Cara Sukses Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil

Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil - Apakah Anda adalah seorang yang masih memikirkan bisnis apa yang sekiranya bagus dan cocok untuk dijalankan? Sedangkan modal yang Anda punya bisa dibilang lumayan kecil.

Cara Sukses Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil

Salah satu bisnis yang menjanjikan dan tidak ada matinya (Asal Anda tahu strateginya) adalah bisnis fashion. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha satu ini. Jika memang belum cukup modal untuk stok barang dan sewa toko, Anda bisa memulainya dengan bisnis baju online dengan modal kecil.

Kita lihat saja peluang usaha pakaian yang akan Anda geluti. Semua orang membutuhkan pakaian untuk menutupi anggota tubuhnya. Tidak hanya satu baju, bahkan satu lemarin pun ada yang hanya berisi pakaian. Ya, begitulah tingkah konsumtif masyarakat kita akan kebutuhan pakaian sehari-hari.

Baca Juga : Cara Kerjasama dengan Ekspedisi untuk Membuka Usaha Ekspedisi Rumahan

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil Untung Banyak?

Saat ini, mungkin Anda semua sedang berpikir tentang menjamurnya toko pakaian yang berbanding terbalik dengan jumlah pengunjung. Pastilah ada sesuatu yang menyebabkan toko tersebut sepi pembeli.

Entah itu karena pelayanan yang kurang ramah, koleksi pakaian yang tidak mengikuti trend, tempat toko yang kurang strategis, dan lainnya. Tidak perlu berkecil hati. Peluang usaha pakaian tidak hanya bisa dijalankan secara offline atau yang mempunyai toko fisik saja, melaikan juga bisa dengan cara online.

Bukankah sekarang orang-orang cenderung menyukai kegiatan online, termasuk dalam berbelanja? Dari situlah Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendirikan bisnis baju online dengan modal kecil yang untungnya sudah jelas dan tidak takut risiko barang tidak laku.

Penasaran dengan cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil secara online ini? Yuk kita bahas selengkapnya pada artikel di bawah ini.

1. Persiapkan Modal

Semua bisnis tentu menggunakan modal untuk memulainya, termasuk bisnis baju online dengan modal kecil sekalipun. Apakah jika kita menjual pakaian online secara dropship di media sosial juga butuh modal? Tentu saja. Anda membutuhkan akses internet yang tidak gratis untuk membuka sosial media Anda.

Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil - Peluang usaha pakaian - Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil
Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil : Persiapkan Modal

Apalagi jika Anda memilih untuk menjadi reseller dan menginginkan stok barang meski sedikit. Katakanlah Anda saat ini mempunyai modal 5.000.000 untuk membeli baju yang akan dijual secara online.

Yang harus Anda persiapkan untuk biaya bulanan adalah sebagai berikut:

Gunting Rp 10.000

Lakban Rp 10.000

Kantong kresek Rp 15.000

Listrik dan kuota/wifi Rp 250.000

Dari perhitungan biaya bisnis baju online dengan modal kecil di atas, dapat kita ketahui jika Anda wajib mempunyai dana setidaknya Rp 285.000 untuk biaya operasional. Biaya ini tergolonng murah jika dibanding dengan membuka toko atau distro yang mengharuskan Anda untuk membeli stok barang yang banyak dan membayar biaya sewa tempat.


2. Cek Harga Kompetitor

Tips sukses bisnis baju online dengan modal kecil yang selanjutnya adalah dengan mengetahui harga jual dari kompetitor kita. Banyak sekali toko online yang menjual pakaian. Baik melalui market place, sosial media, ataupun website toko online pribadi.

Agar Anda bisa pecah telur, Anda harus mampu menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah dari pesaing Anda. Bagaimana caranya? Ya Anda harus rajin cek harga toko online lain. Dengan begitu Anda bisa memberi harga murah pada konsumen dan pelanggan pun akan semakin banyak.

Apakah tidak rugi berjualan dengan sistem seperti itu? Tentu tidak. Apalagi bisnis baju online dengan modal kecil milik Anda baru saja berdiri. Sangat tidak disarankan toko yang baru berdiri dan langsung mematok harga tinggi pada konsumen. Anda harus mengetahui trik dan strategi marketing agar bisa memperoleh keuntungan.


3. Menemukan Supplier atau Reseller yang Cocok

Di atas tadi diterangkan jika cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil adalah dengan menjual baranng yang sama dengan harga murah dibanding pesaing Anda. Jika harga beli Anda sudah tinggi, mustahil Anda bisa menurunkan harga jual.

Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil - Peluang usaha pakaian - Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil
Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil : Menemukan Supplier atau Reseller yang Cocok

Lantas, bagaimana solusinya? Solusi tepat untuk mengatasi masalah bisnis baju online dengan modal kecil yang satu ini yaitu dengan menemukan supplier atau reseller yang cocok. Riset harga supplier sangat penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan barang berkualitas tinggi dengan harga murah.

Tips Memilih Supplier Bagi Para Penjual Online

Kecocokan supplier dan reseller bukan hanya masalah harga. Ada beberapa point dalam memilih reseller yang tepat untuk tercapainya keberhasilan bisnis baju online milik Anda. Di antaranya adalah:

  • Harga barang dari supplier merupakan harga barang termurah dengan kualitas bagus. Hal ini agar Anda bisa menjual dengan harga murah dan masih mendapatkan banyak laba.
  • Pilihlah supplier yang mempunyai produk berkualitas tinggi, barang asli (original), dan selalu menggunakan foto produk asli (real pict).
  • Terjalinnya komunikasi terbuka untuk memperlancar bisnis baju online dengan modal kecil yang sedang Anda geluti.
  • Supplier yang Anda pilih usahakan yang mampu merespon dengan cepat (fast respon). Hal ini sangat berguna sehingga tidak memakan waktu lama untuk bertanya stok barang ataupun komplain barang jika ada komplain dari pelanggan 


4. Gunakan Foto dengan Kualitas Bagus Agar Terkesan Profesional

Yang sedang kita bahas saat ini adalah bisnis baju online dengan modal kecil. Itu artinya semua ativitas jual beli terjadi secara online, termasuk dalam melihat sample pakaian yang akan dijual. Bayangkan jika barang yang di upload mempunyai kualitas gambar yang blur atau jelek. Lakukah kira-kira?

Jelas tidak akan laku. Oleh karena itu, bagian dari cara sukses bisnin baju online dengan modal kecil adalah dengan memilih gambar dengan kualitas bagus untuk di upload. Dengan begini, konsumen pun akan lebih tertarik dan tergerak hatinya untuk membeli.

Selain gambar, sertakan pula detail pakaian tersebut. Seperti size dan material pakaian. Jangan lupa tambahkan caption yang menarik dan bersifat menjual. Dalam hal ini ilmu copywriting juga sangat diperlukan.


5. Bekerjasama dengan Berbagai Ekspedisi atau Jasa Pengiriman Barang

Tips sukses bisnis baju online dengan modal kecil yang terakhir adalah dengan bekerjasama dengan beberapa pihak ekspedisi. Saat ini, banyak sekali jasa pengiriman barang yang bisa membantu Anda dalam mengirimkan barang dari supplier ke konsumen. Ada Tiki, JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat, dan lainnya. Masing-masing memiliki tarif tersendiri yang mereka patok.

Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil - Peluang usaha pakaian - Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil
Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil : Bekerjasama dengan Berbagai Ekspedisi atau Jasa Pengiriman Barang

Usahakan untuk bekerjasama dengan berbagai jasa pengiriman barang terkait dan jangan hanya mengandalkan satu ekspedisi saja. Mengapa? Karena konsumen biasanya mempunyai idola jasa pengiriman barang sendiri.

Selain itu, kadang konsumen juga bertanya tentang ongkos kirim pada beberapa jasa pengiriman paket. Tarif termurah dan tercepat tentulah akan menjadi pilihan para konsumen. Begitulah. Idelanya yang memilih jasa pengiriman barang adalah konsumen, bukan kita.

Jika kita melihat banyaknya para pedagang pakaian online, tidaklah heran kalau Anda mempunyai rasa psimis. Namun, peluang usaha pakaian ini terbilang masih cukup manis untuk dijalankan. Meski pesaingnya banyak, tetapi mereka tidak tahu bagaimana trik sukses bisnis baju online modal kecil, tentulah Anda tetap menjadi pemenangnya.

Penutup - Cara Sukses Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil

Itulah tadi beberapa cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil yang bisa Anda pelajari untuk membangun online shop agar banyak pembeli dan tentunya memperoleh untung yang banyak. Yang penting, pelajari teorinya, praktekkan, selalu optimis, berdoa, dan jangan ada kata menyerah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url