Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Berikut Paket Usaha Cuci Mobil

Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor - Bisnis steam motor dan mobil bisa dipastikan akan melesat tajam. Kita lihat saja sekarang, Badan Pusat Statistik Indonesia mencatat sebesar 120,101,047 unit jumlah kendaraan sepeda motor menurut jenis pada tahun 2018.

Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Berikut Paket Usaha Cuci Mobil
Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Berikut Paket Usaha Cuci Mobil

Angka-angka ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Namun, tidak semua pembeli mobil mempunyai keahlian dalam cuci mobil atau motor. Sebagian dari mereka akan lebih memilih untuk membawa mobil atau motornya ke jasa cuci motor terdekat.

Meskipun nantinya bisnis cucian motor dan mobil akan mengalami persaingan ketat, tentu itu tidak akan berpengaruh bagi pelaku usaha cuci motor atau mobil yang sudah belajar cara memulai usaha cuci mobil dan motor sebelumnya.

Baca Juga : 5+ Rekomendasi dan Tips Sukses Franchise Bubur Bayi Murah Sehat

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Agar Tetap Banyak Pelanggan?

Sepertinya Anda mulai tertarik dengan bisnis ini setelah melihat seberapa peluang usaha cuci mobil sebenarnya. Untuk itu di sini kami berikan beberapa kiat, tips ataucara memulai usaha cuci mobil dan motor yang bisa Anda praktekkan.

1. Lakukan Riset Tempat Pencucian Mobil atau Motor

Dalam segala bidang usaha, riset tempat sangatlah penting. Tak terkecuali bisnis cuci mobil dan motor. Oleh karena itu, mulailah usaha ini dengan survey lokasi terlebih dahulu. Pertimbangkan tipe jalan, populasi penduduk, dan juga banyaknya sepeda motor atau mobil yang ada di sekitar.

Usahakan Anda memilih tempat usaha cuci mobil dan motor yang padat penduduk. Jika penduduknya banyak, kemungkinan usaha Anda juga akan laris. Selain itu perhatikan pula beberapa bisnis yang sudah berdiri di sana.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Agar Tetap Banyak Pelanggan?
Lakukan Riset Tempat Pencucian Mobil atau Motor

Akan lebih rame jika ada beberapa usaha yang memang sudah laris. Contohnya, bangun jasa pencucian motor atau mobil di dekat warung kopi, hotel, dan beberapa usaha lokal lainnya yang sekiranya mereka minat untuk membersihkan kendaraan. Ingat. Ini butuh waktu. Luangkan waktu Anda untuk ini.


2. Perhatikan Adakah Usaha Sejenis yang Sudah Berdiri

Selain riset tempat, Anda juga harus riset kompetitor. Perhatikanlah target tempat Anda. Adakah usaha pencucian mobil dan motor yang sudah berdiri. Jika sudah, kemungkinan akan sukses pasti sedikit berkurang. Namun, Anda jangan berkecil hati.

Jika Anda sudah memantapkan hati pada tempat tersebut, Anda harus punya kelebihan yang bisa menarik konsumen untuk datang ke tempat Anda. Caranya, pelajari strategi marketing mereka. Olah dan sajikan yang lebih untuk kostumer Anda.


3. Siapkan Modal Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Semua usaha butuh modal, termasuk usaha cuci mobil dan motor. Anda bisa mulai riset harga alat alat cuci motor dan mobil serta harga paket usaha cuci mobil dan motor. Lalu sesuaikan dengan modal bisnis cuci mobil dan motor yang Anda miliki.

Untuk awal bisnis, sesuaikan dengan modalnya dulu. Nanti jika sudah berkembang, Anda bisa menambah alat usaha cuci motor atau mobil yang lebih canggih dan jumlah yang lebih banyak. Lantas, berapa modal cuci motor dan mobil yang harus kita siapkan>

Untuk modal bisnis cuci motor manual, mungkin 8.000.000 an sudah dapat. Namun jika Anda memilih untuk mendirikan usaha cuci motor modern dengan sistem hidrolik, modal usaha cuci motor yang harus Anda keluarkan bisa sekitar 20.000.000 an. 


4. Lengkapi Alat Cuci Mobil dan Motor

Membuka usaha cuci motor modern atau mobil, tidak akan lepas dari adanya alat usaha cuci motor dan mobil yang akan Anda gunakan. Siapkan peralatan stream dan kompresor karena alat inilah yang akan memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis ini.

Jangan lupa bahan yang digunakan juga. Pastikan sumber air memadai. Lengkapi peralatan usaha cuci mobil dan motor Anda dengan kanebo, shampoo khusus kendaraan, kain lap, sikat, pengilap motor, dan juga semir ban.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Agar Tetap Banyak Pelanggan?
Lengkapi Alat Cuci Mobil dan Motor

Jika modal bisnis cuci mobil dan motor Anda cukup, Anda bisa melengkapinya dengan membeli tangki snow untuk membuka usaha cuci motor salju. Jangan lupa sediakan cairan khusus untuk menghasilkan busa salju.

Jika Anda ingin membuat usaha cuci motor modern atau mobil yang lebih canggih lagi, Anda bisa mulai melirik pompa hidrolik yang bisa mengangkat motor dan mobil sehingga bagian bawah kendaraan bisa mudah dijangkau.

Untuk mendapatkannya, bisa dengan membelinya secara terpisah. Atau Anda juga bisa membeli paket usaha cuci mobil dan motor di beberapa marketplace Indonesia. Membeli secara paket tentu harganya jauh lebih murah dibanding ketika Anda membelinya secara terpisah.


5. Bisnis Cucian Motor dan Mobil juga Butuh Karyawan

Cara memulai usaha cuci mobil dan motor selanjutnya adalah dengan merekrut karyawan. Anda tidak akan bisa dengan hanya mengandalkan tenaga sendiri. Anda butuh karyawan untuk memajukan usaha Anda. Setidaknya 2 atau 3. Ini untuk skala kecil.

Anda harus merekrut karyawan untuk menunjang bisnis Anda agar kostumer mau mencucikan kendaraan di tempat Anda. Dengan merekrut karyawan, kegiatan cuci mobil atau motor tentu bisa lebih cepat. Dan inilah yang dikari kostumer. Jangan lupa berikan pula mereka cara dasar mencuci motor atau mobil.

Baca Juga : 

6. Memasarkan Bisnis Cucian Mobil dan Motor Agar Lebih Dikenal

Selanjutnya, yang bisa Anda lakukan untuk kemajuan usaha cuci motor dan mobil adalah dengan melakukan promosi atau memasarkan jasa Anda. Tentu tujuan dari promosi adalah agar bisnis Anda bisa lebih dikenal dan memperluas jangkauan.

Oleh karena itu, promosi ini sangat wajib bagi Anda yang baru memulai bisnis cucian mobil dan motor agar pelanggan kenal. Jangan lupa beri penawaran semacam diskon untuk menarik pelanggan. Misalnya dengan memberikan bonus 1x cuci setiap 5x pencucian berbayar.


7. Membuat Usaha Sampingan

Setiap orang yang akan mencuci mobil atau motor, tentu akan menunggunya di lokasi. Anda bisa membuat usaha sampingan untuk kenyamanan mereka. Buatlah warung kecil yang berisi jajanan atau camilan ringan dan aneka minuman.

Tidak perlu banyak ragam. Cukup seperti kopi, teh, es sachet, dan minuman ringan lainnya. Dengan begitu, jika konsumen Anda haus atau lapar, mereka bisa sekalian memesan makanan minuman untuk menemai waktu tunggu. Bisnis cucian mobil dan motor Anda pun bisa semaki terangkat.

Penutup - Cara Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor Berikut Paket Usaha Cuci Mobil

Itulah tadi beberapa cara memulai usaha cuci mobil dan motor yang bisa Anda pelajari dan praktekkan. Pastikan sebelum membuka bisnis pencucian mobil atau motor, Anda sudah tahu ilmunya sehingga tidak ketataran di tengah jalan.

Persiapkan semuanya untuk kelangsungan bisnis Anda. Mulai dari memilih tempat yang strategis, mempelajari strateri pesaing bisnis Anda, merencanakan modal usaha cuci motor dan mobi serta mempersiapkan alat-alatnya. 

Jangan lupa juga merekrut karyawan agar proses pencucian bisa semakin cepat serta mempertimbangkan usaha sampingan untuk kenyamanan pelanggan. Semoga cara memulai usaha cuci mobil dan motor di atas bisa berguna buat Anda dan bisa memajukan usaha Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url