Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

cara budidaya ikan nila di kolam terpal - cara membuat kolam terpal ikan nila 

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal - Nila adalah jenis ikan yang bisa kita temui di air tawar, seperti tambak atau rawa. Namun, Anda juga bisa budidaya ikan nila di lahan yang sempit jika memang tidak punya lahan luas.

Solusi untuk ternak ikan nila dengan lahan sempit ini kita bisa memanfaatkan kolam terpal. Nah, dalam artikel kali ini Desa Merdeka akan membahas sedikit tentang cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula. Namun sebelum itu, kita bahas dulu tentang pengetahuan dasar dalam budidaya ikan nila.

Baca Juga : Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal

Mengapa Memilih Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula

Untuk para pemula dalam ternak ikan nila, kami sarankan untuk membudidayakan ikan ini di kolam terpal dulu sebelum membuat kolam permanen yang lebih luas. Mengapa disarankan memilih cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula? Berikut jawabannya:

  • Budidaya ikan nila di kolam terpal bisa menghemat lahan.
  • Perawatan ikan akan lebih mudah saat ternak ikan nila di kolam terpal.
  • Di kolam terpal, persiapan kolam untuk budidaya ikan lele bisa lebih simpel.
  • Bisa menentukan lokasi budidaya yang beragam
  • Modal busisaya ikan nila di kolam terpal relatif lebih sedikit.
  • Sangat cocok dipraktekkan bagi pemula dalam skala hobi dan rumahan.


Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula - Rata-rata Berhasil

Di bawah ini adalah beberapa langkah dalam budidaya ikan nila di kolam terpal biar mendapatkan ikan dengan kualitas tinggi.

Persiapan Awal Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Cara bedidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula yang pertama adalah dengan mempersiapkan kolam terpal ikan nila. Pilih dan sesuaikan ukuran kolam terpal dengan bentuk yang sama pada lokasi ternak.

Jika Anda memilih metode kolam dalam tanah, galilah tanah dengan kedalaman setidaknya 50-60 cm. Selain itu, pastikan lokas tidak terkena cahaya matahari langsung. Jika tidak memungkinkan mendapat tempat seperti ini, Anda bisa memasang terpal di bagian atas untuk menghalau sinar matahari.


Memilih Benih Ikan Nila

Langkah selanjutnya setelah persiapan kolam terpal selesai adalah mempersiapkan bibit ikan nila yang akan diternak di kolam terpal. Belilah benih ikan nila dengan kualitas bibit unggul yang bisa Anda dapatkan di penjual bibit ikan nila.

Ciri-Ciri Ikan Nila Bibit Unggul

  • Bibit ikan nila berasal dari galur murni hibrid atau mobo ras atau hibrid.
  • Ukuran bibit ikan nila seragam.
  • Belilah bibit yang umurnya sama semua
  • Jangan lupa memastikan benih ikan nila sehat dan tidak cacat.
  • Ukuran benih sesuai umur.
  • Ideal ukuran bibit ikan nila adalah 5-8 cm dengan berat kurang lebih 5 gr/ekor.


Pengelolaan Air untuk Ikan Nila di Kolam Terpal

Cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula selanjutnya adalah dengan memperhatikan pengelolaan air. Untuk pertumbuhan ikan nila yang maksimal, Anda wajib memantau kualitas air di kolam terpal. Buanglah air jika sudah terlihat kotor dan jangan lupa untuk mengisi dengan air baru.


Jangan Lupa Membuat Saluran Air Saat Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Membuat saluran air juga termasuk cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula. Seperti filter pada umumnya, fungsi dari saluran ini adalah untuk memberikan aliran udara dan memurnikan air agar bisa tetap bersih tanpa harus menguras kolam.

Caranya simpel. Sedikan pipa dengan ukuran 1 inchi dan hubungkan pada pompa air kemudia kembali lewat filter air yang Anda buat. Dengan begitu, sirkulasi udara akan tetap mengalir dan air juga tetap bersih.


Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal

Untuk cara budidaya ikan nila di kolam terpal, Anda tidak bisa melupakan dalam pembuatan saluran pembuangan air. Karena saat masa pengembangbiakan nanti, ada proses di mana Anda harus mengganti air keran menjadi air tambak. Dan dalam pengurasan pasti memerlukan saluran pembuangan.

Buatlah saluran pembuangan kolam terpal dengan melubangi pada sudut bawah kolam memakai pipa berukuran 5-10 inchi. Ukuran ini tergantung kebutuhan dan lebar terpal.


Pengisian Air pada Kolam Terpal Ikan Nila

Bila seluruh cara budidaya ikan nila di kolam terpal di atas sudah siap, inilah saatnnya buat mengisi air. Saat memasukan air, coba masukkan sedikit demi sedikit untuk menilai kualitas kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula - Rata-rata Berhasil
cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula - pengisian air di kolam terpal

Bila Anda mengenakan kolam rakitan memakai besi ataupun kayu, yakinkan tidak terdapat kebocoran ataupun rembesan pada tiap sudutnya. Jangan sampai ada kebocoran kolam bocor yang menyebabkan volume air berkurang.


Pengendapan Air Kolam Terpal Ikan Nila

Endapan ini dimaksudkan agar kolam buatan kita benar-benar menyerupai kolam asli layaknya tambak dengan berbagai santapan natural, seperti plankton.

Campurkan tanah dengan kotoran hewan yang diberi cairan supaya mempercepat keluarnya plankton di kolam yang akan menjadi santapan ikan natural ikan nila.

Baca Juga Cara Ternak Bebek Peking untuk Pemula Agar Cepat Panen

Penyebaran Benih Ikan Nila di Kolam Terpal

Pada sesi berikutnya dalam cara budidaya ikan nila di kolam terpal yakni penyebaran benih ikan. Dalam menyebarkan benih ke kolam terpal dilakukan setelah sesi pengendapan, di mana plankton telah ada di kolam yang hendak jadi pakan ikan pada beberapa hari ke depan.

Untuk pertama masuk kolam, cobalah tahan untuk memberi makan 1-2 hari. Hal ini bertujuan agar benih-benih ikan nila bisa berkenalan dan memakan plankton yang sudah siapkan.


Persiapan dan Pemberian Pakan Ikan Nila di Kolam Terpal

Langkah ini ialah langkah di mana kita wajib lebih selektif dalam mempersiapkan santapan ikan apa yang sesuai buat nila. Sesungguhnya, di toko pakan ataupun peternak ikan, terdapat paket spesial buat nila. Tetapi peternak kadang juga memberi makan tumbuhan azolla yang umumnya ditemui di sawah.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula - Rata-rata Berhasil
cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula - pemberikan pakan ikan nila

Ikan nila membutuhkan pakan sebanyak 3% dari bobot tubuhnya tiap hari. Pakan diberikan 2 kali/hari, pagi dan sore. Ambil ilustrasi ikan nila secara acak kemudian timbang bobotnya tiap 2 pekan sekali Lalu sesuaikan pula jumlah pakan yang wajib diberikan.


Pemberian vitamin pada Ikan Nila di Kolam Terpal

Pemberian vitamin sangat penting bagi ikan nila karena vitamin bisa membantu proses pertumbuhan ikan nila. Dengan pemberian vitamin secara berkala, pasti akan membuat ikan nila tumbeh panjang dan berat yang lebih cepat.


Pengendalian Hama Penyakit Pada Ikan Nila di Kolam Terpal

Ikan nila termasuk ikan air tawar yang tergolong tangguh. Dalam keadaan wajar, ikan nila tidak jadi permasalahan. Tetapi bila budidaya nila sudah dicoba secara massal serta intensif, resiko tertular penyakit ini wajib diwaspadai.

Penyebaran penyakit ikan sangat cepat, apalagi tipe penyakit yang bisa menular. Air merupakan salah satu media buat penyebaran penyakit.


Tahap Penyortiran Ikan

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula - Rata-rata Berhasil
cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula - tahap sortir ikan nila

Tahap penyortiran ikan nila dapat Anda coba jika memang Anda ingin memilah ikan nila yang pertumbuhannya bisa dikatakan baik dan yang memiliki tumbuh kembang buruk atau lama besar. Sehingga, Anda dapat lebih mudah dalam mengelompokkan ikan dari berat dan ukuran.


Proses Penggantian Air Kolam Terpal

Sebenarnya cara budidaya ikan nila di dalam kolam terpal kali ini tidak begitu penting. Karena ikan nila cukup kuat dalam kemampuannya mengubah suhu dan lingkungan. Bukan hanya itu. Ikan nila juga lebih menyukai air yang tergenang. 

Namun, jika dirasa air dalam keadaan buruk dan ada indikasi terkontaminasi penyakit, baiknya Anda ganti air kolam terpal tersebut dengan cara yang kurang lebih sama dengan saat Anda mengganti air bak.

Tahap Panen Ikan Nila

Lamanya waktu dalam budidaya ikan nila di kolam terpal mulai dari penebaran bibit sampai masa panen tergatung dari kebutuhan pasar. Untuk pasar domestil, biasanya permintaan ikan lele lebih didominasi dengan ukuran 300-500 gram/ekor.

Untuk ternak ikan nila mulai dari ukuran 10 hingga 20 gram sampai menyentuh ukuran 300-500 gram perlu waktu setidaknya 4 sampai 6 bulan.

Itulah tadi tahap dan cara budidaya ikan nila di kolam terpal untuk pemula yang dapat Anda terapkan dalam belajar ternak ikan lele. Tips tersebut perlu Anda lakukan agar memperoleh hasil panen yang maksimal. Selamat mencoba. -- Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal untuk Pemula -- 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url