Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 - Beternak hewan seperti kambing, domba dan sapi masih sering dilirik bagi sebagian pelaku usaha. Tetapi sayang, budidaya hewan ternak tersebut masih dirasakan kurang berkembang secara baik.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Hal tersebut dikarenakan kurang ada bimbingan tentang pemberian pakan dengan tehnik yang bagus dan benar agar dapat memperoleh hasil kambing yang gendut, sehat dan berkualitas. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 (red).

Biasanya, pemberian pakan ternak kambing cuman dilaksanakan dengan konservatif. Akibatnya, keuntungan yang didapatkan menjadi sedikit dan hanya bisa dijalankan dalam periode waktu sekian tahun saja terhitung sejak mengawali ternak kambing. 

Ada beberapa cara untuk memperoleh pakan kambing yang berkualitas selain dari rerumputan hijau. Yaitu dengan cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4. Em4 ialah sistem membuat pakan dengan peragian yaitu memakai prebiotik sebagai makanan ternak yang telah terbukti manfaatnya.

Baca Juga : Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk dan Sehat Meningkatkan Harga Jual Sapi

Pakan Fermentasi dengan Em4 - Solusi Pakan Ternak Sewaktu-Waktu

Em4 adalah bakteri baik yang dapat menolong proses pencernaan ternak seperti kambing. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian online atau offline. Atau bisa juga Anda bikin Em4 sendiri.

Dengan pembuatan pakan peragian atau fermentasi ini, diharapkan dapat memberi hasil produktif serta lebih memberikan keuntungan dibanding dengan pakan biasa (rerumputan).

Bukan hanya itu, cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 ini juga diharapkan peternak dapat meningkatkan omzet yang semakin tinggi sekaligus bisa menangani problem mencari pakan yang susah saat musim penghujan.

Inilah Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Penasaran bagaimana cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4? Berikut kami akan terangkan cara-cara membuat pakan kambing peragian dengan Em4 yang dapat Anda coba, utamanya untuk beberapa peternak pemula.


1. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 dengan Peragian Em4 Rumput Gajah

Pakan hijauan kambing dan hewan ternak lain yaitu rumput gajah dapat tumbuh dengan subur tergantung dari musim penghujan dalam tehnik dasar ternak kambing.

Beberapa peternak biasanya memanfaatkan musim penghujan untuk mengumpulkan banyak pakan hijauan sebanyak-banyaknya untuk stok musim kemarau.

Tetapi karena pakan hijauan ini tidak kuat disimpan dalam waktu lama, untuk itu seharusnya diproses dengan Em4 supaya bisa disimpan sampai satu tahun tanpa kurangi gizi di dalamnya.

Sebelum menginjak ke cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 ini, terlebih dahulu rumput gajah yang baru dipanen harus dikeringkan sampai kandungan air lenyap sekitar 60% supaya tidak cepat hancur.

Untuk proses pengeringan dapat dilaksanakan dengan alat pengering.  Atau bisa juga dijemur di bawah panas matahari jika tidak punya mesin pengering, sekaligus bisa hemat anggaran.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Memakai Rumput Gajah 

Bagaimana cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 menggunakan rumput gajah? Simak langkah-langkah peragiannya berikut ini:

  1. Persiapkan rumput gajah.
  2. Tambahkan 3% molase atau tetes tebu, 3% onggok atau gaplek, dedak lembut 5%, menir 3.5% dan silo atau kantong plastik. Jumlah persentasi mengikuti banyaknya rumput gajah yang dipakai.
  3. Potong potong rumput gajah, lalu campur dengan seluruh bahan yang telah dipersiapkan.
  4. Masukan kombinasi bahan ke silo dan padatkan untuk menutup rongga udara. Jangan lupa lebihkan bahan melewati permukaan silo untuk mengantisipasi penyusutan rumput gajah.
  5. Tambahkan susunan plastik. Tutup rapat dan taruh sepanjang 6 sampai 8 minggu.
  6. Angin anginkan lebih dulu sebelum diberikan pada kambing atau ternakan Anda.


2. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Jerami Padi

Jerami padi menjadi satu diantara pakan ternak seperti kambing. Jerami padi ini sebetulnya tersedia banyak di beberapa wilayah sebagai langkah menjaga kambing supaya cepat gendut.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Jerami Padi
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Jerami Padi

Tetapi sayang, juta-an ton jerami padi kerap dibuang percuma dan cuman dibakar. Padahal sebetulnya dapat dipakai sebagai pakan ternak yang mengandung protein kasar yang tinggi.

Supaya pakan ini dapat mempunyai struktur yang bagus dan lebih tahan lama, alangkah baiknya dika Anda memanfaatkan jerami padi ini dengan membuatnya sebagai pakan fermentasi Em4 untuk kambing Anda.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Jerami Padi

Bagaimana cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 menggunakan jerami padi? Simak caranya di bawah ini:

  1. Persiapkan 1 ton jerami padi. Potong-potong kecil.
  2. Sediakan molases (tetes tebu) atau pasir, suplemen organik cair, air seperlunya, terpal atau plastik dan alat penyiram air.
  3. Campur mosales atau gula pasir dengan suplemen organik cair. Selanjutnya aduk sampai rata.
  4. Semprot kombinasi itu pada jerami yang telah dipotongi sampai basah menyeluruh.
  5. Tutup dengan plastik tebal atau terbal. Ikat dengan kuat supaya udara tidak masuk.
  6. Biarkan sepanjang 12 sampai 15 hari untuk penguraian serat jerami padi.
  7. Angin anginkan lebih dulu saat sebelum diberi sebagai pakan kambing.


3. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Memakai Turi

Daun turi baik sekali dipakai untuk sumber pakan kambing pada musim kemarau ketika rumput cukup susah diketemukan. Daun turi ini umumnya diberi saat kambing memerlukan banyak zat, seperti saat kambing sedang hamil, menyusui dan cempe pada periode perkembangannya.

Seperti tipe pakan yang lain, turi pun tidak ada di setiap musim. Karena cuman dapat tumbuh subur saat musim kemarau. Supaya bisa memenuhi keperluan pakan kambing serta lebih tahan lama, karena itu pakan peragian atau fermentasi dari daun turi ini jadi langkah terbaik.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Menggunakan Daun Turi

Cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 memakai kombinasi daun turi ini cukup mudah. Anda bisa membuatnya sesuai cara di bawah ini:

  1. Potong potong daun turi lalu tambah dengan molases atau tetes tebu yang dapat ditukar sama air gula, garam dapur, dedak, onggok atau ampas singkong dan Em4.
  2. Masukan dalam tong selanjutnya padatkan dan tutup sampai rapat.
  3. Biarkan sepanjang 3 sampai empat minggu supaya peragian dapat berlangsung yang diikuti dengan ciri bau wangi dan manis.

Pakan ini nanti dapat bertahan di antara 4 sampai enam bulan dan dapat diberi untuk pakan kambing sepanjang 3 sampai empat minggu.

Baca Juga :

4. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Menggunakan Dedak Padi

Selanjutnya, cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 adalah dengan memanfaatkan dedak padi. Dedak padi adalah hasil proses dari penggilingan padi yang pisahkan antara beras dengan kulit gabah.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Menggunakan Dedak Padi
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Menggunakan Dedak Padi

Dedak padi dan jerami padi juga bisa dipakai sebaagai alternatif pakan ternak tanpa ngarit. Kekurangannya, hal ini hanya bisa Anda lakukan saaat musim panen padi. Jika bukan saat panen, Anda tidak akan mendapatkan jerami padi.

Dengan peragian atau fermentasi pakan ini, dedak padi atau jerami padi akan tahan sampai 3 bulan. Hal ini dikarenakan lemak dalam dedak padi telah tergerai saat reaksi peragian. Membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 pada dedak padi ini juga bisa menambahkan kualitas pakan. 

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Kombinasi Dedak Padi

Untuk cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 kombinasi dedak padi ini, Anda bisa lakukan sesuai tahap berikut ini:

  1. Persiapkan 20 kg dedak padi, Em4, molase atau tetes tebu, air dan drum plastik.
  2. Campur 25% berat dedak padi [10 liter air] dengan molases dan Em4. Aduk sampai rata.
  3. Tuang kombinasi ke kantong plastik atau drum. Kemudian tutup sampai rapat.
  4. Peragian dilaksanakan sepanjang 2 sampai tiga hari dalam temperatur ruangan. Ingat! Jangan sampai terkena cahaya matahari langsung.


5. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 dan Kulit Kopi

Ada banyak peternak yang belum tahu faedah dari sampah kulit kopi. Kulit kopi rupanya baik sekali untuk pakan semua ternak, termasuk ternak kambing. Terutamanya saat mengawali ternak kambing. Nilai nutrisi dalam kulit kopi sesuai dengan kandungan protein kasar rumput hijauan.

Tetapi karena kandungan tannin dan kafeinnya sangat tinggi dan serat kasar yang susah diolah, karena itu pemberian kulit kopi ini harus terbatasi. Namun, dengan memakai cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4, serat kasar tersebut dapat turun.

Bukan hanya itu, kandungan protein dan energi pada kulit kopi yang sudah difermentasi ternyata dapat bertambah banyak. Hal ini bisa menjadikan fermentasi kulit kopi sebagai pakan penyeling untuk menyamakan nutrisi hewan ternak.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 dan Kulit Kopi

Anda bisa mempraktekkan cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 menggunakan kulit kopi memakai langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapkan kulit kopi, air, aspergillus niger, gula pasir, NPK dan urea dan drum plastik.
  2. Persiapkan larutan air, aspergillus, urea, gula pasir dan NPK lalu diinkubasi sepanjang satu hari.
  3. Persiapkan drum lalu taburi kulit kopi dengan tebal di antara 5 sampai 10 cm.
  4. Siram laruan aspergillus lalu tabur kembali dengan kulit kopi menggunakan ketebalan sama dan siram kembali dengan larutan aspergillus.
  5. Setelah usai, tutup dengan plastik tebal secara rapat dan inkubasi sepanjang satu minggu.
  6. Setelah satu minggu, buka dan angin anginkan hasil peragian sebelum diberi sebagai pakan kambing.


6. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Memakai Ampas Tahu

Walau terhitung sampah, tetapi ampas tahu baik sekali dipakai sebagai pakan kambing. Ini karena ampas tahu memiliki kandungan banyak gizi penting seperti protein, serat, dan lain-lain yang baik sekali untuk kambing dan ternak lainnya.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Memakai Ampas Tahu

Penasaran dengan cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 memakai ampas tahu? Ikuti saja tips dan langkahnya berikut:

  1. Persiapkan 25 kg ampas tahu, Em4, mineral B12 atau mineral feed supplement A medion 0.5 kg.
  2. Peras ampas tahu sampai benar-benar kering dan tidak mengeluarkan air.
  3. Kukus ampas tahu sepanjang 30 menit. Kemudian dinginkan.
  4. Setelah dingin, jabarkan ampas tahu di lantai. Tambah dengan Em4 dan mineral, lalu aduk sampai rata.
  5. Masukan ampas tahu dalam drum atau kantong plastik lalu peram sepanjang 2 sampai tiga hari.
  6. Jika sudah tercium berbau yang wangi, berarti reaksi peragian telah usai.
  7. Fermentasi ampas tahu ini dapat Anda simpan sampai dua bulan.


7. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 dan Sampah Pasar

Sampah pasar seperti buah dan sayur bisa juga dipakai sebagai pakan kambing dalam tehnik dasar ternak kambing. Tetapi sebelum diolah, semua sampah itu harus dibersihkan sampai bersih supaya bebas dari kotoran dan sisa pestisida.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 dan Sampah Pasar

Untuk cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 dan sampah pasar, Anda bisa lihat caranya di sini:

  1. Persiapkan sampah pasar seperti buah dan sayur, tetes tebu, bekatul, garam dan probiotik cathegro.
  2. Cacah sampah pasar itu memiliki ukuran 3 sampai 5 cm.
  3. Campur bekatul dengan tetes tebu dan probiotik sampai rata lalu campur dengan sampah pasar.
  4. Biarkan sepanjang 1 jam yang lalu masukan ke drum plastik dan tutup sampai rapat.
  5. Biarkan sepanjang 24 jam dan siap untuk diberi sebagai pakan kambing yang tahan sampai satu minggu


8. Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Pakai Batang Pisang

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Pakai Batang Pisang
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Pakai Batang Pisang

Kandungan dalam batang pisang mempunyai gizi lengkap sebagai pakan ternak, seperti lemak kasar, serat kasar, protein kasar, asam amino,vitamin B, asam nukleat, bahan konsentrat tanpa nitrogen, gula, pati dan karbohidrat, hingga pas digunakan dalam budidaya kambing dengan pakan peragian.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 Pakai Batang Pisang

Bagaimana cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 pakai batang pisang? Simak langkahnya di bawah ini:

  1. Potong batang pisang sampai kecil kecil.
  2. Tambah dengan gula dan SOC dalam 1 ltr air.
  3. Campur bahan khusus yaitu batang pisang, ampas tahu dan bekatul dalam tempat.
  4. Biarkan larutan berisi air, gula oasur dan SOC sekitaran 15 menit, Siram ke kombinasi bahan khusus.
  5. Masukan dalam drum plastik dan ikat sampai rapat sepanjang lebih kurang satu hari.
  6. Fermentasi batang pisang siap untuk diberi sebagai pakan kambing atau sapi saat sore dan pagi hari.

Itulah tadi beberapa cara membuat pakan kambing fermentasi dengan Em4 memakai bahan-bahan yang mudah Anda temukan di sekitar Anda. Karena rerumputan hijau tidak selalu ada dan juga tidak bisa disimpan dalam waktu lama, Anda bisa memakai cara ini untuk ternak kambing atau sapi Anda. 

Coba dan praktekkan sesuai dengan bahan yang anda temui. Bisa berupa rumput kajar, jerami atau dedak padi, kulit kopi, batang pisang, bahkan bisa menggunakan limbah sayur dan buah dari pasar. -- Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4 -- Desa Merdeka

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url