Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler

Kandang Ayam Close House - Tidak dipungkiri, pengaplikasian kandang ayam close house ini memang lebih mahal dari kandang ayam ala kadarnya. Namun, sebagai peternak sejati, Anda harus berpikir untuk jangka panjangnya. 

Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler
Kandang Ayam Close House

Tentu saja biaya pembuatan kandang close house ayam pedaging yang mahal ini akan menghasilkan kualitas ayam yang lebih bagus. Ayam akan tetap sehat, bersih terawat dan tentu akan menghasilkan ayam yang lebih berkualitas.

Baca Juga : Kandang Ayam Baja Ringan Sederhana Serta Biaya Kandang Ayam Baja Ringan

Estimasi Biaya Pembuatan Kandang Ayam Closed House Untuk Ayam Broiler Berkapasitas 1000 sampai 10.000 Ekor

Berapa biaya pembuatan kandang close house ayam pedaging? Ayam yang tinggal di kandang ayam close house perkembangan dan pertumbuhannya dipastikan lebih terjamin daripada di kandang biasa. 

Hal ini akan membuat ayam broiler bisa dipanen secara maksimal dan memberi keuntungan yang maksimal juga.

Mengapa Kandang Ayam Close House Bisa Lebih Mahal dari Kandang Ayam Biasa?

Dalam pembuatan kandang ayam close house, diperlukan tambahan pengeluaran untuk membeli sistem teknologi yang mendukung kandang ayam close house ini. Sesuai dengan namanya, kandang ayam ini serba tertutup. 

Oleh sebab itu perlu bantuan tambahan teknologi untuk mengatur suhu di ruangan (kandang). Kandang ayam close house memerlukan kipas atau blower sebagai pembantu pertukaran oksigen. Tidak heran jika kandang ayam close house ini memang lebih tinggi dari kandang-kandang terbuka pada umumnya. 


Alat dan Bahan untuk Membuat Kandang Ayam Close House Pada Ayam Broiler

Setelah berangan-angan tentang mengapa kandang ayam close house ini perlu biaya yang tidak sedikit, mari kita selidiki apa saja alat dan bahan bahannya untuk menentukan perkiraan biaya pembuatan kandang close house ayam pedaging.

1. Cooling Pad untuk Kandang Ayam Close House

Alat lain yang digunakan dalam pembuatan kandang ayam close house adalah Cooling Pad. Cooling Pad berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk agar benar-benar terjamin kebersihannya.

Cooling Pad juga bermanfaat untuk memanipulasi suhu udara yang masuk dalam kandang. Apabila suhu di luar terlalu panas, Cooling Pad dapat menurunkannya agar tetap sesuai dengan yang diperlukan. 

Berapa harga Cooling Pad? Cooling pad dijual per buah dengan kisaran harga Rp 492.527 – Rp 592.427. Cooling pad ini ukurannya bisa dibilang kecil, jadi untuk satu kandang ayam close house pasti akan banyak memerlukan Cooling Pad.


2. Kandang Ayam Close House Butuh Heater

Lain halnya dengan cooling pad, heater ini fungsinya kebalikan dari cooling pad. Jika Cooling Pad berfungsi menurunkan suhu udara yang berasal dari luar, Heater ini malah berfungsi untuk menaikan suhu apabila temperatur udara dari luar terlalu dingin.

Harga dan jenis Heater yang digunakan dalam pembuatan kandang ayam close house cukup beragam. Anda bisa menemuinya mulai dari Rp1.000.000 an hingga Rp12.000.000 an.


3. Kipas atau Fan Pada Kandang Ayam Close House

Kipas atau Fan merupakan alat yang penting saat Anda memutuskan untuk membuat kandang close house. Karena kipas atau fan ini digunakan untuk memanipulasi udara di dalam kandang. Anda bisa memakai kipas yang biasanya para peternak pakai yaitu jenis Exhaust Fan dan Blowing Fan.

Alat dan Bahan untuk Membuat Kandang Ayam Close House Pada Ayam Broiler
Kipas atau Fan Pada Kandang Ayam Close House

Harga satu buah kipas Exhaust Fan maupun Blowing Fan dibandrol dengan harga Rp3.794.000 – Rp5.950.000. Sedangkan untuk membuat satu kandang closed house Anda akan membutuhkan beberapa buah Exhaust Fan dan Blowing Fan. 

Dari sini sudah bisa kita lihat jika biaya pembuatan kandang ayam close house menjadi lebih mahal.  Salah satunya ya karena alat ini.


4. Kandang Ayam Close House Membutuhkan Controller

Di antara alat terpenting dari pembuatan kandang ayam close house untuk ayam broiler adalah controller. Controller inilah yang nantinya akan mengendalikan semua sistem kerja dari kandang ayam close house untuk ayam broiler.

Controller juga berfungsi untuk mengatur hidup matinya Exhaust Fan, Blowing Fan, Cooling Pad, Heater dan sistem lainnya yang memerlukan daya listrik.

Dengan demikian, sistem kandang menjadi lebih bisa dikendalikan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, Controller menjadi alat otomasi yang paling penting untuk kandang ayam close house. Harga Controller kandang ayam close house sendiri dibandrol sekitar Rp7.950.000 an.


5. Genset Termasuk Bahan Terpenting Kandang Ayam Close House

Penggunaan genset juga sangat penting untuk menjadi bahan dari kandang ayam close house. Genset ini nantinya digunakan sebagai sumber daya listrik. Mengingat sistem kandang ayam close house ini tidak bisa berjalan tanpa listrik, adanya genset tentu selalu menjadi point utama.

Genset Termasuk Bahan Terpenting Kandang Ayam Close House

Untuk harga genset sendiri bermacam-macam. Agar Anda tidak bingung, Anda bisa memakai genset 150 kVA Rp150.000.000 dan genset 80 kVA Rp80.000.000 sebagai rekomendasi kami.


6. Kandang Ayam Close House Memakai Baja Ringan

Salah satu bahan pembuat kandang ayam Close house adalah baja ringan. Baja ringan dimanfaatkan sebagai konstruksi bagian atas pada kandang ayam.

Pemilihan baja ringan bertujuan supaya rangka bagian atas kandang tidak mudah dimakan rayap. Dengan begitu, kandang ayam close house Anda akan dapat bertahan lama.

Sifat tahan lama haruslah menjadi bahan pertimbangan dalam membuat kandang ayam close house. Maka dari itu, gunakanlah bahan dengan kualitas yang bagus agar bisa awet. Untuk harga baja ringan sendiri biasanya Rp35.000 – Rp120.000 per batang, dengan panjang 6 meter dan tebal 0.75 mm.


7. Beton untuk Pondasi Kandang Ayam Close House

Beton adalah pondasi untuk berdirinya kandang ayam closed house. Beton harus benar-benar kuat, karena harus bisa menyokong konstruksi kandang agar tetap berdiri kokoh. Harga beton berada di kisaran Rp700.000 – Rp1.675.000 per m³.

Baca Juga :

8. Kandang Ayam Close House Membutuhkan Genteng Sebagai Atap

Fungsi genteng di sini adalah sebagai atap kandang ayam broiler closed house. Pada dasarnya bagian atap ini dapat menggunakan logam ringan, asbes maupun genteng. Akan tetapi, agar suhu dalam kandang lebih stabil, genteng tanah adalah pilihan terbaik daripada logam ringan dan asbes.

Jika Anda menggunakan logam ringan dan asbes, pasti akan terasa sangat panas di siang hari. Hal ini bisa memicu kandang ayam yang akan terasa panas juga.

Lain ceritanya jika Anda memakai genteng tanah liat untuk atap kandang ayam close house. Harga dari  genteng tanah liat pun berbeda-beda, berkisar antara Rp1.000 – Rp5.000 per buah.


9. Kayu atau Bambu

Penggunaan kayu dalam pembuatan kandang ayam broiler close housedigunakan untuk tiang penyanggah. Sedangkan bambu digunakan untuk bagian samping.

Jika Anda tidak menggunakan baja ringan sebagau atap kandang ayam close house, bilah bambu bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi alternatif penggantinya. Lumayan untuk  menghemat anggaran biaya.

Di setiap daerah, harga bambu dan kayu pastilah tidak sama. Namun, selisihnya pun tidak akan jauh berbeda. Bambu ampel dengan panjang 7 meter kisaran Rp15.000 – Rp20.000. Sedangkan harga kayu tergantung jenisnya.


10. Tirai Untuk Membuka Kandang Jika Listrik Padam

Fungsi dari tirai adalah untuk menutupi kandang ayam broiler closed house di bagian samping atau dinding. Anda bisa menggunakan terpal yang ukurannya lebar sebagai tirai. Sehingga kandang aayam close house akan benar-benar dalam keadaan tertutup.

Tirai ini untuk berjaga jaga saat sistem listrik kandang ayam close house padam dan semua komponen tidak bisa bekerja. Keadaan seperti ini akan sangat berbahaya buat ayam Anda karena tidak ada pertukaran udara sama sekali.

Dengan tirai ini Anda bisa membukanya jika listrik mati dan sirkulasi udara akan tetap aman dan kembali lancar.  Untuk harga terpal per meter sendiri ditaksir Rp5.000 – Rp22.750. Harga pasti tidak sama untuk setiap jenis bahan dan lokasi pembeliannya.

Itulah tadi beberapa alat dan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kandang ayam close house pada ayam broiler. Sebenarnya masih banyak bahan-bahan kecil lain yang tidak kami ikut sertakan di sini, seperti paku, sekrup, lem, dan lainnya.


Taksiran Biaya Pembuatan Kandang Ayam Close House Secara Keseluruhan

Anda pasti bertanya berapa taksiran biaya pembuatan kandang ayam close house secara keseluruhan, bukan? Untuk menjawab pertanyaan Anda, tentu terlebih dahulu harus menyesuaikan dengan kapasitas yang akan ditampung oleh kandang. Untuk ukuran idealnya yaitu 8 ekor/m².


Estimasi Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House Satuan Ekor

Sekarang, mari kita coba hitung berapa estimasi biaya kandang ayam close house untuk ayam broiler dengan perbandingan sekian ekor ayam.

- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House 1000 Ekor

Ukuran ideal kandang untuk kapasitas 1000 ekor yaitu 25 m x 5 m. Dengan acuan bahwa biaya pembuatan kandang untuk kapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000. Maka dapat diketahui estimasi biaya pembuatan kandang ayam potong kapasitas 1000 ekor sekitar Rp 47.800.000.


- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House 2000 Ekor

Ukuran ideal kandang untuk kapasitas 2000 ekor yaitu 50 m x 5 m. Dengan acuan bahwa biaya pembuatan kandang untuk kapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000. Maka dapat diketahui estimasi biaya kandang ayam close house untuk 2000 ekor ayam broiler sekitar Rp 95.600.000.


- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Closed House 3000 Ekor

Ukuran kandang ayam close house untuk kapasitas 3000 ekor ayam broiler yaitu 75 m x 5 m. Dengan acuan  biaya pembuatan kandang ayam close house untuk kapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000. Maka dapat diketahui estimasi biaya untuk 3000 ekor adalag sekitar Rp 143.400.000.


- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House  4000 Ekor

Ukuran kandang ayam close house untuk kapasitas 4000 ekor yaitu 100 m x 5 m. Dengan mengacu pada biaya pembuatan kandang untuk kapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000. Dapat kita ketahui estimasi biaya untuk 4000 ekor sekitar Rp 192.200.000.


- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Closed House 5000 Ekor

Untuk ukuran kandang berkapasitas 5000 ekor yaitu 125 m x 5 m. Dengan mengacu pada biaya pembuatan kandang ayam close house berkapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000. Maka dapat diketahui estimasi biaya kandang close house 5000 ekor sekitar Rp 239.000.000.


- Perkiraan Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House 10.000 Ekor

Ukuran kandang ayam closed house pada ayam broiler dengan kapasitas 10.000 ekor yaitu 250 m x 5 m. Dengan acuan biaya pembuatan kandang dengan kapasitas 40.000 ekor adalah Rp1.912.000.000, maka dapat diketahui estimasi biaya kandang close house 10.000 ekor Rp 478.000.000.

Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler

Itulah tadi sedikit info tentang estimasi biaya pembuatan kandang ayam close house untuk ayam broiler. Memang terlihat sangat mahal, akan tetapi kandang ini justru akan membuat ayam-ayam menjadi sehat dan berkualitas.

Kekuatan dari kandang ayam close house di sini adalah terletak pada listrik, meski tidak bisa dipungkiri jika bahan-bahan lain juga sangat penting dalam membatu proses jalannya sistem kandang ini. 

Jika Anda semua punya cara bagaimana cara menghemat listrik dalam mengaplikasikan kandang ayam close house ini, silakan share di kolom komentar. -- Estimasi Biaya Kandang Ayam Close House untuk Ayam Broiler -- 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url