Beli Rumah di Perumahan? Pastikan Pengembang Punya Konsep Livable City

Beli Rumah Baru di Perumahan dengan Konsep Livable City - Kebutuhan tanah untuk hunian makin hari makin meningkat. Banyak orang yang membeli rumah di perumahan untuk hunian namun tidak memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup atas hunian yang mereka pilih.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City - The Future of Integrated Livable City in Indonesia - 4 Pilar

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang juga sedang mencari rumah baru? Pastikan Anda tidak salah pilih developer properti dan juga konsep rumah masa depan layak huni yang mereka tawarkan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih jaun tentang konsep Livable City yang mulai banyak diterapkan.

Apa Saja Pertimbangan dalam Membeli Rumah?

Sebelum Anda beli rumah baru, Anda harus mempunyai beberapa pertimbangan dalam membeli rumah. Hal ini dikarenakan rumah adalah kebutuhan pokok yang harganya juga tidak main-main. Tentu Anda tidak ingin kan menyesal di kemudian hari?

Sebelum mempelajari lebih jauh apa itu Livable City, kita bahas terlebih dahulu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah. Lalu apa saja pertimbangan dalam membeli rumah? Berikut Ulasannya:

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi adalah salah satu faktor paling penting dalam pembelian rumah. Pertimbangkan dekatnya dengan tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, sarana kesehatan, dan fasilitas umum lainnya. Lokasi juga bisa mempengaruhi nilai properti di masa depan.

2. Ukuran dan Kebutuhan Rumah

Tentukan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan berapa banyak kamar tidur dan kamar mandi yang diperlukan, apakah ada ruang ekstra seperti kantor atau ruang keluarga, serta apakah ada potensi untuk perluasan di masa depan.

3. Anggaran dan Keuangan

Tentukan anggaran yang realistis berdasarkan pendapatan dan pengeluaranmu. Selain harga rumah, pertimbangkan juga biaya lain seperti uang muka, pajak properti, asuransi, perbaikan, dan pemeliharaan.

4. Keamanan

Pastikan wilayah tersebut aman dan memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Anda bisa memeriksa statistik kejahatan dan berbicara dengan penduduk setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

5. Harga Rumah

Ini adalah point yang tidak kalah penting. Sesuaikan budget untuk beli rumah baru dengan kondisi keuangan Anda.

6. Fasilitas dan Layanan

Periksa fasilitas dan layanan di sekitar rumah seperti transportasi umum, taman, sekolah, rumah sakit, dan toko-toko. Faktor ini akan memengaruhi kenyamanan dan gaya hidup Anda.

7. Kondisi Properti

Periksa kondisi fisik rumah. Apakah perlu perbaikan besar atau renovasi? Periksa struktur, atap, sistem pemanas, pendingin udara, kelistrikan, dan instalasi lainnya. Ini dapat mempengaruhi biaya jangka panjang.

Membeli rumah adalah keputusan besar yang memerlukan penelitian dan pertimbangan matang. Sebaiknya diskusikan dengan ahli keuangan atau agen real estat sebelum membuat keputusan akhir. Pastikan rumah Anda termasuk The Future of Integrated Livable City in Indonesia.

Livable City - Kriteria Hunian Masa Depan Kota Layak Huni

Livable city itu apa? Livable City adalah istilah yang sering digunakan pada suatu lingkungan atau kota yang memberikan fasilitas serta kualitas hidup yang baik bagi penduduknya.

Livable city memberikan akses yang setara terhadap kebutuhan hidup seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pendidikan serta lingkungan kerja.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City - The Future of Integrated Livable City in Indonesia - 4 Pilar
Livable City - Kriteria Hunian Masa Depan Kota Layak Huni

Tidak hanya itu, Livable City merupakan konsep kota yang layak huni menawarkan berbagai elemen dan faktor yang menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, berkelanjutan, dan beragam. 

Konsep ini melibatkan aspek sosial, ekonomi, lingkungan, dan infrastruktur yang bekerja bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang ideal bagi kehidupan penduduk.

Ingin memiliki hunian yang demikian? Kabar baik nih, Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City pada proyek yang akan mereka kembangkan. Anda akan memiliki rumah layak huni dengan segala fasilitas, mobilitas, dan keamanan yang tidak kaleng-kaleng.


TOP 10 Kota Layak Huni di Indonesia 2023

Kriteria untuk menjadi "kota layak huni" atau "livable city" dapat bervariasi, tetapi biasanya mencakup faktor-faktor seperti kualitas lingkungan, infrastruktur, transportasi, keamanan, fasilitas kesehatan, pendidikan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Berikut beberapa kota di Indonesia (Nomor hanya angka. Bukan urutan) yang menganut konsep "livable city" berdasarkan beberapa faktor tersebut:

1. Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia dan telah melakukan banyak perubahan positif dalam hal infrastruktur, transportasi umum, dan lingkungan. Kota ini juga dikenal dengan berbagai taman kota dan upaya untuk mengurangi polusi udara.

2. Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia dan pusat ekonomi negara ini. Kota ini memiliki berbagai fasilitas modern, pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat hiburan. Namun, lalu lintas di Jakarta bisa sangat padat.

3. Bandung

Bandung dikenal dengan iklim yang sejuk, lalu lintas yang lebih terkendali dibandingkan dengan Jakarta, dan berbagai taman kota. Kota ini memiliki banyak fasilitas untuk pendidikan dan kesehatan yang baik.

4. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota budaya dengan berbagai situs bersejarah, tetapi juga memiliki lingkungan yang nyaman. Kebersihan kota ini dan aksesibilitas ke berbagai tempat menarik adalah nilai tambah.

5. Malang

Malang adalah kota yang tenang dengan iklim yang sejuk dan udara yang bersih. Kota ini juga terkenal dengan berbagai taman kota dan area wisata alam yang indah.

6. Balikpapan

Kota ini terletak di Kalimantan Timur dan memiliki kualitas udara yang relatif baik. Balikpapan juga mengutamakan tata kota yang tertata rapi dan berbagai fasilitas modern.

7. Makassar

Meskipun merupakan kota besar, Makassar memiliki banyak pantai dan area hijau yang dapat dinikmati penduduknya. Kota ini juga berkembang dalam hal infrastruktur dan transportasi.

8. Batam

Batam adalah kota yang berkembang pesat di Kepulauan Riau dan dikenal dengan kawasan industri dan teknologi yang maju. Kota ini memiliki berbagai fasilitas modern dan berbagai aktivitas rekreasi.

9. Denpasar

Ibukota Provinsi Bali, Denpasar, terus meningkatkan kualitas layanannya, termasuk infrastruktur, kebersihan, dan aksesibilitas ke fasilitas kesehatan.

10. Semarang

Semarang memiliki berbagai bangunan bersejarah dan upaya untuk meremajakan kawasan kota tua. Kota ini juga memiliki fasilitas transportasi yang semakin baik. Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City

Ingatlah bahwa persepsi kota yang "layak huni" atau "livable" dapat berbeda-beda bagi setiap individu, tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi. Selalu penting untuk melakukan riset lebih lanjut dan mempertimbangkan faktor-faktor yang paling penting bagi Anda ketika memilih kota untuk dihuni.

Bagaimana Penerapan Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia? Inilah 4 Pilar Konsep yang Diusung Sinar Mas Land

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City pada setiap projek yang mereka kerjakan. Ini bisa Anda lihat di beberapa wilayah yang mereka kembangkan, seperti Zena BSD City, Kota Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Penerapan Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia? Semuanya tertera pada 4 pilar dalam membangunnya. Apa saja 4 pilar pembangunan dalam mewujudkan The Future of Integrated Livable City in Indonesia? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Live

Pilar pertama dalam konsep livable city adalah Live. Pilar ini lebih mengarah pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat. Contohnya seperti adanya akses jalan, hunian yang memadai, aman, terdapat pusat perbelanjaan dan adanya ruang publik.

2. Learn

Pilar pada Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City selanjutnya adalah Learn. Aspek ini mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat. Seperti tersedianya sekolah formal, sekolah dasar hingga jenjang atas sekolah vokasional, sampai pada universitas nasional dan internasional.

3. Work

Untuk terciptanya The Future of Integrated Livable City in Indonesia, Sinar Mas Land juga mengusung pilar Work. Work ini mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja. Contohnya seperti green office, pusat perkantoran, area komersial, dan juga kota industri.

4. Play

Pilar terakhir dalam konsep hunian livable city adalah Play. Aspek ini mengarah pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional, permainan, dan rekreasi masyarakat. Contohnya seperti taman rekreasi, pusat olahraga, pusat kuliner, sampai pada exhibition halls.

Sinar Mas Land - The Future of Integrated Livable City in Indonesia

Konsep livable city ini sangat cocok buat Anda yang sedang ingin beli rumah baru atapun ingin pindah hunian. Semua kebutuhan Anda sudah terintegrasi di lingkungan hunian Anda. Anda tidak perlu lagi memusingkan hal-hal penting yang berhubungan dengan kehidupan serta pekerjaan Anda.

Adanya akses jalan yang baik dan tempat yang aman pasti akan membuat kehidupan Anda semakin baik. Apalagi dengan adanya ruang publik dan pusat perbelanjaan. Tentu hal ini akan memudahkan Anda ketika ingin membeli sesuatu seperti keperluan dapur, kantor, dan sebagainya.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City - The Future of Integrated Livable City in Indonesia - 4 Pilar
Sinar Mas Land - The Future of Integrated Livable City in Indonesia

Bagaimana dengan pendidikan anak-anak? Anda pun tidak perlu khawatir. Hunian dengan konsep livable city sudah lengkap dengan sekolah di dalamnya. Buah hati Anda akan mendapatkan pendidikan formal dan informal mulai dari jenjang dasar sampai universitas.

Apalagi dengan urusan pekerjaan. Pilar Work dalam konsep hunian masa depan sudah teritegrasi dengan tempat pekerjaan. Ada pusat perkantoran, area komersil, dan juga green office yang membantu Anda lebih mudah dalam memfasilitasi pekerjaan Anda.

Selain itu, hiburan dan rekreasi juga penting. Oleh karenanya untuk merealisasikan The Future of Integrated Livable City in Indonesia, tentunya arena hiburan juga sudah tersedia. Pusat kuliner, pusat olahraga, taman rekreasi, semua lengkap tersedia.

Dengan begitu, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar perumahan Anda. Karena semuanya sudah tersedia dan terintegrasi dalam hunian Anda.

Penutup - Beli Rumah Baru di Perumahan? Pastikan Pengembang Punya Konsep Livable City

Dalam membeli rumah baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yaitu harga rumah, ukuran, sampai pada fasilitas dan layanan yang disediakan. Untuk fasilitas dan layanan, pastikan perumahan Anda memenuhi konsep Livable city.

Livable city sendiri adalah konsep hunian yang dirancang dengan mengutamakan kebutuhan penduduknya. Bagaimana Penerapan Konsep Pembangunan Livable City di Indonesia? Tentunya ada beberapa pilar yang membentuknya.

Di antaranya adalah live, learn, work, dan play. Dalam kota yang layak huni, setiap sudut dirancang dengan penuh perhatian. Mulai dari desain perumahan yang modern dan inovatif, transportasi yang lancar, akses mudah ke pusat-pusat pendidikan berkualitas, serta fasilitas kesehatan terdepan.

Bukan hanya itu. Keamanan penduduknya juga terjamin, adanya tempat olahraga, hingga ruang terbuka yang dirancang untuk bersantai dan bermain. Konsep Livable City ini tidak hanya berbicara tentang tempat tinggal, tetapi juga tentang gaya hidup yang seimbang dan kualitas hidup yang unggul.

Bahagianya, Sinar Mas Land kembangkan konsep livable city pada semua proyek yang mereka kembangnkan. Pastikan hunian masa depan Anda layak huni dan semua bisa terintegrasi. Miliki tempat yang lebih dari sekadar rumah, tetapi juga tempat di mana cerita hidup Anda berkembang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url