Makanan Burung Walet Terbaik yang Paling Disukai Walet

 Makanan burung walet - membuat makanan walet buatan sendiri - cara membuat pakan walet dari pakan ayam - pakan walet dari pepaya - apa makanan burung walet 

Makanan Burung Walet Terbaik yang Paling Disukai Walet
Makanan Burung Walet

Makanan Burung Walet - Untuk Anda para peternak walet yang masih dalam tahap pemula, mungkin Anda masih bingung tentang apa sebenarnya makanan burung walet yang paling disukai. Mengetahui makanan burung walet adalah hal yang penting untuk dipelajari.

Makanan adalah sumber utama makhluk hidup agar bisa tetap bertahan hidup, termasuk burung walet. Bayangkan saja, jika kita punya peternakan burung walet tapi kita tidak tahu apa makanan burung walet itu sendiri. Burung walet pun akan kabur dan mencari sarang baru yang kaya akan makanan.

Baca Juga : Budidaya Rumput Odot untuk Hasil Panen Maksimal

Inilah Makanan Burung Walet yang Sangat Disukai dan Bikin Sehat

Apa makanan burung walet - Agar burung walet sehat dan aktiv, pemberian makanan burung walet harus benar-benar dijaga. Baik itu jenis makanannya, rutin pemberiannya, dan kehigienisan dari makanan tersebut.

- Makanan Burung Walet Kecil atau Masih Piyik

Anakan walet masih harus sering diperhatikan dalam pertumbuhannya, termasuk dalam hal makanannya. Makanan burung walet kecil atau anakan tentu berbeda dengan makanan walet yang sudah dewasa. Hal ini karena sistem pencernaan mereka pun berbeda.

Inilah Makanan Burung Walet yang Sangat Disukai dan Bikin Sehat
Makanan Burung Walet Kecil atau Masih Piyik

Saat masih bayi atau piyik, urusan makanan masih menjadi tanggung jawab sang induk. Anakan walet harus dikasih makan induknya langsung dari mulut atau paruhnya. Di usia ini piyik walet masih harus disuapi sang induk.

Lalu, apa makanan burung walet kecil? Tentu saja makanan yang berukuran kecil yang bisa cerna sempurna oleh sang piyik walet. Contohnya, jentik-jentik. Anda bisa membuat kolam di rumah walet agar dihinggapi nyamuk untuk bertelur.

Ketika sudah menjadi jentik-jentik, induk walet pun akan mengambil jentik-jentik sebagai makanan burung walet kecil untuk anaknya. - burung walet makan apa - 

Tidak hanya jentik nyamuk, Anda juga bisa menanam pohon mangga, waru ataupun akasia untuk menarik serangga berkembang biak. Larva serangga itulah yang akan dijadikan makanan burung walet kecil atau anakan oleh induknya.


- Makanan Burung Walet yang Hidup di Alam Bebas

Tuhan telah mempersiapkan semua kebutuhan makhluk hidup di alam bebas, termasuk makanan burung walet. Burung walet yang hidup di alam bebas tidak akan merasa kesulitan dalam mencari makan. Mereka selalu mendapatkan makanan yang ia sukai dan terbang ke mana makanan itu berada.

Inilah Makanan Burung Walet yang Sangat Disukai dan Bikin Sehat
Makanan Burung Walet yang Hidup di Alam Bebas

Burung walet bisa terbang ke hutan untuk mencari ulat kecil. Mereka bisa pergi ke rawa-rawa, sawah, atau di mana saja yang sekiranya banyak makanan untuk bisa mengenjangkan perutnya. Entah itu larva, ulat, atau serangga kecil lainnya yang ia jumpai. makanan burung walet


- Makanan Burung Walet Ketika Sudah Dewasa

Burung walet saat dewas mereka bisa terbang ke alam bebas dengan sesuka hati. Seperti yang sudah dibahas tadi, mereka bisa lari ke hutan, rawa, kebun, sawah, dan tempat lainnya yang berpotensi sebagai tempat banyaknya pakan burung walet.

Inilah Makanan Burung Walet yang Sangat Disukai dan Bikin Sehat
Makanan Burung Walet Ketika Sudah Dewasa

Itu, jika di alam bebas. Namun, ketika Anda adalah seorang peternak burung walet, maka Anda juga harus menyediakan makanan burung walet di rumah walet yang Anda buat. Anda bisa membuat kolam dan mengisinya dengan benih udang.

Di samping menghasilkan uget-uget, udang kecil juga sangat disukai walet. Anda juga bisa memberikan makanan burung walet dengan ulat kecil. Caranya mudah. Cukup taruh kulit buah-buahan seperti kulit mangga, rambutan, manggis, dan lainnya di lantai. Tunggu sampai membusuk dan memunculkan ulat.

Berikanlah kulit buah yang sudah ada ulatnya tadi pada burung walet. Cara lainnya yaitu dengan menaruh kacang-kacangan, singkong, atau tepung tapioka ke dalam laintai sarang walet. Bahan-bahan tersebut pun akan membusuk dan menghasilkan ulat sebagai makanan burung walet.

Membuat Makanan Walet Buatan Sendiri Mudah dan Ekonomis

Para pemilik rumah burung walet umumnya memang membuat makanan walet buatan sendiri yang dirasa memang cukup mudah dan irit anggaran. Namun, dalam hasil membuat pakan walet inilah yang berbeda. Agar hasil pakan walet buatan sendiri melimpah, silakan baca artikel di bawah ini:

1. Cara Membuat Makanan Burung Walet dengan Bahan Jerami

Kita tadi sudah membahas cara membuat makanan burung walet dengan mendatangkan jentik nyamuk dan ulat dari kulit buah yang dibiarkan. Sekarang mari kita mencoba membuat makanan burung walet dengan jerami. Caranya sama, hanya saja ada sedikit perbedaan.

Cara Membuat Makanan Burung Walet dengan Bahan Jerami
Cara Membuat Makanan Burung Walet dengan Bahan Jerami

Pertama, tebarkan jerami di lantai. Beri percikan air pada jerami tersebut. Biarkan sampai proses pembusukan jerami dan air tersebut berjalan. Setelah itu, beberapa hama dan hewan kecil pasti akan keluar memenuhi jerami yang membusuk. Gunakanlah serangga tersebut untuk makanan burung walet.


2. Membuat Makanan Walet Buatan Sendiri dengan Menir

Makanan burung walet - Pecahan beras atau yang sering disebut dengan menir juga bisa Anda gunakan untuk membuat makanan walet buatan sendiri. Cara membuat pakan burung walet dari menit ini pun tergolong cukup mudah. Pertama, sediakan tempat seluas 1-2 meter.

Siapkan menit yang sudah diperciki air. Tunggu sekitar 4-5 bulan untuk memunculkan kutu-kutu beras. Timbun bahan pakan walet tadi dengan jagung, bekatul, gaplek, atau gabah dan tebarkan pada tempat dengan luas 1-2 meter agar hasil panen lebih banyak.


3. Adonan Tepung dan Ragi untuk Membuat Makanan Walet Buatan Sendiri

Burung walet makan apa saja? Apakah walet makan tepung? Bukan. Tepung dan ragi ini hanya kita gunakan untuk mengundang drosophila atau lalat cuka yang akan menjadi makanan burung walet. Cara membuat makanan burung walet dari tepung dan ragi bisa cek di bawah ini:

  • Siapkan baskom besar yang sekiranya nanti masih ada sisa seperempat bagian kosong dari adonan.
  • Buat adonan dari 600 gram dari hasil campuran tepung, ragi, serta ekstrak buah-buahan yang sudah dihinggapi lalat cuka.
  • Tuangkan 3 liter air panas pada adonan di atas.
  • Aduk sampai rata.
  • Masukkan baskom yang sudah berisi adonan ini ke dalam rumah burung walet dan letakkan pada wilayah walet yang sudah ada sarangnya.
  • Jangan lupa bagian bawah sediakan tatakan agar semut tidak bisa masuk baskom.
  • Tutup baskom memakai ayaman kawat 1x1 cm agar cicak tidak bisa masuk.
  • Anda bisa menambahkan adonan secara rutin sebulan sekali agar hasil lalat cuka semakin melimpah.

4. Cara Membuat Pakan Walet dari Pakan Ayam

Apakah pakan ayam bisa digunakan sebagai makanan burung walet juga? Tentu bisa. Asal tahu bagaimana cara membuat pakan walet dari pakan ayam dengan benar. Banyak sekali para budidaya burung walet memanfaatkan pakan ayam untuk makanan walet. 

Hal ini selain mudah, juga pakan ayam mengandung banyak vitamin yang juga bagus untuk perkembangan burung walet itu sendiri. Lalu bagaimana cara membuat pakan walet dari pakan ayam agar rumah burung walet cepat panen?

Alat dan Bahan untuk Membuat Pakan Walet dari Pakan Ayam

  • Pur ayam 2 kg
  • Ragi makanan 1 bungkus
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Kolam air / bak air
  • Air secukupnya.

Cara Membuat Pakan Walet dari Pakan Ayam :

  • Untuk cara membuat makanan walet buatan sendiri dari pakan ayam adalah sebagai beikut:
  • Campurkan pur ayam atau pakan ayam, ragi, susu kental manis pada kolam air atau bak air yang sudah disediakan.
  • Aduk adonan pakan burung walet tadi sampai menjadi adonan cair.
  • Taruh bak yang berisi adonan makanan burung walet ke dalam rumah burung walet.
  • Tunggu satu minggu dan adonan pakan walet ini akan mengalami penguraian dan menghasilkan ulat-ulat kecil.

Lalu? Burung walet makan apa dari adonan ini? Tentu saja dari ulat-ulat kecil yang nantinya akan berubah menjadi serangga terbang. Bagaimana? Mudah kan cara membuat pakan walet dari pakan ayam? Semakin banyak adonan, semakin banyak pula serangga yang akan dihasilkan.

Baca Juga : Kompos Organik : Cara Membuat Serta Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

5. Pakan Walet dari Pepaya

Pepaya adalah buah yang mudah busuk. Matang sedikit, orang sudah enggan untuk mengkonsumsinya. Sayang sekali jika Anda adalah petani pepaya atau penjual pepaya harus membuang buah manis ini begitu saja. Padahal Anda bisa membuat pakan walet dari pepaya.

Membuat Makanan Walet Buatan Sendiri - rumah burung walet - Cara Membuat Pakan Walet dari Pakan Ayam
Membuat pakan walet buatan sendiri : Pakan walet dari pepaya

Membuat pakan walet buatan sendiri - Jika Anda bukan petani atau penjual pepaya, Anda bisa mencari buah ini lewat mereka dan membuat makanan burung walet dari pepaya sendiri di rumah. Cara membuat pakan walet dari pepaya juga tidaklah sulit alias sangat mudah. 

Cukup sediakan pepaya dan biarkan membusuk sampai mengeluarkan serangga. Letakkan pepaya di dalam rumah burung walet dan mereka akan memakannya. Anda juga bisa menambahkan buah lain agar lebih banyak. Seperti sawo, jeruk, mangga, rambutan, dan sebagainya. pakan walet dari pepaya


Ciri-ciri Makanan Burung Walet yang Mereka Sukai

Hampir semua serangga kecil disukai burung walet, terlebih burung walet dewasa. Namun, ada beberapa makanan burung walet yang sangat mereka sukai. Makanan tersebut memiliki ciri dengan aroma khas udang kering, ikan, dan juga aroma tembakau.

Hal inilah yang medasari kebiasaan burung walet sering terbang ke kebun tembakau. Mereka mencari ulat kecil yang mereka jadikan santapan terlezat. Begitu juga di rawa. Aroma ikan keci dan udang  sangat menggugah selera si walet.'

Baca Juga : Inilah Komposisi Pakan Kambing Penggemukan - Kambing Gemuk Harga Meningkat

Aroma durian, cumi-cumi, terasi, cabe goreng, dan asap pembakaran sangat tidak disukai burung walet. Pelajaran buat Anda, jika Anda ingin sarang burung walet Anda ramai, alangkah baiknya membangun rumah walet yang sekiranya bau-bau tersebut tidak bisa tercium walet, atau mereka akan pergi.

Ada lagi. Walet paling tidak suka dengan aroma gedung baru. Selezat apapun makanan burung walet yang Anda sediakan di gedung baru untuk ternak walet, mereka tidak akan menyukainya. rumah burung walet 

Jadi, untuk Anda yang masih baru terjun di dunia perwaletan, buatlah rumah walet seakan-akan sudah lama dihuni. Tidak ada bau cat tembok, semen, dan lainnya. Bagaimana caranya? Itu semua akan kita pelajari di lain waktu, di halaman yang lain dan tetap di situs ini.

Penutup - Makanan Burung Walet Terbaik yang Paling Disukai Walet

Itulah tadi beberapa referensi tentang makanan burung walet terbaik yang paling disukai walet. Mulai dari makanan burung walet piyik atau masih bayi, pakan walet ketika di alam bebas, sampai pada makanan burung walet yang sudah dewasa.

Pembahasan lain seperti aroma makanan burung yang disukai dan tidak disukai pun ada di dalamnya. Anda bisa menjadikannya acuan untuk pemberian makanan pada ternakan walet Anda. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan tentang makanan burung walet.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url