10 Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Low Budget

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - Bagi kebanyakan orang, usaha di pedesaan dipandang kurang mampu menopang kebutuhan hidup. Mereka rela pindah ke kota untuk mengadu nasib dan berharap mendapatkan penghasilan yang lebih agar bisa hidup layak.

Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Low Budget
Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Low Budget

Namun, bagaimana jika kita tidak mempunyai keterampilan yang memadai untuk dijadikan modal kerja di kota? Tetap saja Anda harus memikirkan apa usaha yang bagus yang bisa dikerjakan di desa untuk pemula yang bahkan belum mempunyai keterampilan dan pengalaman.

Dengan belajar dan terus melihat peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang lebih daripada kerja di kota. Dan tentu biaya hidup di desa pun lebih ringan dari di kota.

Baca Juga : Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang untuk Membuka Jasa Ekspedisi Sendiri

Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - Modal Kecil Mudah Dilakukan

Anda tertarik untuk membuat usaha di desa? Berikut kami sajikan beberapa ide bisnis yang cocok buat pemula di pedesaan yang bisa Anda praktekkan. Tentunya usaha di pedesaan ini bisa Anda lakukan dengan modal minim atau low budget dan yang pasti sangat mudah dikerjakan.

1. Ide Bisnis Melayani Jasa Titip / Jastip

Usaha yang cocok untuk di pedesaan yang pertama adalah dengan membuka jasa titip atau jastip. Banyak sekali orang yang ingin membeli suatu barang atau makanan tapi terbentur dengan kesibukan, rasa malas, atau tidak tahu tempatnya. Ini bisa Anda jadikan sebuah ide untuk usaha.

Anda bisa ke kota atau ke tempat lain lalu menawarkan jasa titip barang atau makanan yang sekiranya di desa Anda belum ada. Anda membeli barang tersebut sesuai orderan konsumen dan mereka akan membayarnya saat barang datang dengan tambahan biaya jasa titip yang sudah disepakati.

Manfaatkan promosi lewat status social media atau aplikasi chat seperti story whatsapp agar banyak orang yang pesan dan kenal bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan uang dari ide usaha ini dan mereka pun bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa ke luar rumah.


2. Usaha Air Minum Isi Ulang

Di era yang serba praktis dan anti ribet ini bisa dipastikan banyak sekali orang yang memilih membeli air minum daripada harus merebusnya, apalagi banyak yang menilai jika rasa air rebusan tidaklah sesegar air mineral yang dijual di pasaran. Nah, ini bisa menjadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

ide bisnis - Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - Peluang Bisnis di Desa -
Usaha yang Cocok di Desa dengan Membuka Usaha Air Minum Isi Ulang

Air di desa masih sangat bagus, jernih, dan masih layak untuk dikonsumsi. Untuk memulai menjalankan ide usaha di pedesaan ini, Anda hanya butuh beli alat pemroses air sehingga air tersebut benar-benar bisa dikatakan aman dan layak untuk dikonsumsi. Ini akan menjadi usaha yang bagus dan mendatangkan banyak pembeli.


3. Pembuatan Kandang Merupakan Usaha yang Cocok di Desa

Bisnis yang cocok untuk pemula di desa selanjutnya adalah dengan membuka jasa pembuatan kandang. Di desa banyak sekali rerumputan yang memicu banyaknya orang untuk berternak. Namun, tidak banyak yang bisa membuat kandang sendiri untuk ternak-ternaknya.

Anda bisa membuka jasa pembuatan kandang dan menawarkan layanan perawatan serta perbaikan kandang sekaligus. Jika sudah banyak yang tahu tentang jasa dan kualitas kandang yang Anda buat, tentu banyak juga yang akan memesannya dan ini bisa menjadi ide usaha di pedesaan yang menghasilkan banyak keuntungan.

Baca Juga :

4. Peluang Bisnis Jasa Cuci Motor

Jasa cuci motor bisa menjadi ide usaha untuk pemula dengan modal kecil yang bisa Anda buka di desa. Semua orang tentu suka melihat motornya dalam keadaan bersih, tidak peduli itu di kota ataupun di desa. Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki motor dan tidak semuanya punya waktu untuk mencucinya.

ide bisnis - Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - Peluang Bisnis di Desa -
Peluang Bisnis Jasa Cuci Motor

Modal dari usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini juga relatif kecil. Anda hanya perlu menyediakan tempat usaha, keran air, sabun cuci motor, dan lap untuk finishing. Tidak hanya motor, Anda juga bisa sambil melayani jasa cuci mobil. Namun, pastikan dulu jika Anda benar-benar menguasai tekniknya.


5. Ide Bisnis Toko Kelontong

Ide bisnis dan peluang usaha yang masih cocok dibuka di pedesaan yaitu bisnis toko kelontong. Anda bisa melengkapi toko kelontong Anda dengan berbagai barang yang dibutuhkan masyarakat setempat. Seperti sembako, alat dan bahan mandi, usaha ATK rumahan, dan lain sebagainya.


6. Ternak Ayam Kampung Sebagai Peluang Bisnis di Desa

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah dengan beternak ayam kampung. Hal ini dikarenakan mayoritas rumah di desa lahannya sangat luas dan lingkungannya juga sangat kondusif untuk ternak ayam.

ide bisnis - Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - Peluang Bisnis di Desa -
Ternak Ayam Kampung Sebagai Peluang Bisnis di Desa

Ternak ayam kampung termasuk solusi usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan. Ayam kampung anakan harganya relatif murah dan pemeliharaannya pun cukup mudah. Makanannya tidak terlalu mahal. Anda bisa memberikan pur ayam atau nasi semalam yang tidak habis untuk dimakan ayam.

7. Membuka Usaha Fotocopy

Memang untuk saat ini peluang usaha fotocopy sudah tak seramai dulu. Namun, bukan berarti redup total. Anda masih bsa menjadikan fotocopy sebagai ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Karena seperti yang kita lihat, di pedesaan kebutuhan akan foto kopi pun masih tinggi.

8. Jualan Token Listrik

Sedikit demi sedikit, penduduk sudah mulai menggunakan sistem listrik pra bayar atau yang biasa kita sebut dengan token listrik. Ini juga berlaku pada masyarakat desa. Anda bisa memulai ide usaha ini dan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Ini merupakan salah satu usaha jangka panjang di desa.

Mulailah untuk riset aplikasi distributor token listrik PLN. Anda bisa mencarinya di sekitar tempat tinggal Anda ataupun via online di play store. Labanya juga lumayan oke jika ditelateni dengan benar. Dan ingat, jangan menerima pelanggan yang berhutang agar keuangan bisnis tetap berjalan.

9. Menjual Beberapa Bibit dan Biji Tanaman

Desa identik dengan pertanian dan tanaman yang subur. Jualan beberapa bibit tanaman merupakan ide usaha yang menarik dan cocok dilakukan di pedesaan. Anda bisa berjualan biji jagung, tomat, cabe, dan beberapa bibit tanaman lainnya yang sekiranya banyak dicari.

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan - usaha jangka panjang di desa
Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan : Menjual Bibit dan Biji Tanaman

Selain pasar offline, bisnis Anda ini pun bisa Anda kembangkan melalui online. Kemas ulang secara bagus dan mulai upload di media sosial serta e commerce untuk menarik pembeli. Anda juga dapat menjual bibit tanaman langka agar pembeli tegoda untuk order di tempat Anda.

10. Membuka Jasa Jahit Rumahan

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah dengan membuka jasa jahit rumahan. Jasa jahit ini tidak akan pernah ada matinya selama manusia masih membutuhkan pakaian. Anda tidak perlu takut dengan pesaing konveksi ataupun media online yang sedang perang harga.

Hasil jahitan yang dihasilkan rumah jahit tetap kualitasnya lebih bagus dari hasil garment. Ada harga ada rupa. Jika memang Anda tidak bisa menyediakan harga murah, bermainlah di kualitas produk. Prebaiki kualitas dan bidik target marketing yang benar-benar menghargai karya dan kualitas.

 

Penutup - Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan Low Budget

Terlahir di desa bukan berarti Anda tidak bisa berpenghasilan yang cukup. Jika Anda bisa membaca peluang usaha modal kecil untuk pemula Anda pun bisa berkarya di pedesaan dengan pemasukan yang tinggi dan cukup untuk menanggung biaya hidup keluarga.

Ada beberapa usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dengan modal kecil yang dapat Anda terapkan. Di antaranya adalah membuka usaha melayani jasa titip, usaha air minum isi ulang,  membuka jasa pembuatan kandang, jasa cuci motor, dan bisnis toko kelontong.

Apa hanya itu saja jenis usaha dengan modal kecil untuk pemula di pedesaan? Tentu tidak. Masih banyak lagi inspirasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang belum sempat Desa Merdeka sajikan. Dan artikel ini akan di-update sehingga Anda bisa memilih ide bisnis apa yang cocok untuk Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url