Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen - Bebek Peking dan Hibrida Pilihannya

 

Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen - Bebek Peking dan Hibrida Pilihannya
Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen - Bisnis ternak unggas yang cepat panen (setidaknya dalam waktu 40 hari) selain ayam broiler adalah ternak bebek pedaging, adalah ternak bebek pedaging. Apalagi kalau bebek peking dan hibridanya.

Untuk Anda yang ingin menambah ternakan di sawah atau ladang dan ingin cepat merasakan hasilnya, ternak bebek pedaging 40 hari panen ini bisa menjadi satu solusi buat Anda. Dikarenakan ternak bebek ini bisa dipanen dalam waktu singkat, skala usaha pun bisa diatur dengan panen yang dekat.

Baca Juga : Cara Memulai Ternak Kambing Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Alasan Memilih Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Kecepatan panen antara ayam broiler dan bebek atau itik pedaging ini kurang lebih sama. Yang membedakannya adalah masalah kandang. Pada kandang ayam broiler harus didesain lebih khusus dan rumit ketimbang ternak bebek pedaging 40 hari panen ini.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada modal awal ternak unggas yang secara tidak langsung juga mempengaruhi keuntungan yang dihasilkan dari ternak bebek pedaging 40 hari panen dan ternak ayam pedaging.

Di samping masalah kandang yang khusus, makanan kedua unggas ini pun menjadi pertimbangan sendiri dalam memilih beternak ayam atau bebek (itik). Ayam pedaging cenderung pilih-pilih makanan, alias butuh pakan dengan racikan khusus agar bisa meningkatkan berat badan ayam.

Dibanding dengan ayam broiler, pakan ternak bebek pedaging 40 hari panen ini cenderung beragam. Itik pedaging tidak pilih-pilih makanan. Pencernaannya pun tergolong kuat dan tidak sesensitif unggas lainnya.

jadi, dalam ternak bebek 40 hari panen ini Anda tidak memerlukan modal terlalu besar untuk membeli pakan unggas pabrikan. Anda bisa membuat sendiri pakan itik sebagai alternatif pakan pengganti atau tambahan pakan pabrikan. Tentu hal ini juga akan menambah jumlah keuntungan dalam ternak itik ini.

Baca Juga :

Dengan singkatnnya masa pemeliharaan, yaitu ternak bebek pedaging 40 hari panen, kita bisa mengupayakan penuh untuk mendapatkan penghasilan bulanan yang lumayan. Anda bisa merancang bagaimana strategi perencanaan atau prospek dalam beternak itik pedaging ini.

Misalnya Anda membuat 2 kandang untuk pembesaran bebek pedaging dan DOD (Day Old Duck) atau bibit bebek datang di waktu yang berbeda. Katakan saja jarak masuk DOD ke kandang selisih 20 hari antara dua kandang tersebut.

Dari situ dapat dilihat Anda akan bisa menikmati gaji bulanan dari setiap penjualan ternak bebek pedaging 40 hari panen, dengan catatan jika semua berjalan lancar.

Setelah bebek pedaging kloter satu sudah panen, Anda bisa kembali mengisi kandang penggemukan tadi dengan membeli DOD yang baru. begitu seterusnya.


Menentukan Jenis Itik dalam Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Namun, dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen ini ada beberapa yang mempengaruhi performa dalam penggemukannya, yaitu ketika menentukan jenis itik pedangin yang akan Anda tanam. Apa saja jenis itik pedaging tersebut? Simak keterangannya di bawah ini.

Memilih Jenis Bebek Pedaging Unggul

Bebek di Indonesia memiliki banyak jenis. Uniknya, nama bebek bebek tersebut kebanyakan mengandung unsur lokal. Misalnya; itik alabio, itik bali, itik cirebon, itik tasikmalaya, itik tangerang, itik magelang, itik tegal, itik mojosari, itik medan, itik lombok.

Selain itu ada itik porse dari Sumatera Utara, dan itik begagan dari Sumatera Selatan, itik peking, itik tiktok atau Epmp atau itik serati. Itu belum jenis itik hibrida lain seperti CV 2000-INA, itik BPT-AK, itik BPT-KA, itik BPT-KAT, dan itik BPT-AT.

Perlu Anda ketahui, jenis itik yang begitu banyak tadi tidak semuanya cocok atau bagus untuk dijadikan sebagai ternak bebek pedaging 40 hari panen. Ke semuanya punya keunggulan tersendiri.

Ada yang unggul atau cocok sebagai itik pedaging, ada juga cocok sebagai itik petelur. Bahkan ada juga yang hanya bisa menjadi itik hias atau itik ornamental saja.


Menentukan Target Bobot Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Nah, dalam ternak bebek 40 hari panen itu yang paling cocok adalah bebek peking. Namun, jika bebek bebek tersebut dijual, tetap saja berat atau bobot itiklah yang mempengaruhi harga jual. 

Jika Anda menargetkan bobot panen dalam 4o hari tadi adalah 1 kg ke bawah, berarti rata-rata bebek jantan tersebut bisa mengejar target minimal.

Untuk lengkapnya, berikut adalah tabel data pertumbuhan bobot bebek yang bisa Anda pelajari

Alasan Memilih Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen
Menentukan Target Bobot Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Untuk langkah-langkah ternak bebek pedaging 40 hari panen di sini mungkin agak sedikit berbeda. Kami selalu menyarankan dalam beternak apapun, yang perlu diperhatikan lebih awal adalah tentang bagaimana penjualannya.

Rasanya percuma jika kita lebih awal bergelut dengan memikirkan cara mengatasi penyakit, resiko ternak bebek, pembuatan kandang, pakan, dan yang lainnya namun mengabaikan strategi penjualan. Setelah bebek panen baru kita kebingungan bagaimana cara menjual bebek-bebek tersebut.

Itulah pentingnya strategi marketing dan riset pasar. Tentu Anda tidak mau ternak bebek pedaging 40 hari panen yang Anda geluti ternyata tidak laku setelah panen.

Tetaplah jadikan penjualan sebagai tujuan utama. Karena tidak mungkin semua bebek tersebut hanya menjadi konsumsi pribadi setelah masa panen tiba.

Dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen kita sendiri yang membiayai semua kelengkapan ternak. Semua itu tidak akan mendapatkan keuntungkan atau bahkan balik modal jika Anda tidak bisa menjualnya.


Bagaimana Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen dengan Hasil Memuaskan?

Berikut adalah hal-hal atau tips agar ternak bebek pedaging 40 hari panen yang Anda geluti bisa menghasilkan untung yang lumayan besar dan bisa menyokong uang bulanan Anda.

1. Pastikan Penjualan Bebek Pedaging Sudah Jelas

Seperti yang sudah kita bahas di atas, langkah awal dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen adalah dengan memastikan penjualan bebek. Ini adalah tentang siapa yang nantinya akan mengambil bebek saat panen atau dijual ke mana bebek-bebek siap panen tersebut.

Untuk membermudah penjualan bebek pedaging 40 hari panen ini, Anda bisa menanyakan bagaimana penjualannya kepada peternak bebek yang sudah lama menggeluti usaha ini. Setelah itu, survey hasil info tersebut. Jika sistem dan harga jualnya sudah cocok, baru ikuti langkah selanjutnya.

Mengapa demikian? Karena banyak sekali penjual DOD yang mengaku mau membeli hasil panennya, akan tetapi faktanya mereka seenak sendiri dalam menentukan harga bebek siap panen, sedangkan kita tidak memikirkan penjualan bebek dari awal sebagai alternatif penjualan dari para penjual DOD.

Akibatnya tentu kita akan mengalami kerugian, baik dari segi hasil, modal, dan juga tenaga. Jika Anda tidak mau susah dalam memikirkan bagaimana nanti penjualan ternak bebek pedaging 40 hari penen ini, cara yang cukup aman adalah dengan ikut kemitraan.

Bebek sudah pasti terjual dengan harga yang manusiawi meski kita tidak bisa menentukan berapa harga dan keuntungan penjualan bebek pedaging tersebut.


2. Memilih atau Menentukan Jenis DOD yang Baik dan Berkualitas dalam Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Tidak hanya berpegang pada DOD yang layak untuk dibesarkan. DoD yang baik juga harus memiliki kualitas genetik dan prestasi yang baik dari breedernya.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen dengan Hasil Memuaskan?
Menentukan Jenis DOD yang Baik dan Berkualitas dalam Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Ciri Ciri DOD yang Baik untuk Bibit Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

  • Bobot DOD di kisaran 40 gram per ekor. Jika DOD peking, berkiras 60 gram per ekor
  • DOD bergerah lincah dan aktif.
  • Nafsu makan tinggi dan tubuhnya tegap.
  • Tidak terlihat sakit atau bebas dari penyakit.
  • Kaki kokoh serta tidak pincang.
  • Memiliki mata jernih, sehat, dan bersinar,
  • Mempunyai bulu yang kering dan bersih.


Jenis DOD yang Baik untuk Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Jenis DOD yang baik untuk dijadikan ternak bebek pedaging 40 hari panen adalah jenis bebek peking atau hibridanya. Hibridanya merupakan persilangan antara itik peking dengan itik magelang, mojosari, alabio, magelang, atau itik-itik lainnya.

Untuk harga, tentu bebek peking jauh lebih mahal dari jenis bebek lainnya. Per box dari DOD peking ini dibandrol dengan harga 850 ribu sampai 900 ribu dengan isi 100 ekor DOD peking. Sedangkan untuk DOD hibrida, harganya sekitar 750 ribu per box dengan isi yang sama.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen dengan Hasil Memuaskan?
Jenis DOD yang Baik untuk Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Bagaimana jika kita tidak memilih bebek peking atau hibrida untuk ternak bebek pedaging 40 hari panen? Bisa, akan tetapi sangat sulit, apalagi jika harus menargetkan bobot 1 kg dalam waktu 40 hari. Selain kedua bebek ini, sangat sulit untuk mencapai target tersebut. 

Mungkin dari sebagian DOD ada yang bisa mencapai targek 1kg per 40 hari. Lalu bagaimana nasib bebek yang memenuhi target bobot 1kg? Tentu kita harus merawatnya lagi, memberi makan lagi, dan itu memerlukan biaya tambahan lagi.

Jadi sebaiknya pilihlah jenis DOD yang memang sudah diperuntukkan khusus untuk ternak bebek pedaging 40 hari panen, yaitu bebek peking atau hibridanya.


3. Menyiapkan Kandang dan Perlengkapannya

Setelah Anda tahu bagaimana menjual hasil panen bebek dan memilih jenis DOD yang pantas untuk ternak bebek pedaging 40 hari panen, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kandang dang segala perlengkapannya.Anda bisa menyiapkan ini sebelum Anda membeli DOD.

Menyiapkan kadang dan perlengkapannya bisa berupa menyiapkan tempat makan dan minum DOD, kandang untuk brooder, dan juga kandang pembesaran.

Jangan lupa pula untuk mempersiapkan lampu, pemberian vit dan obat-obatan, serta memberi DOD minuman berupa larutan gula agar itik-itik kecil ini tidak stres akibat perjalanan dalam pengiriman.


4. Mempersiapkan Pakan Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Untuk pakan dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen ini yang paling utama Anda perhatikan adalah saat-saat masa starter. Masa ini adalah masa yang paling penting dari fase selanjutnya. Hal ini dikarenakan pertumbuhan itik akan lebih maksimal dan tinggi pada fase ini.

Bebek Peking Memerlukan Perlakuan Khusus Mengenai Makanan

Itik peking ini agak beda dari ituk-itik lainnya dalam segi makanan. Itik peking memerlukan nutrisi lebih banyak dari jenis itik yang lain.

Jika kualitas genetik bebek ini masih bagus, dalam umur 7 minggu bebek ini bisa mencapai bobot 2,1 kg per ekor. Ini artinya dalam 40 hari bebek peking bisa memenui target lebih dari 1 kg atau 1,5 kg per ekor.

Hal itu terjadi hanya jika pakan bebek yang Anda berikan sesuai dengan tiap fase pertumbuhan ternak bebek pedaging 40 hari panen. Jika tidak, ya hasilnya tidak begitu memuaskan. Bahkan bebek bebek ini pun akan mengalami ketidakseragaman dalam pertumbuhan.


Bebek Peking Gagal Memenuhi Target Bobot Panen

Mempersiapkan Pakan Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Dalam uji coba ternak bebek pedaging 40 hari panen yang diberi makan seperti tabel di atas hasilnya tidak terlalu memuaskan. Bebek yang dipelihara 8 minggu hanya berbobot 1,8 kg per ekor dan paling rendah 1,4 kg per ekor.

Ini terjadi karena kandungan protein kasar yang diberikan pada bebek masih di bawah kisaran yang seharusnya. Dalam artian kadar protein kasar kurang tinggi.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel pertumbuhan bebek peking yang bisa menjadi patokan dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen di bawah ini.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen dengan Hasil Memuaskan?
Tabel Pertumbuhan Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Sedangkan untuk rekomendasi kandungan nutrisi pada ternak bebek pedaging 40 hari panen adalah seperti di bawah ini:

Bagaimana Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen dengan Hasil Memuaskan?
rekomendasi kandungan nutrisi pada ternak bebek pedaging 40 hari panen

Jika DOD Peking yang kita beli berkualitas bagus, target bobot 1 kg per ekor dalam 40 hari bisa dipastikan akan berhasul, bahkan tidak sampai 40 hari. Dari tabel tersebut kita juga tahu berapa banyak pakan yang dihabiskan.

Untuk analisa uangnya, tinggal tentukan berapa harga jualnya. Biasanya penjualan ternak bebek pedaging 40 hai panen ini adalah per ekor, bukan per kg. Bobot hanya sebagai target saja, yag penting tidak di bawah target.

Setelah mengetahui berapa banyak pakan yang dihabiskan, sekarang kalikan harga pakan per kilo dengan jumlah pakan kemudian ditambah harga DOD. Hitung saja, kira-kira masuk atau tidak.


Analisa Pakan dalam Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen Memakai Bebek Hibrida (peking x mojosari) PMp

Selain bebek peking, alternatif lain dalam ternak bebek pedaging 40 hari panen adalah dengan ternak bebek hibrida ((Hasil persilangan bebek peking dengan bebek lain). Dalam umur 44 hari, bebek hibrida bisa mencapai bobot 800-950 gram. Jika target panen hanya 800 gram, maka bebek ini sudah memenuhi target. Bobot tersebut dihasilkan melalui pakan alternatif (Bukan pakan khusus bebek pedaging). Jika saja pakan yang dipakai adalah pakan pabrikan, pasti bobotnya akan lebih tinggi lagi. 


Pakan untuk Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Saat masa starter starter, kalau ingin menargetkan 40 hari sudah panen, berarti pakan yang diberikan harus pakan pabrik. Anda bisa memakai pakan ayam broiler yang mempunyai kandungan nutrisi cukup tinggi.

Selain pakan Pabrikan, Anda dapat membuat pakan sendiri dari konsentrat bebek, phokpand 144, dan menambahnya dengan dedak bertekstur halus. Untuk kandungan protein kasar dalam konsentrat 144 adalah sekitar 37% – 39%. Anggap saja nilainya ditengah – tengah, 38%.

Selain itu gunakan dedak padi halus. Kandungan protein kasar dari dedak padi halus berkisar 9,5%. Untuk nilai nutrisi lengkap pada dedak padi dapat Anda lihat di fermentasi dedak padi.

Pakan untuk Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen
Pakan untuk Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Contohnya kita akan membuat ransum 10 kg dengan protein kasar ransum 22%. Anda bisa memakai konsentrat 5 kg dan dedak 5 kg, dari bahan tadi diperoleh ransum dengan protein kasar 23,75.

Ransum tersebut digunakan untuk bebek fase grower. Kalau untuk starter, komposisi tersebut kurang sesuai. Dedak terlalu banyak dan serat kasarnya terlalu tinggi. Kalau dedaknya ingin difermentasi, kualitasnya bisa lebih baik.

Baca Juga: Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

Sekarang kita hitung harganya. Harga eceran konsentrat Phokpand 144 antara 9000 – 10000 per kg. Sedangkan dedak padi kualitas baik berkisar 3500 per kg.

Biaya untuk membuat pakan sebanyak 10 kg dengan jumlah konsentrat (5 kg) dan dedak padi halus (5 kg) adalah 67.500 rupiah. Ini artinya harga per kilonya hanya 6.750. Ini hanya contoh saja.

Setelah melewati fase grower, tibalah untuk memulai pengenalan pakan alternatif. Contohnya seperti keong mas.

Keong mas dalam ransum sebanyak 15%, dapat memberi pertumbuhan yang baik untuk bebek pedaging. Hanya saja keong mas ini perlu direbus dulu. Jika tidak direbus, ada zat yang dapat membuat bebek Anda keracunan.

Itulah tadi cara ternak bebek pedaging 40 hari yang bisa Anda jadikan acuan dalam ternak bebek. Mulai dari pemilihan jenis bebek sampai pada pakan bebek pedaging dari fase ke fase. Semoga bisa dipaham dan bermanfaat. -- Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen - Bisa Gajian Tiap Bulan --


Daftar Istilah:

DOC : Day Old Duck atau istilah lain dari bibit bebek / anakan bebek.

Ransum : Jenis pakan ternak yang diberikan pada hewan ternak untuk stok sehari semalam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url