Cara Usaha Kambing Aqiqah dan Manajemen Bisnis Aqiqah Lengkap

Usaha Kambing Aqiqah - Salah satu jenis bisnis yang masih cukup menjanjikan baik itu di kota ataupun di desa adalah usaha aqiqah. Seperti yang sudah kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama islam, di mana ada tuntunan untuk mengadakan aqiqah setelah kelahiran bayi.

Cara Usaha Kambing Aqiqah dan Manajemen Bisnis Aqiqah Lengkap
Cara Usaha Kambing Aqiqah dan Manajemen Bisnis Aqiqah Lengkap

Aqiqah adalah menyembelih hewan setelah kelahiran anak. Dengan ketentuan 1 kambing untuk anak perempuan dan 2 kambing untuk anak laki-laki. Memang aqiqah bisa dilakukan dengan memasak sendiri di rumah bersama tetangga atau sanak saudara.

Namun, bagi beberapa orang menginginkan hal praktis tanpa repot memasak serta bersih-bersih lemak kambing. Salah satu caranya yaitu dengan menyerahkan semuanya pada lembaga atau jasa usaha kambing aqiqah terdekat atau termurah.

Baca Juga : 9 Cara Memulai Bisnis Furniture Kecil Kecilan untuk Pemula Modal Minim

Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Usaha Kambing Aqiqah?

Dari masalah di atas, Anda bisa melihat peluang usaha aqiqah yang masih cukup menjanjikan. Apalagi dewasa kini banyak masyarakat kita yang tidak sempat untuk memasak dan memilih catering aqiqah untuk anak mereka.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis catering aqiqah ini, berikut adalah beberapa cara untuk memulai usaha kambing aqiqah yang bisa Anda lakukan:

1. Niat yang Kuat dan Menguasai Ilmu Aqiqah

Cara untuk memulai usaha kambing aqiqah yang pertama adalah dengan menetapkan niat. Bulatkan tekad untuk menekuni jenis bisnis ini. Di samping itu Anda juga harus menguasai ilmu aqiqah, karena ini bukan hanya sebuah tradisi. Setidaknya Anda tahu kambing yang bagaimana yang sudah bisa dijadikan aqiqah anak.


2. Siapkan Modal Usaha Catering Aqiqah

Selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah tentang perhitungan bisnis aqiqah yaitu modal. Modal ini sangat penting dalam menjalankan semua bisnis. Urusan modal usaha catering harus Anda ketahui. Untuk perhitungan bisnis aqiqah katakan saja harga kambing adalah 1-3 juta.

Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Usaha Kambing Aqiqah?
Usaha Kambing Aqiqah : Siapkan Modal Usaha Catering Aqiqah

Ini baru kambing. Belum beras, bumbu dapur, dan juga gaji karyawan. Modal usaha caterig aqiqah ini tergolong besar. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Menabunglah mulai sekarang, kekurangannya Anda bisa mengajukan pinjaman modal bisnis di lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK.


3. Melakukan Kerja Sama dengan Peternak Kambing

Tips usaha kambing aqiqah untuk point ini adalah bagi Anda yang bukan peternak kambing. Anda bisa membeli kambing dari peternak langsung atau beli di pasar kambing. Jika untuk bisnis jangka panjang yang lebih efisien adalah bekerja sama dengan peternak kambing untuk mendapatkan harga langganan.


4. Pilih Tempat yang Strategis

Manajemen bisnis aqiqah juga meliputi pemilihan tempat yang strategis. Anda bisa mendirikan tempat usaha di pinggir jalan atau di wilayah padat penduduk. Namun, jika dirasa ini sangat sulit, Anda bisa menempati tempat yang memang sudah Anda siapkan dengan mengakalinya dengan memperkuat promosi.

Baca Juga :

5. Buat Menu Catering Aqiqah yang Bervariatif

Salah satu hal yang membuat usaha kambing aqiqah dan bisnis catering aqiqah Anda laku adalah dengan membuat menu catering aqiqah yang bervariasi. Anda harus kreatif dalam memasak olahan daging. Jangan hanya berpatok pada gulai dan sate kambing saja. Itu sudah sangat umum.


6. Sediakan Harga Paket Aqiqah yang Beragam

Selain menu catering aqiqah yang beragam, Anda juga perlu menyediakan paket harga aqiqah yang beragam sesuai menu atau jenis kelamin anak. Misalnya p1 juta berupa satu ekor kambing yang setelah diolah menghasilkan 300 tusuk sate dan 50 porsi gulai. Sementara, paket Rp2,5 juta menghasilkan 700 tusuk sate, dan 100 porsi gulai.

Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Usaha Kambing Aqiqah?
Usaha Kambing Aqiqah : Sediakan Harga Paket Aqiqah yang Beragam

Sediakan pula paket aqiqah murah, harga paket aqiqah untuk anak laki-laki, harga paket aqiqah untuk anak perempuan dengan berbagai paket menu catering aqiqah yang sudah Anda bikin. Sertakan pula layanan free delivery untuk wilayah terdekat.


7. Merekrut Karyawan Usaha Aqiqah

Cara usaha kambing aqiqah selanjutnya adalah dengan merekrut karyawan karena Anda tidak akan bisa melakukan semuanya sendiri. Memilih kambing yang berkualitas, menyembelih, memasak, promosi dan semua manajemen bisnis aqiqah perlu orang yang ahli di bidang masing-masing.


8. Promosi Usaha Kambing Aqiqah dan Catering Aqiqah

Hal yang tak kalah penting dari manajemen bisnis aqiqah adalah promosi. Anda harus melakukan promosi ini secara maksimal, baik online maupun offline. Anda bisa menyebarkan selebaran brosus atau menempelkannya di berbagai tempat strategis.

Untuk promosi usaha kambing aqiqah secara online, Anda bisa membuat akun media sosial dan memposting usaha catering aqiqah di sana. Jangan melulu posting tentang bisnis penjualan. Sesekali posting tentang doa-doa untuk anak, tips proses pemilihan kambing untuk aqiqah dan lain-lain.

Penutup - Cara Usaha Kambing Aqiqah dan Manajemen Bisnis Aqiqah Lengkap

Itulah tadi adalah beberapa cara untuk memulai usaha kambing aqiqah dan bisnis catering aqiqah. Mungkin Anda akan berkecil hati saat melihat adat aqiqah di desa yang masih bisa ditangani sendiri. Tapi percayalah masih banyak orang yang membutuhkan jasa catering aqiqah terdekat agar lebih praktis.

Anda bisa memulai usaha kambing aqiqah ini dengan mengumpulkan niat, mempersiapkan modal dan tempat, serta membuat rancangan manajemen bisnis aqiqah lainnya. Seperti merekrut karyawan, membuat paket aqiqah murah dengan menu catering aqiqah yang bervariasi serta gencar promosi untuk mengenalkan usaha aqiqah Anda pada wlayah yang lebih luas.

Pencarian Terkait :

usaha kambing aqiqah - manajemen bisnis aqiqah - usaha aqiqah - catering aqiqah - paket aqiqah murah - catering aqiqah terdekat - harga paket aqiqah untuk anak laki-laki - menu catering aqiqah - harga paket aqiqah untuk anak perempuan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url