10+ Cara Mengelola Uang Agar Berkembang untuk Masa Tua yang Bahagia

Cara Mengelola Uang Agar Berkembang - Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda memiliki penghasilan yang stagnan dan pengeluaran terus meningkat setiap bulannya.

10+ Cara Mengelola Uang Agar Berkembang : Praktekkan Demi Masa Tua yang Bahagia
Cara Mengelola Uang Agar Berkembang

Jika sudah seperti ini dipastikan kepala ini akan pusing tujuh keliling. Kalau itu terjadi, Anda butuh beberapa cara mengelola uang dengan baik, lho. Lalu, bagaimana cara mengelola uang agar berkembang?

Jika ada kemauan, pastilah ada jalan. Biar tidak pusing lagi, yuk simak cara mengatur uang agar berkembang ala Desa Merdeka berikut ini. Baca terus dan coba terapkan, agar keuangan Anda terus bertambah.

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri : Bagaimana Caranya?

Inilah Cara Mengelola Uang Agar Berkembang - Pelajari dan Praktekkan

Penasaran apa saja cara mengelola uang agar berkembang dengan baik? Yuk ikuti tips-tips berikut ini:

1. Perhatikan hal-hal kecil Sebagai Cara Memutar Uang Agar Beranak

Cara mengelola uang agar berkembang dan tidak malah habis yang pertama adalah dengan memperhatikan hal-hal kecil. Beberapa orang sangat berhati-hati saat membeli barang dengan harga tinggi, namun secara tidak sadar mereka mengabaikan hal kecil.

Padahal, membeli barang kecil yang jika dijumlahkan harganya bisa berkali-kali lipat lebih mahal. Akibatnya, keuangan menjadi tidak terkendali. Ini sering terjadi pada saat sebuah departemen store atau marketplace mengadakan event diskon besar-besaran. Bukan hemat, malah membuang uang.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli barang kecil yang dianggap remeh. Terkadang, tanpa disadari, hal inilah yang membuat keuangan Anda boros. Jadi berhati-hatilah saat membelanjakan uang, karena cara mengelola uang agar berkembang adalah dengan memperhatikan hal kecil.


2. Cobalah Cek Harga Barang Sebelum Membelinya

Inilah Cara Mengelola Uang Agar Berkembang - Pelajari dan Praktekkan
Cobalah Cek Harga Barang Sebelum Membelinya untuk Cara Mengelola Uang Agar Berkembang

Memperhatikan harga barang sebelum membeli bukanlah mental miskin. Tetapi justru sebaliknya. Cek harga barang sebelum membeli adalah salah satu cara mengelola uang agar berkembang dengan baik. Manfaatkanlah cashback dan diskon untuk mendapat potongan harga, tapi jangan kalap, yaaa.


3. Cara Mengelola Uang Agar Berkembang dengan Tidak takut untuk berinvestasi

Selanjutnya, cara mengelola uang dengan baik dan berkembang adalah dengan tidak takut untuk berinvestasi. Berinvestasi memang memiliki risiko. Namun banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi. 

Salah satu manfaatnya adalah Anda dapat mengembangkan keuangan Anda dengan cepat jika Anda berinvestasi. Meskipun begitu, Anda perlu latihan dan pengalaman untuk menghasilkan strategi investasi yang menguntungkan.

Mulailah dengan mencari tahu jenis investasi apa yang Anda inginkan, pelajari caranya, dan investasikan sesuai dengan situasi keuangan Anda. Yang harus Anda ingat, jangan karena berinvestasi adalah cara mengelola uang agar berkembang lantas Anda tidak mempelajari investasi yang Anda ikuti.


4. Mempertimbangkan Masa Depan Sebagai Cara Memutar Uang Agar Beranak

Memikirkan masa depan juga termasuk sebagai cara mengelola uang agar berkembang. Jika Anda hanya memikirkan "hari ini", Anda tidak akan pernah mencapai kebebasan finansial. Cobalah untuk menghitung masa depan Anda dengan cara yang hemat. 

Tentu Anda tidak ingin masa tua Anda tidak punya uang, kan? Oleh karena itu perbaikilah masa tua Anda dengan menabung di masa muda. Jadi, salah satu cara untuk membuat uang Anda berkembang adalah dengan melakukan gaya hidup untuk masa depan dan memenuhi kebutuhan hari tua.


5. Cari Penghasilan Pasif / Passive Income

Cara memutar uang agar beranak selanjutnya adalah dengan mencari penghasilan tambahan melalui passive income. Jika Anda seorang pekerja kantoran, tidak ada salahnya jika Anda mencari uang tambahan yang tidak mengganggu jam kerja. Anda dapat memanfaatkan hobi dan kreativitas Anda.

Inilah Cara Mengelola Uang Agar Berkembang - Pelajari dan Praktekkan
 Cari Penghasilan Pasif / Passive Income Sebagai Cara Mengelola Uang Agar Berkembang

Banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan passive income. Seperti beternak, menanam bunga, membuat blog, menjadi penulis lepas, youtuber, dropship barang, dan yang lainnya. Jadi cara mengelola uang agar berkembang dengan mencari passive income ini tidaklah sulit.


6. Lunasi Hutang untuk Cara Mengelola Uang Agar Berkembang dengan Baik

Melunasi hutang juga termasuk sebagai car mengelola uang dengan baik dan berkembang. Apalagi jika hutang itu berbunga. Seberapapun Anda bekerja memperoleh penghasilan, jika hutang belum juga dilunasi pasti uang tersebut akan berkurang dan Anda tidak bisa menikmatinya dengan santai.


7. Cara Mengelola Uang Agar Berkembang dengan Menghindari Berbelanja untuk Gengsi

Beberapa dari Anda pasti sering membeli barang-barang bermerek yang sedang tren. Hal ini dilakukan untuk memenuhi gengsi dan mengikuti gaya hidup yang tinggi. Padahal uang itu bisa Anda gunakan untuk menambah saldo tabungan Anda.

Ketahuilah, perkembangan tren tidak akan pernah habis jika terus diikuti. Mulailah membeli barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan daripada barang-barang yang Anda inginkan dan yang terpenting hindari berbelanja untuk gengsi sebagai cara mengelola uang agar berkembang.


8. Disiplin Menabung Juga Termasuk Cara Mengelola Uang Agar Berkembang

Cara mengelola uang agar berkembang yang paling mudah adalah dengan disiplin menabung. Ini akan sangat berguna untuk kebutuhan masa depan. Kebanyakan orang memiliki kebiasaan yang salah tentang cara menabung.

Mereka menabung dari sisa uang yang mereka miliki di akhir bulan yang mungkin sangat sedikit. Cara seperti itu memang kurang efektif. Cara menabung yang efektif adalah dengan memisahkan uang untuk tabungan dan kebutuhan saat menerima gaji setiap bulannya.

Jangan mencampuradukkan antara tabungan dengan rekening untuk belanja harian. Dengan metode menabung yang seperti ini, artinya Anda juga sudah melakukan cara mengelola keuangan agar berkembang.


9. Persiapkan Dana Darurat untuk Cara Mengelola Uang Dengan Baik

Di atas sudah dijelaskan jika salah satu cara mengelola uang agar berkembang adalah dengan menabung. Untuk menabung ini, Anda juga harus mempersiapkan tabungan dana darurat untuk hal yang tidak bisa kita prediksi kemunculannya.


10. Cara Mengelola Uang Agar Berkembang dengan Membuat Daftar Anggaran

Membuat daftar anggaran adalah salah satu cara mengelola uang agar berkembang. Daftar anggaran dapat menjadi pedoman utama dalam melakukan pengeluaran untuk menghindari sifat konsumtif. Selain itu, dengan membuat daftar anggaran, keuangan akan terkendali.

cara mengelola uang agar berkembang - rumus mengatur keuangan - cara memutar uang agar beranak - cara mengatur keuangan untuk pemula - cara mengatur keuangan agar tidak boros
Cara Mengelola Uang Agar Berkembang dengan Membuat Daftar Anggaran

Jadi, mulailah membuat daftar anggaran rutin dan rencanakan keuangan Anda dengan baik. Catatnya alur keluar masuk keuangan Anda di buku atau file khusus di komputer Anda. Atau bisa juga memanfaatkan beberapa aplikasi pengelola keuangan di google play store.


11. Latihan untuk Kerja Cerdas Bukan Hanya Kerja Keras

Semua orang kaya uangnya banyak, hidupnya enak, dan apapun bisa mereka dapatkan dengan uang. Benarkah demikian? Benar, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Mereka memperoleh itu semua juga awalnya dari kerja dan menerapkan cara mengelola uang agar berkembang seperti di atas.

Tidak hanya bekerja keras, rata-rata orang kaya lebih memilih kerja cerdas dengan mempertimbangkan peluang yang ada. Begitulah prinsip kerja mereka. Jika memang cukup masuk akal untuk menghasilkan dan kita mampu untuk melakukan, maka ambillah. Jika tidak, ya tinggakan.


12. Jangan Lupa Pasang Target

Cara mengelola uang agar berkembang selanjutnya adalah dengan pasang target. Contoh. Pasang target ketika umur 30 - 35 tahun kudu punya tanah atau rumah. Di umur 40 tahun targetkan untuk sudah punya aneka bisnis yang dijalankan.

Dengan memasang targetg, kita jadi tahu langkah apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita antisipasi. Dan tak kalah penting, ketika berani memasang target, mau tidak mau kita akan memaksakan diri untuk memulai menggapai target dengan konsep yang sudah kita buat.


13. Ketika Harus Berhutang, Hutanglah yang Produktif

Hutang produktif? Maksudnya apa? Kebanyakan orang berhutang adalah untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Akibatnya membayar hutang adalah sesuatu yang sangat berat. Bedakan ketika kita berhutang dengan hutang yang produktif.

cara mengelola uang agar berkembang - rumus mengatur keuangan - cara memutar uang agar beranak - cara mengatur keuangan untuk pemula - cara mengatur keuangan agar tidak boros
cara mengatur keuangan agar tidak boros dengan hutang yang produktif

Misalnya, berhutang membeli motor yang motor ini bisa kita pakai untuk bekerja (Ojek). Ada lagi. Sewa tanah yang nantinya akan kita tanami jagung. Itu merupakan hutang yang produktif. Dan ini adalah merupakan salah satu cara mengelola uang agar berkembang meski Anda berhutang.


14. Investasi Leher ke Atas

Investasi tidak hanya soal tanah, emas, dan barang berharga lainnya. Kita juga perlu mengasah diri dengan inverstasi leher ke atas. Maksudnya adalah dengan mengukuti beberapa pelatihan yang memberdayakan.

Bukankah mengikuti pelatihan itu berbayar? Memang. Tapi dengan hasil dari training itu kamu bisa menciptakan peluang usaha baru dan menambah relasi bisnis. Dan tentunya ini adalah merupakan cara memutar uang agar beranak yang ilmunya bisa kita dapat sampai akhir hayat.

Itulah beberapa cara mengelola uang agar berkembang. Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat buat Anda semua dan keuangan Anda bisa menjadi lebih baik lagi. Setelah menyimak tipsnya, jangan lupa untuk dipraktekkan ya?


Rumus Mengatur Keuangan yang Sehat

Kita sudah mempelajari bagaimana cara mengelola uang agar berkembang dan beranak. Pembahasan selanjutnya yang juga cukup menarik untuk diulik adalah bagaimana rumus mengatur keuangan yang sehat.

Ada beberapa rumus mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan rumah tangga. Antara lain:

1. Rumus Mengatur Keuangan 50 : 50

Rumus mengatur keuangan 50:50 ini bisa digunakan bagi Anda yang masih single. Yakni belum banyak pengeluaran dan tanggunan tapi ingin menerapkan hidup sederhana dengan jalan menabung. Bagaimana uraian rumus mengatur keuangan 50:50 ini?

Saat Anda menerima penghasilan atau gaji, segeralah bagi 2. Bagian pertama untuk anda simpan sebagai tabungan, dan bagian satunya bisa Anda belanjakan untuk kebutuhan Anda. Pada bagian yang dibelanjakan, bisa Anda bagi lagi yaitu untuk kebutuhan pokok dan sekunder.


2. Rumus Mengatur Keuangan 50 : 30 : 20

Rumus mengatur keuangan satu ini berguna untuk kamu yang sudah punya utang atau cicilan dan berniat untuk membayar hutang tanpa mengabaikan kebutuhan pokok. Caranya mudah. Cukup bagi gaji Anda dengan 3 bagian yaitu 50 %, 30 %, dan 20%.

cara mengelola uang agar berkembang - rumus mengatur keuangan - cara memutar uang agar beranak - cara mengatur keuangan untuk pemula - cara mengatur keuangan agar tidak boros
cara mengelola uang agar berkembang - rumus mengatur keuangan 50:30:20

Bagian 50% bisa Anda pakai untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Untuk yang 30% gunakanlah untuk membayar hutang atau cicilan, dan 20 % nya bisa Anda pakai untuk investasi atau tabungan. Dengan begitu Anda bisa menerapkan cara mengelola uang agar berkembang meski punya utang.


3. Rumus Mengatur Keuangan Cash Flow 1234

Rumus mengatur keuangan satu ini merupakan rumus spesial QM Financial, yang memungkinkanmu membagi pos pengeluaran menjadi 4 kelompok. Yaitu 10% untuk lifestyle, 20% untuk investasi dan tabungan, 30% untuk cicilan utang, dan 40% untuk belanja rutin.

Itulah beberapa cara mengelola uang agar berkembang. Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat buat Anda semua dan keuangan Anda bisa menjadi lebih baik lagi. Setelah menyimak tipsnya, jangan lupa untuk dipraktekkan ya? cara mengatur keuangan agar tidak boros

Apa yang Anda Cari?

cara mengelola uang agar berkembang - rumus mengatur keuangan - cara memutar uang agar beranak - cara mengatur keuangan untuk pemula - cara mengatur keuangan agar tidak boros

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url