Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor

Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor - Ada banyak cara memperoleh pinjaman yang legal dan aman. Salah satunya adalah dengan gadai BPKB di Pegadaian. Namun, untuk mendapat pinjaman Pegadaian BPKB motor, tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu untuk lebih jelasnya.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor
Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor

Pegadaian merupakan bagian dari lembaga resmi BUMN yang bisa memberikan biaya atau penyaluran dan untuk masyarakan atas dasar hukum gadai sesuai dengan hukum Indonesia. Pegadaian ini didirikan langsung oleh pemerintah. Tentunya kredibelitasnya sangat tinggi di masyarakat.

Untuk Anda yang masih takut dengan resiko gadai BPKB motor di tempat lain, Anda sangat bisa menggadaikan motor sebagai cara pinjam uang di Pegadaian jaminan BPKB motor dengan aman, nyaman dan terpercaya. Sehingga tidak perlu takut lagi akan penipuan ataupun kerugian dari kegiatan ini.

Baca Juga : Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah - Kenapa Tidak?

Bagaimana Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor dengan Aman?

Gadai BPKB di Pegadaian caranya bisa dibilang cukup mudah, tidak ribet, serta tidak butuh bersyaratan yang begitu rumit. Sebelum kita membahas tentang cara pinjam uang di pegadaian dengan BPKB motor, kita bahas dulu beberapa syaratnya di bawah ini:

Syarat Pinjaman Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sebelum Anda pergi untuk meminjam ke Pegadaian, Anda harus mempersiapkan beberapa syarat untuk mendapatkan uang dengan jaminan BPKB motor Pegadaian. Apa saja syarat-syarat tersebut? Mari kira bahas dalam artikel ini.

  1. Mempunyai surat legalitas usaha. Seperti SIUP, SITU, atau Surat Keterangan Usaha atas nama peminjam.
  2. Bukti legalitas kendaraan. Seperti STNK, BPKB, faktur, serta kuitansi atas nama nasabah.
  3. Mempersiapkan KK, KTP nasabah, KTP suami atau istri jika sudah menikah (Fotokopi dan asli).
  4. Kendaraan atas nama peminjam dan beberapa surat lengkap untuk motor yang berumur maksimal 15 tahun dan maksimal 20 tahun untuk mobil.

Dokumen untuk Persyaratan Pinjaman Pegadaian BPKB Motor Sistem Fidusia

Di bawah ini adalah beberapa dokumen asli dan fotokopi yang harus Anda persiapkan untuk pinjaman sistem fidusia:

  1. KTP
  2. KK
  3. Fotokopi BPKB
  4. Fotokopi STNK
  5. Faktur pembelian
  6. Surat keterangan usaha
  7. Surat nikah (bila sudah menikah).

Cara Pinjam Uang di Pegadaian dengan BPKB Motor

Untuk bisa menggadaikan kendaraan bermotor di Pegadaian dengan jaminan BPKB, Anda bisa pergi di outlet Pegadaian terdekat atau melalui agen Pegadaian. Selain dengan cara pergi langsung ke kantor Pegadaian, Anda bisa juga pinjam uang di pegadaian dengan cara online.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian dengan BPKB Motor
Cara gadai BPKB di Pegadaian secara online

Cara gadai BPKB di Pegadaian secara online, Anda bisa mengajukannya memakai aplikasi gadai BPKB online milik Pegadaian Digital Service yang bisa di-download di google playstore atau app store.

Inilah Cara Pinjaman di Pegadaian dengan BPKB Motor

Di bawah ini adalah beberapa cara pinjam uang di Pegadaian jaminan BPKB motor yang bisa Anda siapkan dan penuhi.

1. Membawa Persyaratan yang Diperlukan

Untuk cara pinjam uang di Pegadaian dengan BPKB motor, Anda harus datang ke kantor pegadaian dengan membawa persyaratan yang diperlukan seperti yang dijelaskan di atas. Adapun dokumen tersebut adalah KTP, KK, BPKB, STNK, dan kendaraan yang akan dijadikan jaminan.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian dengan BPKB Motor
Cara Pinjaman di Pegadaian dengan BPKB Motor dengan Membawa Persyaratan yang Diperlukan 

Pastikan kendaraan yang akan dijadikan jaminan adalah milik Anda sendiri, dalam artian milik pemohon. Untuk mempermudah proses gadai BPKB di Pegadaian, pajak motor Anda jangan mati. Karena prosesnya akan sangat sulit dibandingkan dengan motor yang pajaknya masih hidup.


2. Mengisi Formulir Pengajuan Pegadaian BPKB Motor

Cara pinjam uang di Pegadaian jaminan BPKB motor selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pengajuan pinjaman yang telah disediakan. Setelah itu serahkan STNK dan BPKB asli kepada petugas bagian penaksir jaminan. Petugas juga akan mengecek motor Anda yang akan jaminkan.

Baca Juga :

3. Menaksir Nilai Kendaraan

Setelah Anda mengisi formulir, petugas akan menaksir nilai kendaraan Anda dan hasil taksiran maksimalnya akan menjadi plafon pinjaman yang akan disampaikan kepada Anda sebagai pemohon. Jika Anda setuju dengan plafon pinjaman yang telah dijelaskan, petugas lantas memproses permohonan pinjaman Anda lebih lanjut.


4. Pembuatan Surat Bukti Kredit Gadai BPKB di Pegadaian

Petugas Pegadaian akan membuat Surat Bukti Kredit (SBK) dengan lama proses sekitar 15 menit. Setelah itu, petugas akan memanggil Anda untuk penjelasan batas jatuh tempo kredit dan waktu pelelangan jaminan.


5. Membayar Biaya Administrasi untuk Pegadaian BPKB Motor

Setelah SBK beres, Anda akan diminta untuk tanda tangan SBK lalu membayar biaya administrasi sebesar kurang lebih 10% dari plafon pinjaman. Biaya administrasi ini bisa Anda bayarkan secara langsung ataupun bisa juga dengan dipotong dari plafon pinjaman.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian dengan BPKB Motor
Membayar Biaya Administrasi untuk Pegadaian BPKB Motor

Setelah selesai, Anda akan membawa pulang uang tunai hasil dari gadai BPKB di Pegadaian dengan meninggalkan BPKB, STNK asli, serta kendaraan yang digadaikan. Untuk gadai BPKB motor di pegadaian tanpa motor, kita bahas pada artikel selanjutnya.


6. Membayar Angsuran Gadai BPKB di Pegadaian

Untuk pembayaran angsuran tiap bulannya, Anda dapat membayar Pegadaian BPKB motor dengan cara nontunai. Yaitu melalui mesin ATM terdekat, aplikasi Pegadaian, ataupun Internet Banking. Pilih yang menurut Anda paling murah dan nyaman.


Tips Aman Menggadaikan BPKB Motor di Pegadaian

Setelah mengetahui cara pinjam uang di Pegadaian jaminan BPKB motor, kami juga menyediakan beberapa tips aman saat menggadaikan BPKB motor di Pegadaian. 

  1. Anda harus berpikir dan menentukan apa tujuan utama Anda menggadaikan BPKB motor di Pegadaian. Jangan sampai uang tersebut Anda salah gunakan untuk hal yang lain, sehingga Anda akan kesulitan dalam melakukan cicilan pembayaran per bulannya.
  2. Penuhilah semua persyaratan administrasi secara asli. Jangan memberi informasi palsu, karena akan merugikan pihak Pegadaian dan juga Anda sendiri.
  3. Pahami dan ketahui produk jaminan yang Anda ambi. Usahakan mengambil tingkat bunga di bawah 30% biar bisa mudah dalam membayar cicilan.
  4. Pelajari dengan seksama kebijakan yang berlaku demi untuk mengetahui sanksi dan denda yang berlaku seandainya Anda telat melunasi angsuran.
  5. Pastikan tepat waktu dalam pembayaran cicilan tiap bulannya agar terhindar dari sanksi, pinalti, dan denda apapun supaya pihak pegadaian tidak sampai menyita BPKB kendaraan Anda.

Penutup - Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang cara pinjam uang di Pegadaian jaminan BPKB Motor yang dilengkapi dengan beberapa persyaratan dokumen apa saja yang harus Anda persiapkan.

Selain itu, artikel ini juga membahas tentang bagaimana tips aman dalam gadai BPKB di pengadilan agar terhindar dari masalah dalam kesulitan membayar cicilan, serta terhindar dari pinalti, sanksi, dan denda agar BPKB Anda tetap aman. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url