Ayam Bangkok Berdasarkan pada Tingkatan Umur

Di samping pemilihan indukan ayam bangkok serta persiapan kandang, pemberian pakan juga wajib diperhatikan dalam ternak ayam bangkok. Berilah pakan pada ayam sesuai dengan tingkatan umur mereka. Berikut adalah aturan jenis pemberian pakan pada ayam bangkok bersumber pada tingkatan umur ayam.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok berusia 3 bulan ke bawah

Anak ayam bangkok yang berusia 3 bulan ke bawah mengalami perkembangan sistem gerak yang sangat cepat. Tentu pemberian pakan wajib dicermati. Pilihlah pur ataupun pakan yang memiliki kalsium dan protein yang tinggi.

Pemberian Pakan Saat Ternak Ayam Bangkok Berdasarkan pada Tingkatan Umur
Pakan ternak ayam bangkok umur 3 bulan ke bawah

Pemberian pur pada anak ayam bangkok bisa dicoba secara langsung ataupun dapat pula memakai air hangat yang dicampur dengan pur. Jangan lupa, kebersihan tempat makan ayam wajib selalu diperhatikan dalam ternak ayam bangkok anakan. Sebab keadaan yang lembab pada tempat makan ayam biasanya menyebabkan perkembangan jamur yang bisa meracuni ayam.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok yang Berusia 3– 6 Bulan

Pemberian Pakan Saat Ternak Ayam Bangkok Berdasarkan pada Tingkatan Umur
Pakan ternak ayam bangkok umur 3 - 6 bulan

Ayam bangkok pada usia ini tidak cuma memerlukan kalsium serta protein saja, akan tetapi juga memerlukan lemak serta karbohidrat buat perkembangan otot serta daging. Tipe pakan ayam bangkok yang sesuai pada usia ini ialah pur yang teksturnya agak kasar di campur dengan nasi. Bila ayam bangkok telah mendekati usia 6 bulan ke atas, porsi nasi dapat ditambah lebih banyak lagi.

Pemberian Pakan Ayam yang Berusia di Atas 6 Bulan

Untuk ternak ayam bangkok dengan umur menjelang dewasa, Anda bisa memberikan santapan yang lebih keras lagi seperti ayam dewasa. Namun Anda wajib mencermati tipe ayam bangkok yang Anda punya.

Pemberian Pakan Saat Ternak Ayam Bangkok Berdasarkan pada Tingkatan Umur
Pakan ternak ayam bangkok usia di atas 6 bulan

Jika anda ternak ayam bangkok tipe pukul, jagung dan dedak adalah makanan yang paling baik diberikan. Bila ayam bangkok Anda merupakan tipe jalu, santapan yang sesuai ialah beras merah, gabah, ataupun konsentrat.

Tidak hanya pakan yang penuhi nutrisi untuk ayam. Ketersediaan air minum sangat berarti buat perkembangan ayam. Air minum hendaknya disediakan dalam jumlah yang banyak. Namun, Anda juga harus rajin mengganti air munum setiap hari agar ternak ayam bangkok terjaga kebersihan dan kesegarannya

Supaya ternak ayam bangkok bisa berkembang serta tumbuh dengan cepat, tambahkan vitamin khusus ayam ataupun suplemen ke dalam air minumnya.

Pemberian Air yang Berkualitas dan Mencukupi

Bagi Anda yang ternak ayam bangkok, bukan hanya makanan yang harus Anda perhatikan, tapi juga kualitas minuman. Air yang diminum ayam haruslah dalam keadaan segar dan bersih. Ketika kondisi minuman cukup keruh, ganti air tersebut dengan yang baru.

Air yang terlalu lama dalam wadah itu juga tidak baik bagi kesehatan ayam bangkok itu sendiri. Oleh karena itu, gantilah setidaknya dua kali sehari. Pastikan pula di dalam kandang tidak ada genangan air yang akan menyebabkan ayam terserang wabah penyakit.

Periksa Kesehatan Ayam Bangkok Anda dengan Teratur

Cara sukses ternak ayam bangkok yang lain adalah dengan rutin memeriksa kesehatannya. Tentu ini bertujuan agar ayam tidak mudah terserang penyakit. Coba periksa secara mandiri dengan melihat hidurng, paruh, bulu, dan kulitnya secara berkala.

Periksa Kesehatan Ayam Bangkok Anda dengan Teratur
Periksa Kesehatan Ayam Bangkok Anda dengan Teratur

Jika ada ciri-ciri penurunan kesehatan seperti paruh berlendir, kulit memerah, atau bulu rontok segera periksakan ke dokter hewan untuk memperoleh penanganan yang benar dan tepat. Tindakan ini juga akan menyelamatkan ayam yang lain agar tidak tertular.

Lakukan Olahraga pada Ayam Secukupnya

Ayam Anda juga perlu olahraga agar tetap sehat. Anda bisa memberikan kandang outdoor atau kalau tidak ada juga bisa dengan mengeluarkan ayam sebentar dari kandangnya. Biarkan ayam merasakan hawa bebas dan berjalan-jalan ringan.

Baca Juga : Makanan Sapi Biar Cepat Minta Kawin dan Berkembang Biak

Jangan Biarkan Ayam Stres

Ayam bangkok gampang sekali untuk stres. Ketika tempat tinggalnya terlalu berisik atau terlalu kotor, ayam-ayam ini akan mudah stres. Oleh karena itu cara ternak ayam bangkok selajutnya adalah dengan tidak membiarkan peliharaan Anda stres.

Jika tidak membuat kemajuan besar, tidak usah untuk berniat memperbaiki kandang atau merubannya. Jangan pula seenaknya mengganti pakan mereka dengan merk yang baru. Dan jangan pula terlalu sering memindahkan ayam bangkok ke kandang yang lain. Karena itu semua dapat memicu stres pada ayam.

Beri Perawatan Khusus Saat Ternak Ayam Bangkok

Untuk menjaga kesehatan ayam Bangkok, langkah berikutnya adalah memberikan perawatan khusus agar tetap prima. Pastikan mereka terlindungi dari gangguan parasit seperti kutu dan tungau dengan memberikan perlakuan anti-parasit secara rutin.

Tambahkan vitamin dan suplemen ekstra untuk menjaga kebugaran mereka. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kaki mereka secara teratur karena seringkali ayam Bangkok mengalami masalah seperti cakar terlalu panjang atau luka.

Dengan perhatian yang baik, ayam Bangkok bisa tumbuh kuat dan sehat, siap untuk mengikuti pertarungan sabung ayam. Namun, penting untuk diingat bahwa kegiatan tersebut kontroversial dan ilegal di beberapa tempat.

Pastikan untuk mendapatkan izin dan mematuhi regulasi yang berlaku jika ingin mengikutsertakan ayam Bangkok dalam sabung ayam.

Merawat ayam Bangkok membutuhkan waktu, perhatian, serta pengetahuan yang cukup tentang unggas. Jika Anda masih baru dalam merawat jenis ayam ini, cari informasi lebih lanjut atau pelajari dari pengalaman orang lain yang sudah mahir dalam merawatnya.

Itulah tadi beberapa panduan serta rahasia sukses ternak ayam bangkok yang sangat gampang serta simpel. Cocok sekali dipraktekkan bagi Anda yang masih pemula. Mudah- mudahan artikel ini berguna bagi Anda semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url