Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Mengkilap dan Bebas Jamur

Cara Membersihkan Furniture Kayu - Perabot rumah dari kayu mempunyai penggemar tersendiri. Kayu yang kesannya hangat, alami, aestetik, dan terlihat anggun akan mencuri perhatian para pencintanya. Di samping itu, perabotan kayu jadi dan bahan kayu lainnya juga terkenal awet, kuat dan mewah.

Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Mengkilap dan Bebas Jamur
Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Mengkilap dan Bebas Jamur

Ada beberapa jenis kayu yang bisa dijadikan perabot rumah. Antara lain kayu jati, pinus, mahoni, akasia, kamper, dan masih banyak lagi. Jika dilihat, memang furniture kayu jati ini sangat mewah. Namun, taukah Anda jika perabot rumah dari kayu ini butuh pemeliharaan yang lumayan susah?

Anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan furniture kayu agar terbebas dari jamur dan tampilannya tetap bersih mengkilap. Jika tidak tahu cara pemeliharaannya, umur furniture kayu Anda pun tidak akan awet. Jamur akan hinggap dan menggerogoti perabot rumah dari kayu Anda.

Baca Juga : Jasa Kitchen Set Surabaya Murah Membuat Dapur Jadi Indah

Bagaimana Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet dan Mengkilap?

1. Pakai Lap Basah dan Semir

Perabot rumah dari kayu hendaknya Anda bersihkan setiap seminggu sekali pakai lap basah. Tidak ada salahnya untuk menggunakan semir atau Polish setiap sebulan sekali. Ini berlaku untuk furniture kayu yang belum dipernis.


2. Gunakan Kemoceng untuk Membersihkan Furniture Kayu

cairan pembersih furniture kayu jati - furniture polish - pembersih kayu pledge - cairan pembersih meja kayu - cara membersihkan furniture kayu - cara membersihkan kayu jati yang berjamur
cara membersihkan furniture kayu dengan kemoceng microfiber

Cara membersihkan furniture kayu pakai kemoceng ini bisa Anda terapkan untuk perabotan jati dan kayu lainnya yang permukaannya sudah dipernis. Pakailah kemoceng berbahan kain microfiber yang bulunya halus agar bisa menyapu debu dengan baik.


3. Sabun Cair yang Diencerkan

Anda bisa menyediakan lap kain, pakailah air sabun yang sudah diencerkan dengan air biasa. Celupkan lap pada larutan sabun dan gunakan untuk membersihkan furniture kayu. Lalu keringkan. Pakailah cara ini untuk membersihkan furniture kayu yang belum dipernis.


4. Gunakan Minyak Lemon

Anda juga bisa menggunakan minyak lemon sebagai cairan pembersih meja kayu atau perabot kayu lainnya setiap 3 bulan sekali. Ambil kain basah, tetesi minyak lemon sedikit saja dan pakai untuk membersihkan furniture kayu.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Pompa Aquarium Mati Total - Power Head Filter 

5. Pakai Kuas Kecil dan Vacum Cleaner

Untuk membersihkan debu pada ukiran lemari, dipan, kursi dan beberapa perabot kayu lainnya, Anda bisa gunakan kuas kecil. Bersihkan lekukan ukiran dengan kuas kecil. Atau pakai vacum cleaner agar lebih mudah menjangkau persembunyian lekukan ukiran.


6. Cairan Pembersih Furniture Kayu Jati

cairan pembersih furniture kayu jati - furniture polish - pembersih kayu pledge - cairan pembersih meja kayu - cara membersihkan furniture kayu - cara membersihkan kayu jati yang berjamur
cairan pembersih furniture kayu jati

Ketika cara membersihkan furniture kayu di atas dirasa masih ribet, Anda bisa pakai cara instan. Yaitu dengan cairan pembersih furniture kayu jati. Cukup Anda semprot cairan pembersih kayu Pledge atau merk lain lalu lap pakai kain kering dan bersih. Langsung dah perabot kayu pada mengkilap.


Membuat Sendiri Cairan Pembersih Furniture Kayu Jati

Ketika harga furniture polish, pembersih kayu pledge, cairan pembersih meja kayu dan merk cairan pembersih furniture kayu jati lainnya sulit didapatkan, Anda bisa membuatnya sendiri lho. Caranya cukup mudah serta bahan-bahannya juga sudah ada di sekitar kita.

Untuk membuat cairan pembersih meja kayu dan perabot rumah kayu lainnya, gunakan satu cangkir cuka dan tiga cangkir minyak zaitun (1:3). Campurkan kedua bahan dan masukkan ke botol lalu tutup. Kocok larutan cuka dan minya zaitun sampai tercampur sempurna.

Untuk pemakaiannya, basali lap menggunakan cairan pembersih furniture kayu jati yang sudah Anda bikin sendiri. Gosokkan secara lembut pada perabot kayu yang akan Anda bersihkan. Ingat, pakai lap yang lembut agar tidak meninggalkan goresan.


Cara Membersihkan Furniture Kayu dari Bekas Telapak Tangan

Kadang saat kaki atau tangan kita bersentuhan dengan perabot kayu, ada jejak yang tertinggal di furniture tersebut. Cara membersihkan furniture kayu dari bekas telapak tangan kita cukup mudah. Anda tinggal taburi tepung maizana lalu lap sampai bersih.


Cara Membersihkan Furniture Kayu Akibat Lelehan Lilin

Saat mati listrik dan kita menyalakan lilin di atas meja kayu tanpa alas, pasti lelehan lilin akan mengotori perabot kayu kita. Cara membersihkan furniture kayu dari lelehan lilin ini tidak perlu anda congkel. Itu hanya akan membuat meja Anda tergores.

cairan pembersih furniture kayu jati - furniture polish - pembersih kayu pledge - cairan pembersih meja kayu - cara membersihkan furniture kayu - cara membersihkan kayu jati yang berjamur
cara membersihkan furniture kayu akibat lelehan lilin

Untuk membersihkan agar tetap Aman, pakailah haid dryer. Nyalakan hair dryer dan arahkan pada perabot yang terkena lilin sampai meleleh. Gosok dengan lap lembut. Lalu lap lagi dengan menggunakan cairan pembersih furniture kayu jati yang sudah Anda buat tadi.

Lilin panas menetes dan mengotori meja? Tidak perlu digosok atau dicungkil. Panaskan dengan hair dryer sampai meleleh. Setelah itu, gosok atau angkat dengan kain lembut, kemudian seka dengan lap yang dicelupkan di campuran air dan cuka.


Cara Membersihkan Furniture Kayu dari Krayon

Punya anak kecil yang hobi coret-coret dengan krayon tentu membuat hati Anda dag dig dug. Apalagi yang dicoret adalah furniture kayu kesayangan Anda. Tapi kini Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya cukup memakai mayones yang dioleskan di tempat yang terkena lukisan krayon.

Tunggu beberapa menit lalu bersihkan dengan lap basah. Setelah itu baru keringkan dengan lap kering dan bersih. Bagaimana? Mudah kan cara membersihkan furniture kayu dari krayon? Anda tidak perlu marah dan membatasi kreatifitas anak karena suka coret-coret perabot kayu Anda.

Bagaimana dengan cara membersihkan kayu jati yang berjamur? Kita akan membahasnya di lain waktu di halaman yang sama.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url