Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar - Pada umumnya para pelajar memang tidak punya uang sendiri. Mereka cukup mengandalkan uang saku dari orang tua sebagai dana kehidupan. Namun, tahukah kamu untuk mendapatkan uang, orang tua kita juga harus kerja keras?

Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar
Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

Tidak ada salahnya memenuhi kebutuhan sendiri dengan uang sendiri. Misalnya untuk service ponsel jika rusak, memberi hadiah untuk guru, membeli kebutuhan sekolah, dan lainnya. Sebagai pelajar, kamu pun harus memikirkan keuangan jangka panjang. Janganlah selalu membebankan semuanya kepada orang tua.

Mempunyai tabungan sendiri tentu akan lebih enak dan keren daripada harus selalu meminta uang kepada orang tua kita. Nah, untuk kamu yang sadar akan pentingnya menabung dan ingin tahu bagaimana cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar, Desa Merdeka kini ada solusinya.

Baca Juga : Bisakah Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian? Ini Ulasannya

Bagaimana Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar? Mungkinkah Bisa Direalisasikan?

Tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau berusaha, termasuk memiliki simpanan uang atau tabungan sendiri. Di bawah ini adalah beberapa tips atau cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang bisa kamu praktekkan di rumah.'

1. Pilih Transportasi Umum Ketimbang Kendaraan Pribadi

Hal pertama dalam cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar adalah dengan menggunakan transportasi umum sebagai kendaraan. Mulailah dari yang paling mudah dulu. Tiidak perlu gengsi ke sekolah hanya dengan naik angkot.

Bagaimana Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar? Mungkinkah Bisa Direalisasikan?
Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar : Pilih Transportasi Umum Ketimbang Kendaraan Pribadi

Dengan memilih transportasi umum, kamu akan berhemat uang transportasi. Tentu tarif angkot lebih murah dibanding dengan harga BBM kendaraan pribadimu. Dan satu lagi, dengan menggunakan transportasi umum, kamu pun bisa bersantai dalam kendaraan karena tidak perlu menyetir.


2. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tidak bisa dipungkiri, dara muda selalu berusaha memiliki apa yang diinginkan, meskipun keinginan itu sebenarnya bukan merupakan suatu kebutuhan yang mendesak. Agar bisa mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar, mulai sekarang hindarilah kebiasaan ini.

Kita harus bijak dalam mempergunakan uang. Belilah hanya apa yang kamu butuhkan dan jangan selalu menuruti keinginan. Buatlah daftar kebutuhan yang harus kamu beli. Alokasikan dana dengan sebaik mungkin. Sisanya bisa kamu masukkan ke dalam celengan atau simpan di bank sebagai tabungan.


3. Bawa Bekal Makanan dari Rumah

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar selanjutnya adalah dengan membawa bekal makanan dari rumah. Hal ini akan membuat utuh uang jajanmu bisa untuk ditabung. Membawa bekal makanan dari rumah juga bisa dipastikan kesehatan dan kebersihan makanannya, lho.

Baca Juga : Cara Pinjam Uang di Bank BCA untuk Mahasiswa

4. Jangan Sepelekan Uang Recehan

Siapa nih yang suka membuang uang receh? Tahukah kamu, tanpa uang recer 500 perak, uang 3 juta tidak akan bisa disebut tiga juta? Hal ini memang terlihat sepele. Tapi lihatlah hasilnya dalam beberapa bulan ke depan. Uang recehanmu akan bernilai banyak.

Bagaimana Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar? Mungkinkah Bisa Direalisasikan?
Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar : Jangan Sepelekan Uang Recehan

So, mulai sekarang jangan sepelekan uang recehan. Simpanlah uang receh dan kumpulkan dalam satu tempat. Karena ini adalah merupakan salah satu cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar. Percayalah, sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit.


5. Berusaha Cari Uang Tambahan

Yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar selanjutnya adalah dengan mencari uang tambahan. Bekerjalah untuk mendapatkan uang dan tentunya carilah pekerjaan sesuai hobi dan tidak mengganggu kegiatan belajar dan sekolahmu.

Contoh yang bisa kamu lakukan adalah membuka toko online sistem dropship yang tidak perlu stok barang, menjadi freelance writer, menjajakan kemampuan edit foto dan videomu di media sosial, menjadi content creator beberapa platform seperti tik tok, youtube, blogger, dan lainnya.


6. Batasi Uang yang Ada di Dompet

Sering kali kita kalap dalam berbelanja karena merasa uang yang kita bawa masih cukup untuk membeli barang-barang yang kita inginkan. Untuk itu, cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar adalah dengan membatasi uang yang ada di dompet.

Bagaimana Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar? Mungkinkah Bisa Direalisasikan?
Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar : Batasi Uang yang Ada di Dompet

Rencanakan apa saja yang akan kamu beli. Hitung perkiraan nominal yang akan kamu keluarkan dan bawalah uang sesuai hitungan yang kamu perkitakan tadi. Dengan begitu uangmu akan aman dari tragedi belanja yang tidak sesuai dengan daftar belanjaan.


7. Mempunyai Celengan Merupakan Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

Celengan memang identik dengan anak kecil. Tapi tidak ada salahnya juga kamu memiliki celengan di rumah untuk menampung tabunganmu. Masukkan uang kembalian ke dalam celengan dan anggap saja uang itu hilang. Setelah celengan penuh, kamu baru bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga : 10+ Cara Mengelola Uang Agar Berkembang : Praktekkan Demi Masa Tua yang Bahagia

8. Membuat Tabel Tabungan Harian Beserta Target Waktunya

Yang tak kalah penting dari dara mengumpulkan uang tiga juta dalam satu bulan untuk pelajar adalah dengan membuat tabel tabungan harian beserta target waktunya. Hal ini diperlukan agar kamu tetap bisa berfokus untuk menabung dengan nominal dan waktu yang sudah kamu tentukan.

Contoh saja. Dalam hal ini kamu akan mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan. Perhitungannya adalah 3.000.000 dibagi 30 hari = 100.000. Berarti dalam satu hari kamu harus menabung setidaknya 100.000 untuk mencapai goal. Caranya bagaimana? Ya praktekkan cara-cara di atas tadi.


9. Menahan untuk Tidak Pergi Berlibur

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah dengan menahan diri untuk tidak pergi liburan. Bukan berarti kamu tidak boleh menikmati waktu liburan kamu. Maksudnya di sini adalah hindari pergi berlibur ke tempat wisata yang mahal. Karena itu akan menghabiskan banyak uang.

Bayangkan, uangmu akan habis hanya untuk membeli karcis masuk, membeli tiket di tiap wahana, jajan di tempat wisata, dan belum lagi masalah oleh-oleh yang harus kamu beli untuk orang rumah. Berlibur tidak harus mahal. Kamu bisa berlibur di pantai, menikmati indahnya deburan ombak dan halusnya butiran pasir pantai tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Demikian adalah pembahasan mengenai cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar yang bisa kamu terapkan di rumah. Jika dipelajari lebih dalam, cara-cara di atas tidaklah sulit. Yang paling kamu butuhkan adalah niat dan konsistensi yang kuat.

Jika dirasa uang 3 Juta dalam 1 bulan terlalu berat, kamu bisa menurunkan standar tabungan sesuai kemampuan. Kesimpulannya tetaplah hidup hemat dan perhatikan keuangan sedini mungkin. Aturlah keuanganmu selagi kamu masih muda agar tidak menyesal nantinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url