Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong Hasilkan Profit Tinggi

Bisnis Toko Kelontong - Usaha toko sembako atau toko kelontong masih sering dipandang tidak enak oleh sebagian masyarakat. Mereka tidak tahu sebenarnya jika diseriusi, usaha ini akan memperoleh untung yang banyak dan berpeluang menjadi toko besar seperti toserba atau waralaba lainnya.

Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong Hasilkan Profit Tinggi
Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong Hasilkan Profit Tinggi

Dalam mendirikan usaha toko kelontong Anda tidak perlu banyak memikirkan produk apa yang akan dijual. Karena rata-rata usaha toko sembako yang dijual ialah barang kebutuhan sehari-hari. Seperti deterjen, sabun pencuci piring, alat dan bahan mandi, minyak, gula, dan bahan sembako lainnya.

Keuntungan lain yang bisa menjadi pertimbangan dalam membuka bisnis toko kelontong adalah Anda bisa membuka toko sembako dengan memanfaatkan ruang depan rumah, di pinggir jalan, dan membuka stand di pasar jika memang ada modal untuk sewa toko.

Baca Juga : Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Low Budget

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Sampai Memperoleh Keuntungan Tinggi

Eksistensi toko kelontong di masyarakat terutama di pedesaan masih sangat ramai. Orang desa lebih memilih berbelanja di toko kelontong terdekat daripada harus ke minimarket yang tentunya akan menghabiskan banyak uang karena tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Dari sini, tentunya Anda juga ingin membuka toko sembako sebagai usaha Anda kan? Nah, di bawah ini adalah beberapa cara memulai usaha warung sembako yang desamerdeka.com sajikan khusus untuk Anda yang sedang ingin membangun bisnis toko kelontong.

1. Mampu Menekan Modal Usaha Kelontong

Cara bisnis warung kelontong yang pertama adalah mampu menekan modal usaha. Hal ini bukanlah hal yang gampang. Namun, tetap bisa Anda pelajari dengan riset pasar dan belajar tentang ilmu manajemen keuangan dasar.

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Sampai Memperoleh Keuntungan Tinggi
Mampu Menekan Modal Usaha Kelontong

Hal lain dalam menekan modal usaha toko kelontong ialah dengan mencari dan menemukan supplier yang tepat. Carilah supplier tangan pertama agar mendapatkan harga yang murah. Anda juga bisa mencari supplier baru untuk anisipasi barang jika supplier A tidak mempunyai stok.

Selain itu, dalam urusan supplier bisnis toko kelontong Anda juga harus bisa bernegosiasi dengan baik. Tanyakan apakah nanti barang bisa return apabila ada yang tidak laku atau rusak. Belilah barang dengan jumlah yang tepat dengan memperhatikan laju penjualan barang.


2. Memilih Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Toko Kelontong

Memilih lokasi yang strategis juga merupakan hal yang penting dalam cara membuka toko kelontong agar sukses. Akan sia-sia kamu membuka bisnis ini jika Anda asal-asalan dalam mencari lokasi. Karena bisnis toko kelontong Anda tidak akan terjamah oleh pembeli.

Dalam memilih tempat, setidaknya harus mempunyai visibitilas yang baik. Toko harus mudah terlihat agar bisa mengundang banyak customer. Selain itu, akses jalan menuju lokasi bisnis warung kelontong Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi yang mempunyai akses jalan dan parkiran yang mudah.

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Sampai Memperoleh Keuntungan Tinggi
Memilih Lokasi yang Strategis untuk Bisnis Toko Kelontong

Pilih juga lokasi bisnis toko kelontong yang sekiranya lingkungannya kondusif untuk menjaga keamanan toko dan menarik minat pembeli. Anda bisa memilih tempat dekat warung makan, kafe, warnet, sekolah, dan perkampungan padat penduduk.

Jangan lupakan juga harga sewa tempat ketika membuka toko sembako. Sesuaikan harga sewa dengan kemampuan anggaran Anda. Karena memang wilayah yang strategis tentu harga sewanya pun akan mahal. Jadi, pikirkan matang-matang sebelum menandatangani kontrak sewanya.

Baca Juga : Modal Usaha Telur Puyuh dan Estimasi Keuntungannya

3. Pahami Pangsa Konsumen Toko Kelontong

Selanjutnya, cara memulai usaha toko kelontong adalah dengan memahami pangsa konsumen. Hal ini sangatlah penting Anda lakukan sebelum membuka toko sembako. Mulailah untuk riset dan observasi tantang barang apa saja yang dibutuhkan konsumen.

Dengan menjual kebutuhan masyarakat sekitar itu artinya Anda sudah menjalankan cara mengelola toko sembako agar sukses dan banyak pembeli. Positifnya, keuntungan pun akan Anda dapatkan dengan mudah dan tidak perlu waktu lama untuk balik modal.


4. Mendirikan Wirausaha Toko Sembako Berbasis Digital

Cara mengelola toko sembako agar sukses selanjutnya adalah dengan menerapkan sistem digital dalam managemen bisnis toko kelontong. Idealnya bisnis ini memang usaha tradisional, tapi jika Anda mampu mengelola toko kelontong secara modern, tentu hasilnya akan lebih sukses lagi, bukan?

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Sampai Memperoleh Keuntungan Tinggi
Mendirikan Wirausaha Toko Sembako Berbasis Digital

Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan bisnis toko kelontong berbasis teknologi digital mulai dari pencatatan stok barang in out. Tentu upaya mengelola toko kelontong berbasis digital ini perhitungannya akan lebih praktis dan akurat ketimbang Anda menggunakan cara tradisional.

Selain pencatatan keluar masuk barang, sistem perkasiran bisnis toko kelontong juga bisa Anda upgrade ke sistem digital agar lebih cepat, mudah, dan efisien. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa nyaman karena kecepatan dan kepraktisan dalam pelayanan bisnis warung kelontong Anda.

Penutup - Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong Hasilkan Profit Tinggi

Di tengah banyaknya toserba, swalayan, minimarket, dan lainnya, ternyata toko kelontong masih memiliki peluang besr untuk digeluti. Banyak orang, khususnya warga pedesaan yang lebih suka datang ke tempat wirausaha toko sembako dengan alasan lebih irit belanjaan.

Oleh karenanya bisnis toko kelontong ini masih sangat layak Anda geluti untuk menyumbangkan pemasukan demi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebelum memulainya, pastikan terlebih dahulu Anda mempelajari beberapa cara membuka usaha toko kelontong agar nantinya tidak kualahan.

Artikel cara memulai usaha warung sembako di atas, kami sajikan khusus untuk Anda yang ingin membuka dan mengawali bisnis toko kelontong. Baik itu usaha toko kelontong modern atau tradisional. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url