Untung Ruginya Ternak Kambing yang Penting Untuk Dipertimbangkan

Untung Ruginya Ternak Kambing- Jika Anda memutuskan untuk ternak kambing, hal yang perlu diperhatikan sebelum merealisasikannya adalah  memperhitungkan untung ruginya ternak kambing. Jika Anda dari awal sudah salah perhitungan, bukan untuk yang akan didapatkan, melainkan kerugian.

Untung Ruginya Ternak Kambing yang Penting Untuk Dipertimbangkan
Untung Ruginya Ternak Kambing

Pada artikel sebelumnya, Sahabat Desa Merdeka sudah kami suguhkan materi tentang Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta . Dari situ Anda bisa kembangkan untuk menganalisis untung ruginya ternak kambing yang akan Anda jalani.

Menganalisis untung ruginya ternak kambing sebelum benar-benar membeli semua peralatan ternak sangatlah penting dilakukan agar Anda tidak terjebak dengan yang namanya rugi. Bahkan berternak apapun, seperti ternak ayam, ternak bebek, ternak sapi, dan lainnya juga harus diperhitungkan.

Mungkin bagi para peternak kambing senior hal ini sudah tidak lagi sulit. Namun, untuk peternak kambing pemula, analisis untung ruginya ternak kambing harus benar-benar dihitung. Mulai dari jenis kambing yang akan diternak, modal, kandang, pakan, semuanya haruslah dihitung jelas di awal.

Baca Juga : Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen - Bebek Peking dan Hibrida Pilihannya

Untung Ruginya Ternak Kambing Dengan yang Bisa Anda Pelajari

Banyak sekali faktor yang memperngaruhi untung ruginya ternak kambing. Untuk faktor ruginya antara lain adalah faktor pemeliharaan yang kurang bagus, harga jual kambing yang rendah, kambing terserang penyakit, faktor cuaca, sampai faktor rugi jual akibat kebutuhan uang yang mendesak.

Sementara untuk faktor dari keuntungan ternak kambing adalah karena pemeliharaaan kambing yang bagus, harga yang melambung tinggi, cuaca yang baik, dan menjual dengan tepat sasaran. Seperti saat hari raya qurban atau bekerjasama dengan perusahaan aqiqah.


Berikut Untung Ruginya Ternak Kambing Dengan Analisis Modal Bagi Pemula

Setelah membahas faktor yang mempengaruhi untung ruginya ternak kambing, mari kita bahas faktor utamanya, yaitu analisis modal.

Seberapapun baiknya Anda memelihara kambing jika modal tipis pasti Anda tidak bisa membeli kambing dengan kualitas baik untuk diternak. Nah, dari situlah mari kita kalkulasikan untung ruginya ternak kambing berdasarkan modal yang nantinya akan berpengaruh pada hasil jual kambing tersebut.

- Modal Ternak Kambing Pemula

Hal yang utama dalam memulai usaha ternak kambing adalah tempat atau lahan. Di sini kami anggap Anda Sahabat Sawah sudah punya lahan sendiri dan bukan hasil dari sewa. Setelah lahan sudah ada, tentu ternak kambing butuh kandang. 

Setelah kandang, baru pikirkan berapa ekor kambing yang akan dipelihara. Katakanlah untuk pebisnis pemula ambil 10 ekor anakan kambing saja dan rencananya akan dipelihara dalam 9 bulan untuk produksi dan penggemukan.

Berikut Untung Ruginya Ternak Kambing Dengan Analisis Modal Bagi Pemula
 Untung Ruginya Ternak Kambing Dengan Analisis Modal Bagi Pemula

Hitungan kasarnya kita buat harga 3 juta untuk biaya kandang plus peralatannya. Dan untuk modal 10 ekor kambing anakan kita ambil harga rata-rata yaitu 5 juta.

Sekarang masalah pakan. Beberapa petani sangat mudah untuk mendapatkan rumput hijau, tapi itu tidak selamanya. Maka dari itu untuk menghitung untung ruginya ternak kambing, kami menganggap pakan kambing adalah hasil beli, bukan ngarit.

Kita hitung saja untuk pakan kambing jenis rumput sampai legume memakai harga 60 ribu dengan lama pemeliharaan selama 9 bulan (60rb x 9 bulan = 540 ribu). Maka diperoleh total harga pakan 540 ribu selama 9 bulan.

Memelihara kambing tidak cukup hanya dengan pakan rumput. Anda juga perlu menambahkan makanan dengan konsentrat dengan analisa harga per bulan 120.000. Untuk sembilan bulan cukup kalikan sembilan maka diperoleh nilai 1.080.000. 

Bisa ditarik kesimpulan total analisis modal ternak kambing 10 ekor adalah sekitar 10 juta dengan rincian sebagai berikut:

Kandang kambing =  3.000.000

10 ekor kambing   =  5.000.000

Pakan kambing     =     540.000

Konsentrat            =  1.080.000

Total                      = 9.620.000

Hitungan di atas adalah analisa ternak kambing modal 10 juta. Setelah mengetahui modal yang cukup bessar, kira-kira berapa keuntungan dari ternak kambing ini?

Baca Juga :

- Analisa Keuntungan Ternak Kambing Modal 10 Juta

Jika Anda ingin untung dalam ternak kambing dalam hitungan di atas dengan modal 10 juta (9.620.000 lebih tepatnya) dengan waktu pemeliharaan 9 bulan maka Anda harus bisa menjual kambing di kisaran harga 1 juta 500 ribu. Yang jika dikalikan denga 10 ekor kambing sama dengan 15.000.0000.

Untung Ruginya Ternak Kambing - Keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah harga jual dikurangi modal, artinya 15.000.000 - 9.620.000 = 5.380.000. Dari situ sudah sangat jelas keuntungannya. Belum lagi jika Anda bisa mendapatkan rumput secara gratis, tentu keuntungan juga akan bertambah.


- Analisa Kerugian Ternak Kambing Modal 10 Juta

Sebagai peternak, kita tidak bisa selalu untuk. Kadang juga rugi yang kita dapatkan. Begitu juga dengan ternak kambing. Jika di atas adalah perincian analisa keuntungan ternak kambing, di sini kita akan hitung perbandingannya perinian usaha ternak kambing bisa sampai merugi.

10 ekor kambing                   = Rp. 5.000.000

Kandang dan peralatannya    = Rp  3.000.000

Pakan hijauan                        = Rp.    600.000 (Per bulan).

Pakan konsentrat                   = Rp.    120.000 (Per bulan).

Upah tenaga kerja                  = Rp.    600.000 (Per bulan).

Total modal bulan pertama = Rp. 8.780.000


Dalam rincian perhitungan di atas dapat kita lihat total pengeluaran modal ternak kambing di bulan pertama = Rp. 8.780.000. Itu untuk satu bulan pertama. Untuk total pengeluaran 8 bulan berikutnya adalah sebagai berikut.

Pakan hijauan          = Rp60 ribu x 8 bulan                  = Rp.    480.000

Pakan konsentrat     = Rp120 ribu x 8 bulan                 = Rp.    960.000

Upah tenaga kerja   = Rp600 ribu x 8 bulan                  = Rp. 4.800.000

Total modal usaha ternak kambing selama 8 bulan = Rp. 6.240.000


Total pengeluaran modal usaha ternak kambing selama 9 bulan = Rp8.780.000 (Bulan pertama) + Rp6240.000 (8 bulan selanjutnya) = Rp15.020.000

Apabila saat itu harga jual ternak kambing dengan umur 9 bulan diasumsikan Rp1.500.000 berarti dapat dihitung pendapatan dari penjualan 10 kambing adalah 10 ekor x Rp1.500.000 = Rp.15.000.000

Kita bandingkan dengan modalnya. Jika dilihat dari modal usaha ternak kambing dengan penambahan upah kerja orang yang Anda sewa selama 9 bulan, yang dikeluarkan adalah Rp15.020.000 dan harga jual pendapatan dari 10 ekor kambing sebesar Rp15 juta.

Harga jual 10 kambing   = 15.000.000

Modal yang dikeluarkan = 15.020.000

Total                                =     -20.000


Untung Ruginya Ternak Kambing - Dapat kita lihat sendiri jika metode perhitungan usaha ternak kambing yang seperti ini mengalami kerugian sebesar Rp20 ribu. Itu belum dengan biaya yang dikeluarkan untuk obat ketika kambing sakit..

Itulah sedikit coretan untung ruginya ternak kambing. Jika ingin ternak kambing dengan persentase keuntungannya lebih tinggi, bisa disiasati dengan menanam rumput atau daun hijau sendiri di sawah atau ladang Anda. Itu akan menghemat biaya pakan.

Juga tentang pemeliharaan kambing. Jika Anda mampu untuk memeliharanya sendiri, Anda akan menghemat biaya upah pekerja untuk kambing Anda. Satu lagi, sebisa mungkin cari harga yang mahal untuk kambing Anda. -- Untung Ruginya Ternak Kambing yang Penting Untuk Dipertimbangkan -- Desa Merdeka

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url