Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal

Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar - Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan untuk dikonsumsi. Biasanya peternak lele ini menjual hasil panennya di pasar, atau juga langsung sebagai pemasok para usaha kuliner yang membutuhkan lele sebagai menu usahanya.

Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal
Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Semua peternak lele tentu ingin cepat panen. Untuk itu penting sekali bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan lele untuk mengetahui apa saja vitamin ikan lele agar cepat besar baik itu vitamin alami maupun vitamin pabrik yang bisa Anda beli di toko peternakan.

Agar hasil panen maksimal, kebutuhan nutrisi lele haruslah terpenuhi. Keseimbangan jumlah protein, lemak, dan nutrisi lainnya sesuai dengan usia lele harus benar-benar diperhatikan. Oleh karenanya penting sekali untuk mengetahui takaran yang pas vitamin ikan lele supaya cepat besar dan sehat.

Baca Juga : Makanan Burung Walet Terbaik yang Paling Disukai Walet

Perhatikan Vitamin Ikan Lele  Agar Cepat Besar Maksimal

Kelebihan atau kekurangan pemberian nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan lele. Oleh sebab itu, kita menyajikan beberapa edukasi singkat tentang bagaimana cara pemberian vitamin ikan lele agar cepat besar yang meliputi takaran serta beberapa makanan membuat pertumbuhan ikan lele bisa maksimal.

Kenali Kebutuhan Nutrisi Ikan Lele Sebelum Memberikan Vitamin Lele Agar Cepat Besar

Mengetahui apa saja kebutuhan nutrisi hewan peliharaan adalah faktor terpenting dalam memulai sebuah bisnis budidaya, termasuk budidaya ikan lele. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan vitamin ikan lele supaya cepat besar sesuai takaran kebutuhan.

Di bawah ini ialah rincian kebutuhan nutrisi atau vitamin ikan lele agar cepat besar yang wajib Anda tahu dan kemudian diaplikasikan pada budidaya lele Anda.

Kenali Kebutuhan Nutrisi Ikan Lele Sebelum Memberikan Vitamin Lele Agar Cepat Besar
Rincian kebutuhan nutrisi atau vitamin ikan lele agar cepat besar

Jenis Makanan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Pakan adalah sumber energi pada ikan lele untuk pertumbuhan dan metabolismenya. Pertumbuhan lele bisa terjadi ketika ada sisa energi setelah dipakai untuk bergerak dan metabolisme. Untuk itu pemberian vitamin untuk ikan lele agar cepat besar sangat menentukan pertumbuhan dan kecepatan panen pada lele.

Setidaknya terdapat 3 jenis pakan lele yang dapat Anda pilih sebagai cara pemberian pakan lele agar cepat besar, di antaranya adalah pakan alami, pakan buatan, dan pakan alternatif.


Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Vitamin alami untuk ikan lele adalah makanan yang secara alami sudah tersedia dari alam dan bisa langsung diambil oleh peternak. Contohnya adalah tumbuhan yang tumbuh di sekitar kolam dan beberapa hewan yang sudah tersedia di sekitar.

Dengan pakan atau vitamin alami untuk lele, para peternak tidak akan kesulitan untuk mencari pakan lagi. Karena semua sudah tersedia melimpah di alam sekitar.

1. Azolla Microphylla Merupakan Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Salah satu vitamin ikan lele agar cepat besar yang tersedia di alam adalah Azolla Microphylla. Tanaman ini masuk dalam jenis tumbuhan paku air yang sangat bagus untuk dijadikan pakan alami untuk lele agar cepat besar. Nutrisi tumbuhan ini sangat tinggi. Anda bisa memberinya secara utuh, kering, atau sudah dalam bentuk tepung.

Vitamin Alami untuk Ikan Lele
Azolla Microphylla Merupakan Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Untuk pemanfaatan azolla untuk pupuk dalam berat kering nilai gizinya sebagai berikut :

  • Nitrogen (N) 3-5%
  • Phosphor (P) 0,5-0,9 %
  • Kalium (K) 2 – 4,5 %
  • Sedangkan hara mikronya berupa
  • Calsium (Ca) 0,4 – 1 %,
  • Magnesium (Mg) 0,5 – 0,6 %,
  • Ferum (Fe) 0,06 – 0,26 % dan
  • Mangaan (Mn) 0,11 – 0,16 %.

Untuk pemanfaatan azolla sebagai pakan ikan dengan memberikan azolla segar yang masih muda. Dengan kandungan nilai gizi sebagai berikut :

  • protein 31,25 %,
  • lemak 7,5 %,
  • karbohidrat 6,5 %,
  • gula terlarut 3,5 % dan
  • serat kasar 13 %.


2. Daun-daunan hijau Sebagai Sumber Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Salah satu sumber protein nabati yang bisa Anda gunakan sebagai vitamin lele agar cepat besar adalah dedaunan hijau. Adapun daun yang sering para peternak lele buat adalah daun kangkung dan daun pepaya.

Berikut perbandingan nutrisi kangkung dan daun pepaya sebagai vitamin ikan lele agar cepat besar :

Vitamin Alami untuk Ikan Lele
Daun-daunan hijau Sebagai Sumber Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Selain dua jenis daun di atas, ada beberapa jenis hijauan lagi yangg bisa Anda dijadikan makanan lele agar cepat besar. Daun lain sebagai vitamin alami untuk ikan lele tersebut antara lain daun pisang, sawi, ketapang, talas, lamtoro, selada air, daun singkong, eceng gondok, dan daun johar.

Daun-daunan ini baik sekali untuk dijadikan sebagai makanan ikan lele supaya cepat besar. Anda dapat mendapatkannya dengan mudah di sekitar Anda, sehingga dapat menekan biaya pakan.


3. Maggot Sebagai Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Maggot ialah belatung lalat. Jenis maggot yang paling disarankan untuk ikan ialah maggot dari lalat Black Soldier Fly atau BSF. Kandungan protein maggot sangat tinggi. Ketika diberikan dalam keadaan utuh (masih berbentuk belatung) kadar proteinnya bisa mencapai 43%. Sementara maggot yang telah diproses menjadi pelet, kadar proteinnya sebesar 30%-40%.

Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal
Maggot Sebagai Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

4. Bekicot atau Keong Sawah untuk Vitamin Lele Supaya Cepat Besar

Cara pemberian pakan lele agar cepat besar adalah dengan memberikan bekicot atau keong sawah. Protein bekicot sangatlah tinggi. Situs Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa setiap 100 gram (g) daging bekicot mengandung nutrisi-nutrisi di bawah ini:

  • Air: 6,7 g
  • Energi: 441 kalori (Kal)
  • Protein: 48,7 g
  • Lemak: 20,3 g
  • Karbohidrat: 15,8 g
  • Abu (ASH): 8,4 g
  • Kalsium (Ca): 692 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 523 mg
  • Besi (Fe): 16,6 mg
  • Retinol (Vit. A): 6 mikrogram (mcg)
  • Karoten Total (Re): 1,408 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,56 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 69 mg

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Fisherish Sciences menjelaskan, daging escargot dinilai memiliki nilai gizi yang tinggi karena kaya kandungan asam amino esensial, protein, vitamin dan mineral. Bahkan cangkangnya juga mengandung nutrisi yang tinggi.

Berikut kandungan nutrisi cangkang bekicot sebagai vitamin ikan lele agar cepat besar :

Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal
Nutrisi cangkang bekicot sebagai vitamin ikan lele agar cepat besar

5. Cacing tanah Termasuk Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Cacing tanah juga termasuk pakan atau vitamin alami untuk ikan lele yang mempunyai kandungan protein tinggi. Jumlahnya melimpah dan bahkan bisa muncul dan tumbuh dengan sendirinya di dalam kolam, apalagi untuk kolam tanah.

Kandungan protein cacing tanah mencapai 60-72% sehingga sangat potensial dijadikan makanan lele supaya cepat besar.

Berikut nutrisi lengkap cacing tanah sebagai vitamin ikan lele agar cepat besar :

Cacing tanah Termasuk Vitamin Alami untuk Ikan Lele

Pakan Buatan Sebagai Sumber Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Pakan buatan adalah merupakan jenis makanan untuk lele yang sebuat oleh para peternak. Contohnya adalah pelet ikan lele. Suplemen ikan lele agar cepat besar yang dibuat oleh pabrik ini terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Tinggi rendahnya kandungan nutrisi dalam pelet juga disesuaikan dengan umur dan kondisi ikan lele yang akan diberi pakan.

Cara pemberian pakan lele agar cepat besar membutuhkan pakan dengan kandungan protein minimal 30%. Meskipun sangat baik, imbangilah pakan buatan pabrik ini dengan pakan alami agar tidak menghabiskan banyak biaya ternak untuk pakan.

Baca Juga : Untung Ruginya Ternak Kambing yang Penting Untuk Dipertimbangkan

Pakan Alternatif Sebagai Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Kadang pakan alami tidak selalu muncul. Sedangkan pakan buatan harganya bisa saja melambung tinggi. Untuk itulah sumber vitamin lele cepat besar adalah dengan memberikan pakan alternatif. Anda bisa mendapatkannya dari limbah industri dan limbah pertanian.

Karena keterbatasan pakan alami, dan mahalnya pakan buatan, banyak peternak yang kemudian berusaha mencari sumber pakan lain untuk usaha budidaya ikan lele.

Pakan dari sumber lain inilah yang disebut pakan alternatif. Meskipun kandungan nutrisinya mungkin tidak sebesar pakan alami dan pakan buatan, pakan alternatif tetap bisa dijadikan pilihan untuk menghemat biaya produksi sekaligus menjadi satu racikan pakan lele agar cepat besar. Pakan alternatif lele bisa diperoleh dari limbah pertanian dan limbah industri, seperti:

1. Pakan Alternatif Daging Ayam atau Unggas Sebagai Vitamin Lele Supaya Cepat Besar

Harga ayam memang mahal. Namun Anda bisa mensiasatinya dengan memberikan jeroan dan usus yang harganya jaun lebih murah. Bisa juga Anda memberikan bangkai unggas yang sudah diproses supaya penyakit dan bakteri tidak menyerang lele Anda.

2. Pakan Alternatif Dedak bekatul Sebagai Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Dedak bekatul adalah lapisan luar dari padi yang berfungsi melindungi beras, dengan warna cokelat muda. Ketika padi sudah digiling dan Anda melihat ada sesuatu yang halus menyerupai tepung tapi ringan, itulah yang dinamakan bekatul. 

Cara Pemberian Pakan Lele Agar Cepat Besar
Pakan Alternatif Dedak bekatul Sebagai Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Biasanya bekatul lebih sering dijadikan makanan alternatif unggas, tetapi bekatul juga bisa dijadikan pakan alternatif untuk ikan, termasuk lele. Apalagi bekatul dapat dibeli dengan mudah dan murah di mana saja.

3. Pakan Alternatif Tepung - Tepungan Sebagai Vitamin Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Salah satu pakan alternatif atau vitamin lele supaya cepat besar adalah dengan meggunakan bahan baku tepung-tepungan. Anda bisa mengolah bahan dasar untuk dijadikan tepung. Seperti tepung ikan yang dibuat dari proses penggilingan ikan.


Cara Pemberian Pakan Lele Agar Cepat Besar

Untuk cara pemberian pakan lele agar cepat besar yaitu meliputi dosis dan komposisi pakan. Pakan yang berbeda tentu pemberiannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya tentang dosis dan komposisi vitamin ikan lele agar cepat besar silakan baca uraian berikut ini:

1. Dosis Pakan atau Vitamin Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Cara pemberian pakan lele agar cepat besar harus disesuaikan dengan umur dan ukuran ikan lele. Misalnya untuk pakan tepung diberikan pada larva ikan umur 1 minggu – 1 bulan, kemudian pakan butiran diberikan setelah larva berumur 1 – 2 bulan.

Selanjutnya butiran pelet harus memiliki ukuran yang sesuai dengan ikan lele. Pakan butiran 1 mm sesuai pada benih ikan ukuran > 2 – 5 cm, pakan butiran 2 mm : sesuai untuk benih ikan lele > 5 – 12 cm, butiran 3 mm dapat sesuai untuk pembesaran ikan, sementara pelet berukuran 3 mm, 4 mm dan 5 mm sesuai untuk indukan ikan

2. Komposisi  Pakan atau Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar

Cara pemberian pakan lele agar cepat besar bisa Anda campur antara pakan alami, pakan buatan, dan pakan alternatif. Anda juga bisa membuat pakan lele dari kotoran hewan ternak. Misalnya ayam, bebek, sapi, dan kambing.

Untuk membuatnya, campur kotoran dengan phonska, urea, serta bakteri pengurai, serta cacing untuk mengurai. Tambahkan juga susu bubuk bayi yang sudah kedaluwarsa untuk protein. Dari kompos tersebut akan keluar belatung, cacing, bibit kecambah, dan hewan air yang nantinya akan menjadi makanan lele agar cepat besar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url