Gadai AJB Tanah : Ternyata Akta Jual Beli Tanah Bisa Digadaikan

Gadai AJB Tanah - Saat kita membutuhkan uang dan sedang tidak memilikinya, salah satu cara mendapatkannya adalah dengan cara menggadaikan sesuatu pada lembaga keuangan tertentu. Sertifikat tanah, misalnya.

akta jual beli tanah bisa digadaikan - Gadai AJB Tanah
Gadai AJB Tanah : Ternyata Akta Jual Beli Tanah Bisa Digadaikan

Masalahnya, bagaimana jika kita sudah membeli tanah di seseorang tapi sebelum balik nama kita sudah membutuhkannya untuk jaminan bank? Apa yang harus kita lakukan? Kabar baiknya ternyata Akta Jual Beli tanah bisa digadaikan lho. Oleh karenanya jangan membuang AJB setelah transaksi.

Memang, gadai AJB tanah ini caranya lebih rumit daripada menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminan pinjaman. Namun, ketimbang Anda tidak mendapatkan uang padahal kebutuhan sudah sangat mendesak, alangkah baiknya menggadaikan Akta Jual Beli Tanah untuk dijadikan jaminan.

Baca Juga : Begini Cara Pinjam Uang ke Bank BCA Agar Mudah Di-Approve

Cara Gadai AJB Tanah untuk Meminjam Uang

Bagaimana agar Akta Jual Beli tanah bisa digadaikan? Berikut adalah beberapa cara gadai AJB tanah di bank dan lembaga keuangan lainnya yang bisa Anda praktekkan.

1. Kejelasan Tentang Penghasilan Si Penggadai

Sebelum gadai AJB tanah, pastikan dulu kejelasan penghasilan Anda. Karena nantinya Anda tetap akan membayarkan angsurannya setiap bulan ke bank. Jika nominal penghasilan Anda sudah jelas, pasti pihak bank akan lebih mudah meng-approve Akta Jual Beli tanah dan uang pun segera cair.

2. Usia Pelaku Gadai AJB Tanah Harus Cukup

Memang, Akta Jual Beli tanah bisa digadaikan. Namun, tidak semua umur bisa melakukan gadai AJB tanah. Syarat umur dari menggadaikan AJB tanah ini adalah si penggadai berusia 22 tahun sampai 65 tahun. Namun, point ini juga berbeda di tiap kebijakan bank.

3. AJB Merupakan Akta Fidusia

Akta Jual Beli tanah bisa digadaikan dengan syarat AJB tersebut harus akta fidusia. Maksudnya, AJB ini memang benar-benar dibuat oleh notaris yang sudah terdaftar di kantor pendaftaran fidusia. Dengan begitu, menandakan jika Akta Jual Beli tanah Anda sudah dilindungi hukum.

akta jual beli tanah bisa digadaikan - Gadai AJB Tanah
Syarat Gadai AJB Tanah : AJB Merupakan Akta Fidusia

Dengan akta fidusia, pihak bank akan langsung mengeksekusi lahan tersebut jika Anda tidak bisa melunasi pinjamannya. Akan tetapi Anda tidak perlu cemas karena eksekusi ini akan dilakukan setelah menempuh jalan negosiasi yang resmi dan tidak mendadak.

Saat negosiasi, Anda dapat memohon keringanan kalau memang benar-benar tidak bisa melunasinya. Kalau memang sudah tidak ada jalan titik temu lagi, barulah pihak bank akan mengeksekusi lahan yang tertera di AJB tersebut.

4. Akta Jual Beli (AJB) Bukan Berada di Bawah Tanggungan

Saat memeriksa sertifikat, Anda harus memastikan jika AJB tadi tidak sedang ada di bawah tanggungan, dalam artian sedang dalam sitaan atau sengketa hukum. Kita bisa memeriksanya ke Pengadilan Negeri wilayah masing-masing.

5. AJB Tanah di Atas SHM

Saat Anda berniat Gadai AJB tanah di lembaga keuangan, AJB tanag harus di atas SHM. Maksudnya saat membeli, tanah tersebut harus sudah punya Sertifikat Hak Milik (SHM). Oleh karenanya Saat hendak menggadaikan AJB, periksa terlebih dulu punya SHM atau tidak.

6. AJB Punya Kekebalan Hukum

Agar Akta Jual Beli Tanah bisa digadaikan, lain bank lain pula persyaratannya. Seperti AJB atas SHM ada yang dapat diterima bank ada pula yang tidak. Akta ini bisa mempunyai kekebalan hukum pada AJB. Saat Anda tidak bisa melunasinya, maka aset tersebut akan disita.

7. Kelengkapan Syarat Dokumen Gadai AJB Tanah

Saat ingin menggadaikan Akta Jual Beli tanah di lembaga keuangan, mereka akan mengajukan persyaratan dokumen yang harus disiapkan. Dokumen tersebut biasanya berupa Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, buku tabungan, SHM, NPWP, dan lainnya tergantung lembaga keuangannya.

Ini penting sekali sebagai kejelasan  nasabah yang akan melaksanakan gadai AJB tanah di lembaga keuangan tersebut. Mungkin syarat kelengkapan dokumen ini sangat sulit dibandingkan dengan gadai sertifikat atau BPKB. Ini dikarenakan nominal uang yang akan dicairkan memang lumayan besar.

Baca Juga : Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri : Bagaimana Caranya?

Ketahuilah Dahulu Jenis AJB Saat sebelum Gadai AJB Tanah Ke Bank

AJB( Akta Jual Beli) tidaklah suatu sertifikat, melainkan perjanjian jual- beli serta salah satu fakta pengalihan hak atas tanah( akibat dari jual- beli). AJB bisa terjalin dalam bermacam wujud kepemilikan tanah pagi pembuatnya( pacta sunt servanda), baik Hak Kepunyaan, Hak Guna Bangunan, ataupun Girik.

Fakta kepemilikan berbentuk AJB umumnya sangat rentan dengan terbentuknya penipuan AJB ganda, sehingga letaknya kerap kali diragukan buat jaminan pinjaman. Supaya paham benar menimpa AJB tanah Anda, ikuti uraian tipe- tipenya, ya!

- AJB di atas tanah SHM yang belum dipecah

Permasalahan ini kerap terjalin kala Anda membeli tanah kavling. Owner kavling tidak mau terbebani bayaran pemecahan sertifikat serta menawarkan pembeli buat mengurus pemecahan sertifikat sendiri. 

Walaupun demikian, AJB jenis ini merupakan AJB yang sangat nyaman. Anda pasti butuh kepastian pula dari Kantor BPN kalau SHM tanahnya merupakan asli.

- AJB di atas HGB

AJB jenis 2 ini mirip semacam jenis awal, cuma saja pembeli tidak hendak mempunyai hak kepunyaan namun cuma hak guna bangunan( HGB).

- AJB di atas tanah Eigendom, Girik, ataupun Petok

Tanah Eigendom, Girik, ataupun Petok sepatutnya lekas dikonversi jadi SHM. Sangat tidak dianjurkan melaksanakan AJB di atas tanah yang belum dikonversi jadi SHM.

Baca Juga : Butuh Dana Cepat Jaminan Sertifikat Tanah? 4 Lembaga Ini Pantas dan Aman untuk Anda Lirik

Anda Ingin Gadai AJB Tanah di Bank? Bank Formal Ini Dapat Menerima

Walaupun lebih rumit bila dibanding dengan jaminan yang lain, hendaknya Anda senantiasa mengurus pinjaman dengan jaminan AJB ke bank yang formal serta tidak memakai jasa rentenir. Tetapi, tidak seluruh bank ingin menerima pinjaman dengan gadai AJB tanah di bank semacam ini, cuma bank tertentu saja yang menerapkannya.

akta jual beli tanah bisa digadaikan - Gadai AJB Tanah
Bank yang menerima Gadai AJB Tanah

Contohnya merupakan Bank CIMB Niaga serta Bank Danamon. Kedua bank ini dapat jadi pemecahan anda buat gadai AJB tanah di bank. Bank CIMB memiliki 2 opsi buat anda ingin ambil kredit dengan jaminan berbentuk AJB.

Ialah Mikro Madya Loan (Plafon 20– 50 juta serta tenor 12– 36 bulan) serta Kredit Mikro Utama (Plafon 50– 100 juta serta tenor 12– 36 bulan).

Sebaliknya, Bank Danamon sediakan sarana pinjaman dengan gadai AJB tanah di bank lewat proses yang terbilang kilat. Sehabis dokumen diterima, proses pinjaman bisa diproses sehabis 2 hingga 3 hari saja.

Bank Danamon membagikan plafon kredit sampai 500 juta rupiah apalagi dengan tenor hingga 5 tahun. Besarnya pinjaman yang diberikan oleh tiap- tiap bank ini disesuaikan dengan nilai pokok jaminan AJB yang dimilikinya.


Gadai AJB di Pegadaian

Banyak orang yang menanyakan tentang apakah bisa gadai AJB tanah di Pegadaian dan apa saja syarat-syaratnya. Dalam website resminya, memang tidak ada menu gadai AJB di Pegadaian. Yang ada hanyalah gadai sertifikat dan surat berharga.

Jika memang AJB menurut Pegadaian adalah termasuk surat berharga, maka sudah tentu Anda bisa gadai AJB tanah di Pegadaian. Namun jika tidak Anda tetap bisa menggadaikan AJB di bank-bank yang sudah disebutkan di atas.

Syarat Gadai AJB di Pegadaian:

Jika memang gadai AJB tanah di Pegadaian bisa diterima, syarat-syarat umum yang harus Anda penuhi antara lain:

  1. Akta Jual Beli (AJB) itu sendiri
  2. Fotokopi KTP.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Slip Gaji.
  5. Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah)
  6. Fotokopi NPWP.
  7. Surat Keterangan Bekerja.

Penutup - Gadai AJB Tanah : Ternyata Akta Jual Beli Tanah Bisa Digadaikan

Itu tadi adalah beberapa persyaratan gadai AJB tanah untuk mendapatkan pinjaman di bank, pegadaian, dan lembaga keuangan lainnya. Pada dasarnya memang Akta Jual Beli tanah bisa digadaikan. Akan tetapi juga harus ada syarat dan ketentuan yang berlaku di tiap lembaga keuangan.

Syarat dari gadai AJB tanah ini memang lebih sulit daripada gadai dengan jaminan BPKB atau sertifikat tanah. Namun, daripada Anda meminjam uang di rentenir dan lembaga keuangan yang tidak legal, cara di atas tetap menjadi pilihan terbaiknya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url