Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen

Cara Ternak Bebek Peking - Bebek peking merupakan jenis bebek dengan habitat asli berasal dari Beijing, Cina. Bebek peking sangat digemari para peternak untuk diternak. Hal ini dikarenakan masa panen bebek peking jauh lebih singkat dibanding bebek lokal.

Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen
Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen

Selain itu, permintaan bebek peking oleh customer juga sangat ramai. Hal ini tentu karena rasa dari daging bebek peking ini sangat lezat dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Tidak lupa pula dengan telurnya. Telur bebek peking juga lezat dan mengandung tinggi protein.

Meski kecil, daging bebek peking ini lebih tebal, lezat, dan empuk dari bebek lain. Kelebihan inilah yang menjadikan para peternak bebek memilih untuk ternak bebek peking dan mulai mencari tahu bagaimana cara ternak bebek peking yang benar agar cepat panen, terutama untuk peternak pemula.

Baca Juga :  Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler

Bagaimana Cara Ternak Bebek Peking yang Benar untuk Pemula Agar Cepat Panen? 

Pada artikel ini, kami tim SAWAH akan membagikan beberapa tips atau cara ternak bebek peking yang benar untuk pemula agar cepat besar dan panen. Tentunya metode ini memakai cara yang mudah agar bisa langsung dipahami dan diterapkan pada bebek peking di kandang Anda semua.

Bagaimana cara ternak bebek peking agar cepat panen? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pemilihan Bibit Bebek Peking - Cara Ternak Bebek Peking

Cara ternak bebek peking yang pertama adalah dengan memilih DOD (Day Old Duck) atau yang lebih mudah disebut bibit bebek peking. 

DOD ini harus berusia 1 sampai dengan 7 hari. DOC bisa Anda beli secara langsung pada toko unggas di daerah Anda. Selain itu, untuk mendapatkan DOC, bisa juga dengan membeli telur siap netas dan ditetaskan sendiri di sawah.


2. Memperhatikan Umur Bibit - Cara Ternak Bebek Peking 

Dalam membeli bibit bebek peking, perhatikanlah umurnya. Jika jarak tempat Anda dengan penjual DOD tergolong dekat, pilihlah DOD yang berumur 3 sampai 4 hari. Jika jarak tempat Anda dengan penjual anakan bebek itu jauh, pilihlah DOD umur 6 sampai 7 hari.

Pemilihan ini bukan tanpa maksud, melainkan untuk mencegah bebek stres di jalan. Karena semakin muda umur bibit bebek peking akan lebih mudah pula mereka terkena stres. Semakin tua DOD, akan semakin kebal stres karena perjalanan.


3. Ketahuilah Ciri Bibit yang Baik - Cara Ternak Bebek Peking 

Untuk cara ternak bebek peking agar cepat panen, pilihlah bibit yang baik. Ciri DOD yang baik adalah mempunyai berat minimal 40 gram, berbulu bersih serta kering, memiliki nafsu makan yang tinggi, bertubuh tegap, kaki kokoh, mata jernih, tidak cacat, dan bebas dari penyakit unggas.

Baca Juga : Kebutuhan Pakan Bebek Pedaging Per 100 Ekor Agar Cepat Gemuk

4. Tahap Pengelolaan Bibit - Cara Ternak Bebek Peking 

Setelah DOD tiba di tempat Anda, yang harus Anda lakukan dalam cara ternak bebek peking adalah lakukan perawatan pada anakan bebek agar siap berkembang biak dengan memberinya waktu untuk mereka beradaptasi di tempat barunya.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Peking yang Benar untuk Pemula Agar Cepat Panen?
cara ternak bebek peking dalam tahap pengelolaan bibit

Caranya, masukkan DOD dalam box pemeliharaan. Biarkan selama 2 jam. Jangan lupa beri air minum probiotik untuk menetralkan kondisi jiwa dan raga. Probiotik ini bisa menghilangkan stres pada anakan bebek peking dan bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Juga mencegah penurunan berat badan.


5. Pemberian Pakan Pada DOD - Cara Ternak Bebek Peking

Sebelum DOD datang, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan persediaan makanan terlebih dahulu, agar ketika anakan bebek peking datang, Anda sudah mempunyai stok makanan tanpa harus repot keluar rumah hanya untuk membeli makan.

Banyak yang melirik cara ternak bebek peking karena bebek ini tumbuh dengan cepat. Anda sudah bisa memanen bebek peking dalam waktu 40 hari jika semua gizi terpenuhi dan bebek tidak mengalami stres. 

Berikan bebek peking usia 3 minggu ke bawah dengan makanan pabrikan seperti konsentrat dan voer yang berkualitas tinggi. Setelah beberapa waktu, Anda harus memberi makan bebek peking sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, dan jangan sampai lupa pada jadwal tersebut.

Saat usia bebek peking memasuki 3 minggu dan seterusnya, Anda sudah bisa memberinya berbagai menu yang beragam. Bisa juga dengan mencampur makanan alami dengan makanan pabrik dengan perbandingan 1:2. 

Cara ternak bebek peking dengan memberikan pakaian alami bisa berupa ikan kecil, cacing, dan tumbuh-tumbuhan, misalnya sayur kangkung. Selanjutnya, campur kedua bahan makanan tadi dari berikan sedikit demi sedikit. 1 hari bisa sampai 5 kali dengan pemberian secara bertahap.


6. Memberikan Multivitamin - Cara Ternak Bebek Peking 

Pemberian makanan saja tidak cukup untuk cara ternak bebek peking agar cepat besar. Anda harus berusaha memaksimalkan pertumbuhan bebek peking dengan memberikannya multivitamin, antibiotik, dan prebiotik, sesuai dengan umur bebek peking.

Berikanlah mulivitamin, antibiotik, dan prebiotik secara bergantian agar tergaja daya tahan tubuhnya. Bukan hanya itu, itik peking juga akan stabil nafsu makannya. Cara pemberiannya, bisa dicampurkan pada makanan atau minumannya.


7. Box untuk Kandang - Cara Ternak Bebek Peking 

Pada DOD, Anda harus membuat tempat tinggal dengan membuat box berukuran 1x3 meter yang memuat untuk 100 ekor bebek peking. 

Jika bebek peking Anda ada 200, tinggal kalikan saja luas kandangnya, karena hal ini berlaku kelipatannya. Untuk mengiritan biaya anggaran, Anda bisa membuat box sendiri agar lebih hemat dan bisa memangkas modal awal.


8. Sediakan Lampu Penghangat - Cara Ternak Bebek Peking 

Cara ternak bebek peking untuk pemula agar bebek cepat besar adalah dengan memberikan lampu penghangat untuk bebek peking yang berusia di bawah 3 minggu. Lampu penghangat ini difungsikan sebagai pengganti induk bebek yang selalu memberi kehangatan untuk anaknya.

Anda bisa memasang lampu penghangat 40 watt di malam hari. Anda juga harus bisa menyesuaikan kondisi cuaca saat malam hari. Jika dirasa sangat dingin, Anda bisa menambah lampu penghangat lagi dan juga memasang lampu penghangat bagi bebek yang berusia di atas 3 minggu.


9. Pemasangan Jerami - Cara Ternak Bebek Peking 

Selanjutnya cara ternak bebek peking adalah dengan memasang jerami sebagai alas kandang. Pemasangan jerami di alas kandang ini berjutuan agar kandang bebas dari kotoran. Karena adanya jerami, kotoran tidak bisa menyebar luas.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Peking yang Benar untuk Pemula Agar Cepat Panen?
cara ternak bebek peking dengan memasang jerami sebagai alas kandang

Karena fungsinya yang menghalangi kotoran agar tidak menyebar ke mana-mana, jerami ini harus Anda ganti sesering mungkin agar bebek peking merasa nyaman dan terhindar dari penyakit akibat kotoran yang tidak dibuang.


10. Mencegah Penyakit Pada Itik - Cara Ternak Bebek Peking 

Sebagai usaha memaksimalkan cara ternak bebek peking agar cepan panen, Anda harus mencegah agar bebek bebek peking tidak terserang penyakit. Caranya adalah dengan vit ke pakan bebek, memberi pakan yang segar dan tidak basi, juga perhatikan pula keadaan kandang. 

Jangan biarkan kandang dalam keadaan becek, apalagi dengan kotoran bebek yang menumpuk. Itu semua akan membuat bebek peking sakit, dan yang paling parah adalah kematian.

Baca Juga: Kenali Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak

11. Penuhi Kebutuhan Air Minum - Cara Ternak Bebek Peking 

Cara ternak bebek peking agar cepat panen selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan air minum. Bebek peking ini butuh makan minum yang banyak. Maka dari itu, untuk mengindari kehausan atau kelaparan, selalu sediakan air minum 1 liter yang sudah dicampur probiotik dan vit.

Ganti air minum tersebut setiap hari jika dirasa penampilannya sudah butek atau ketika air minum tersebut sudah habis. Pakailah air minum yang bersih dan bukan air yang tercemar atau terkontaminasi dengan limbah pabrik atau yang lainnya.


12. Cegah Bebek Peking Cacingan - Cara Ternak Bebek Peking 

Jika di tempat lembab dan becek, bebek peking ini sangat mudah cacingan. Sebagai cara pencegahan, Anda harus selalu menjaga kebersihan kandang. Pastikan kandang dalam keadaan kering. Usahakan membangun kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jangan lupa pula selalu membersihkan kotoran bebek peking yang ada dalam kandang agar bibit bibit cacing tidak sampai berkembang biak dan menyerang bebek peking peliharaan kita.


13. Jaga Kebersihan Kandang - Cara Ternak Bebek Peking 

Cara ternak bebek peking selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Anda harus membersihkan kandang setiap hari. Buanglah kotoran bebek, bersihkan bulu bebek yang berjatuhan agar bebek tidak flue, dan juga amankan kandang bebek dari kondisi basah.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Peking yang Benar untuk Pemula Agar Cepat Panen?
cara ternak bebek peking dengan selalu menjaga kebersihan kandang

Kangdang yang bersih adalah awal dari cara ternak bebek agar cepat panen. Karena kebersihan kandang ini samgat mempengaruhi kesehatan bebek peking ternakan Anda.


14. Lindungi dari Cuaca Ekstrim - Cara Ternak Bebek Peking 

Sebaga cara ternak bebek peking, Anda harus memberi perawatan lebih saat cuaca sedang panas atau hujan. Lindungi bebek peking dari hempasan angin secara langsung serta hindari sinar mentari langsung. 

Bebek peking ini termasuk jenis hewan bergerombol atau berkoloni. Anda harus benar-benar menjaga sekumpulan bebek peking ini. Karena jika ada satu saja dari anggola koloni yang sakit, mati, atau terluka, maka akan membuat anggota koloni lain pada bingung, stres, kemudian sakit dan mati.


15. Cara Panen - Cara Ternak Bebek Peking 

Jika Anda sudah mempraktekkan beberapa cara ternak bebek peking di atas dengan benar sesuai cara-cara yang dijabarkan di atas, bebek peking Anda akan mempunyai berat 1,5 kg di bulan pertama dan akan terus bertambah pada bulan selanjutnya.

Pada bobot 1 kg sebenarnya bebek peking sudah bisa dipanen. Namun, jika Anda ingin membuat bebek peking lebih berat lagi, tinggal tunda saja masa panen.

Namun, anggaran pakan yang Anda keluarkan untuk bebek pun semakin membengkak. Itu semua adalah pilihan Anda dalam cara ternak bebek peking.

Itulah tadi beberapa ulasan singkat tentang bagaimana cara ternak bebek peking agar bisa cepat panen. Semoga bisa berguna bagi Anda yang sedang ingin memulai ternak bebek peking. -- Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen --

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url