Kompos Organik : Cara Membuat Serta Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

Alat dan Bahan Pembuatan Kompos - Di pedesaan yang masih melimpah akan bahan alami seperti daun kering, buah dan sayur, serta pupuk kandang sangat sayang sekali jika harus dibuang percuma. Anda bisa memanfaatkan sampah organik tersebut untuk dijadikan pembuatan pupuk organik.

Kompos Organik : Cara Membuat Serta Alat dan Bahan Pembuatan Kompos
Kompos Organik : Cara Membuat Serta Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

Pupuk organik atau pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari sampah organik dan mengalami proses pembusukan, penguraian, atau pelapukan. Hal ini terjadi dengan melibatkan beberapa mikroorganisme atau bakteri pengurai yang ada pada sampah organik tersebut.

Alat dan bahan pembuatan kompos sangat sederhana dan mudah didapatkan. Apalagi untuk Anda yang berada di desa. Bagaimana dengan di kota?  Sama saja. Asal ada niat untuk menjaga lingkungan dengan cara memanfaatkan sampah organik, cara buat pupuk kompos pun bisa dilakukan.

Baca Juga : Pakan Ayam Petelur Pabrikan Recommended untuk Hasil Telur yang Memuaskan

Apa Saja Alat dan Bahan Pembuatan Kompos untuk Membuat Pupuk Sendiri?

Untuk pembuatan pupuk organik atau pupuk kompos, sangat mudah dilakukan. Cukup sediakan alat dan bahan membuatan kompos yang bisa Anda dapatkan di dekat tempat tinggal Anda.

Cara Membuat Pupuk Kompos Versi I

Kami akan menyajikan dua cara pembuatan pupuk organik yang prinsip kerjanya sama, hanya beda tipis saja. Dan inilah cara membuat pupuk organik yang pertama

Alat Pembuat Kompos - Alat dan Bahan Pembuatan Kompos

Sediakan alat pembuat kompos di bawah ini untuk membuat pupuk organik sendiri:

  • Box kayu.
  • Terpal.
  • Cangkul.
  • Sekop

Bahan Pembuatan Kompos

  • Batang daun pisang atau gedebog.
  • Arang sekam. 
  • Kotoran hewan.
  • Sampah dapur.
  • Jerami.
  • EM4 Kompos untuk mempercepat proses penguraian.

Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Menggunakan EM4 Kompos

  1. Setelah alat dan bahan pembuatan kompos sudah Anda peroleh semuanya, langkah selanjutnya adalah langsung praktek bagaimana cara membuat pupuk organik dengan EM4 Kompos. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  2. Siapkan tanah untuk tempat pembuatan pupu organik. Gali tanah tersebut kira-kira 1x1.5 meter. Atau sesuai dengan skala kebutuhan membuat pupuk kompos organik Anda.
  3. Cacah semua bahan, termasuk sampah dapur. Kemudian masukkan cacahan tadi bersama dengan kotoran hewan, jerami, arang sekam, dan gedebog pisang ke dalam box. Lalu masukkan box yang berisi bahan organik tadi ke dalam tanah yang sebelumnya sudah digali. 
    Apa Saja Alat dan Bahan Pembuatan Kompos untuk Membuat Pupuk Sendiri?
    Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Menggunakan EM4 Kompos

  4. Masukkan EM4 Kompos pada beberapa bahan pupuk organik tadi agar proses penguraiannya bisa lebih cepat. Kemudian siram.
  5. Tutup lubang gali tadi atau box yang sudah tertanam menggunakan terpal untuk menjaga kadar kelembaban dan melindungu dari sinar matahari dan air hujan.
  6. Ketika hari ke empat tiba, Anda bisa membuka penutupnya (terpal) untuk menurunkan suhu di dalamnya.Aduk pupuk organis yang sudah tercampur EM4 Kompos dengan sekop atau cangkul hingga merata.
  7. Anda bisa membolak-balik kompos tadi tiap tiga hari sekali sampai kompos organik tadi  berubah menjadi hitam kecoklatan dan menyusut sampai setengahnya.
  8. Ketika pupuk kompos telah menyusut, diamkan 2 mingguan dalam keadaan tertutup sampai pupuk kompos matang. Proses pematangan ini membutuhkan waktu paling cepat 40 hari.
  9. Setelah matang, tunggu 2 minggu lalu angkat. Anda bisa memasukkan pupuk organik ini ke dalam karung. Ini adalah proses yang terakhir dan pupuk organik kompos siap digunakan.
  10. Apabila Anda ingin menjadikan ini sebagai lahan bisnis, jagan lupa mengayaknya terbelih dahulu agar lebih halus dan pastika pengemasan bersih dan rapi.


Cara Membuat Pupuk Kompos Versi II

Setelah Anda mengetahui cara membuat pupuk kompos versi I, Kita akan mencoba cara membuat kompos sederhana dan cepat menggunakan EM4 Kompos. Sebenarnya caranya sama, hanya beda dikit saja.

Alat Pembuat Kompos - Alat dan Bahan Pembuata Kompos

Sediakan alat pembuat kompos di bawah ini untuk membuat pupuk organik sendiri:

  • Tong.
  • Terpal.
  • Cangkul.
  • Sekop

Bahan Pembuatan Kompos

  • Batang daun pisang atau gedebog.
  • Arang sekam. 
  • Serbuk gergaji.
  • Kotoran hewan.
  • Sampah dapur.
  • Jerami.
  • EM4 Kompos untuk mempercepat proses penguraian.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Menggunakan EM4 Kompos II

  1. Siapkan tempat untuk membuat pupuk organik berupa tong.
  2. Masukkan bahan pembuatan pupuk organik di atas ke wasah tong.
  3. Tambah serbuk gergaji pada bahan pembuat pupuk kompos untuk mengurangi bau busuk yang menyengat.
  4. Tuangkan EM4 Kompos atau bakteri mikroorganisme lainnya juga boleh. 
    Alat dan Bahan Pembuatan Kompos Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Menggunakan EM4 Kompos II
    Cara Membuat Kompos Sederhana dan Cepat Menggunakan EM4 Kompos

  5. Tutup tong secara rapat lalu taruh di tempat yang aman dari terik matahari dan hujan.
  6. Biarkan selama 24 jam. Setelah itu tong dibuka dan aduk isinya sampai terkocok merata dan sempurna.
  7. Diamkan kembali selama 5 hari untuk penyempurnaan proses pematangan.
  8. Jika bau yang menyengat sudah hilang, berarti pupuk kompos sudah matang.
  9. Angkat dan pindah kompos pada tempat yang rindang.
  10. Kompos siap digunakan.

Bagaimana? Mudah, kan? Cara membuat kompos dari daun kering dengan EM4 kompos ini sangat mudah. Bahannya pun tak hanya berpaku pada daun kering. Melainkan sampah rumah tangga lainnya. Seperti buang yang sudah busuk, tangkai sayur yang tidak dimasak, sampai pada kulit bawang.

Jika yang berada di kota saja mampu membuat pupuk organik dari limbah rumah tangga, tentunya yang di desa pasti lebih bisa kan? Secara alat dan bahan pembuatan kompos berlimpah ruah di desa. Apalagi yang masih bertanam unggas, sapi, atau kambing. Bisa tuh kotoran hewannya kita gunakan.

Nah? Mengerti kan penjelasan tentang cara membuat serta alat dan bahan pembuatan kompos dengan EM4 Kompos ini? Untuk cara membuat pupuk kandang atau dari kotoran hewan, akan kita bahas di lain hari. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url