Panduan Lengkap Memulai Usaha ATK Rumahan

Usaha ATK Rumahan - Salah satu usaha rumahan yang bisa dilakukan di desa dan masih cukup baik prospeknya adalah usaha jual ATK atau Alat Tulis Kantor. Tentunya setelah kita melihat fakta di lapangan bahwa hampir semua kalangan memerlukan alat tulis seperti pensil, pena, buku, kertas, dan lainnya. 

Panduan Lengkap Memulai Usaha ATK Rumahan
Usaha ATK Rumahan

Di samping itu, produk dari bisnis alat tulis kantor ini tidak ada masa expired date nya dan tidak bisa basi. Oleh karenanya, risiko barang tidak terjual dalam waktu dekat masih bisa diatasi. Namun, rasanya hal itu tidaklah mungkin terjadi.

Tidak hanya anak sekolah yang membutuhkan peralatan menulis. Guru, mahasiswa, pekerja, dan bahkan ibu rumah tangga sekalipun tetap membutuhkan alat tulis entah itu buku, pensil, dan lainnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Rumah Worth It untuk Pemula

Cara Sukses dalam Usaha ATK Rumahan Untung Berlimpah

Bagaimana memulai usaha ATK? Untuk Anda yang berminat memulai bisnis ATK di rumah, sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui cara memulai bisnis ATK agar bisa balik modal, untung dan tidak rugi.

Dalam artikel ini, Desa Merdeka ingin membagikan sedikit panduan memulai usaha ATK rumahan yang bisa Anda pelajari dan praktekkan.

Kenali Apa itu Usaha Jual ATK

Cara memulai usaha ATK rumahan yang pertama adalah terlebih dahulu mengenali apa itu bisnis ATK. ATK adalah singkatan dari Alat Tulis Kantor. Setelah mengetahui kepanjangannya, tentu Anda sudah bisa menerawang ke mana nantinya usaha ini akan berjalan.

cara memulai bisnis atk - usaha jual atk - usaha atk rumahan - cara bisnis atk - tips sukses dalam berbisnis
Kenali Apa itu Usaha Jual ATK

Apa saja yang di jual di toko ATK? Bisnis toko alat tulis atau ATK ini nantinya Anda akan menjual dan menyediakan beberapa perlengkapan tulis kantor. Biasanya bisa berupa buku, aneka kertas, pensil warna, penggaris, klip, tinta printer, pena, spidol, dan lain-lain.

Meski namanya usaha ATK rumahan akan tetapi tidak hanya berfokus pada peralatan perkantoran saja. Bukan berarti orang yang membeli hanya orang yang bekerja di kantor. Namun maknanya bisa lebih luas. Konsumen bisa dari kalangan pelajar, masyarakat umum, dan juga ibu rumah tangga.


Keuntungan Membuka Bisnis Alat Tulis Kantor

Bisnis ATK sebenarnya bisa dibagi menjadi dua jenis. Yaitu usaha ATK rumahan dan bisnis ATK skala besar. Untuk bisnis alat tulis skala besar biasanya pembelinya adalah beberapa pelaku usaha ATK rumahan yang membutuhkan supplai barang atau distributor ATK untuk usahanya.

Tentu bisnis alat tulis kantor skala besar ini membutuhkan modal usaha yang besar juga. Namun yang sedang kita bahan ini adalah usaha ATK rumahan atau usaha jual ATK skala kecil. Kebutuhan modal usaha juga tidak terlalu besar.

Di samping itu usaha ATK rumahan juga lebih minim risiko. Ini dikarenakan produk yang Anda jual bisa bertahan lama. Hal inilah yang bisa menjadi Alasan untuk Anda yang ingin memulai menjadi pengusaha rumahan dengan modal minim.

Cara memulai bisnis ATK tidak mengharuskan Anda memiliki keahlian khusus. Anda hanya butuh keterampilan dalam menghitung uang serta mengelolanya. Kegiatan usaha ATK rumahan hanyalah sebatas buka tutup toko saja. Jadi, siapa saja bisa menjadi pengusaha rumahan dalam bisnis ATK ini. 


Cara Sukses dalam Usaha ATK Rumahan

Oleh sebab itu, sebelum Anda memulai usaha ATK rumahan, pelajari terlebih dahulu cara sukses berbisnis alat tulis kantor agar tidak rugi di kemudian hari. Apa saja cara sukses dalam usaha ATK rumahan yang harus Anda ketahui? Berikut ulasannya di bawah ini.

1. Memilih Tempat yang Strategis untuk Bisnis Toko Alat Tulis

Ketika Anda ingin memulai usaha apapun itu, hal pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda ialah memilih lokasi yang tepat untuk usaha dan bisnis Anda. Meskipun usaha yang Anda jalani tergolong usaha rumahan, tetap saja tempat harus selaras dengan jenis usaha.

cara memulai bisnis atk - usaha jual atk - usaha atk rumahan - cara bisnis atk - tips sukses dalam berbisnis
Memilih Tempat yang Strategis untuk Bisnis Toko Alat Tulis

Dengan begitu, bisnis usaha Anda akan berjalan dengan lancar. Dalam artikel ini kita sedang membahas tentang usaha ATK rumahan. Anda bisa memilih wilayah yang strategis yang sekiranya banyak orang yang membutuhkan produk usaha Anda.

Seperti di sekitar kantor, sekolah, kampus, pesantren, jalan raya, rumah sakit, dan lainnya. Pertanyaannya, bagaimana jika rumah Anda jauh dari beberapa tempat tadi? Anda bisa menyewa tempat untuk usaha alat tulis Anda ataupun dengan menjualnya secara online.


2. Lengkapi Produk Usaha ATK Anda

Cara memulai bisnis ATK selanjutnya ialah dengan melengkapi produk jualan Anda. Meskipun Anda saat ini membuka usaha rumahan kecil-kecilan, bukan berarti Anda membatasi barang yang Anda jual. Semakin lengkap barang yang Anda sediakan, pelanggan pun akan semakin banyak dan beragam.

Bayangkan jika ada yang ingin membeli kotak pensil dan Anda tidak memiliki stoknya. Anda akan kehilangan satu pelanggan. Itu baru satu contoh, masih banyak contoh lain yang mewajibkan Anda untuk melengkapi barang pada usaha ATK Anda.

Barang yang harus ada pada usaha ATK rumahan Anda setidaknya adalah pulpen, buku tulis, buku gambar, klip kertas, kertas, pensil, buku nota, dan beberapa alat tulis dasar lainnya. Dengan melengkapi barang dagangan, Anda sudah menjalankan salah satu cara memulai bisnis ATK agar cepat sukses.

Baca Juga : Cara Sukses Bisnis Baju Online dengan Modal Kecil

3. Amati Lama Waktu dan Jumlah Barang yang Dibeli

Cara sukses dalam usaha ATK rumahan yang lain adalah dengan mengetahui lama waktu dan jumlah barang yang sudah terbeli. Perhitungkanlah kapan Anda harus restock barang dengan mengamati perputaran keluar pada barang yang ada pada bisnis toko alat tulis Anda.

Ketika produk usaha ATK rumahan anda habis terjual dalam kurun waktu 2 minggu, itu artinya Anda musti restock atau membeli barang lagi dalam kurun waktu 2 minggu tersebut. Namun, ketika suatu saat penjualan melonjak sebelum 2 minggu, segeralah membeli barang pada supplier sebelum barang di toko Anda habis.


4. Perhatikan Tampilan Toko Usaha ATK Rumahan Anda

Selain menentukan tempat yang strategis, salah satu cara sukses berbisnis alat tulis kantor ialah dengan memperhatikan tampilan dan tata letak toko. Anda tidak harus mempunyai keahlian khusus di bidang desain ruangan.

cara memulai bisnis atk - usaha jual atk - usaha atk rumahan - cara bisnis atk - tips sukses dalam berbisnis
Perhatikan Tampilan Toko Usaha ATK Rumahan Anda

Cukup dengan menata tampilan toko agar rapi dan enak dipandang dan beberapa barang dagangan usaha toko alat tulis Anda bisa kelihatan dari luar. Dengan begitu konsumen pasti akan nyaman karena dimanjakan dengan tampilan toko yang rapi, jelas, dan tidak harus sering bertanya ketika ingin membeli alat tulis.

Tatalah toko seterampil mungkin agar mengundang hasrat konsumen untuk membeli sesuatu. Seperti ketika ada pembeli datang dengan tujuan awal membeli pensil. Ketia ia melihat penghapus di sebelah rak pensil, terbesitlah rasa ingin membeli penghapus tersebut. Padahal niat awalnya hanya ingin membeli pensil.


5. Menentukan Supplier yang Tepat dan Murah

Cara untuk sukses dalam usaha ATK rumahan point ke empat adalah dengan menemukan supplier yang tepat dan murah. Jika Anda mendapatkan supplier dengan harga barang yang murah, Anda bisa menjualnya dengan harga yang murah juga. Keuntungannya, banyak pembeli yang akan memilih untuk membeli alat tulis tid tokomu.

cara memulai bisnis atk - usaha jual atk - usaha atk rumahan - cara bisnis atk - tips sukses dalam berbisnis
Menentukan Supplier yang Tepat dan Murah

Anda bisa menemukan supplier yang menyediakan paket usaha ATK untuk pemula yang pastinya barangnya lebih lengkap, beragam, dan murah. Sehingga Anda tidak harus membeli satu-satu alat tulis kantor yang akan membuat modal usaha Anda tercacar. Nanti, kalau sudah berkembang, baru belilah sendiri barang dagangan tanpa mengambil paket.


6. Ramah Pada Pembeli yang Datang

Point terakhir untuk cara sukses dalam berbisnis ATK adalah dengan berlaku ramah pada pembeli. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kalimat pembeli adalah raja. Ini harus tetap kamu praktekkan meskipun nantinya pembeli tidak jadi membeli daganganmu karena uang tidak cukup atau barang yang mereka cari tidak tersedia.

Berlakulah ramah jika ingin bisnis toko alat tulis Anda sukses dan banyak pembeli. Layani mereka dengan sepenuh hati sehingga mereka akan nyaman dan berkeinginan untuk kembali ke toko Anda di lain hari ketika mereka membutuhkan alat tulis kantor. Dan mereka akan menjadi pelanggan tetap Anda.

Penutup - Panduan Lengkap Memulai Usaha ATK Rumahan

Peluang bisnis usaha alat tulis masih cukup menggiurkan. Beberapa orang tidak akan terbebas dengan yang namanya ATK atau Alat Tulis Kantor meski kita sudah hidup di era serba digital. Pembeli yang datang bisa dari kalangan pelajar, pekerja, masyarakat umum, dan juga ibu rumah tangga.

Untuk memulai usaha ATK rumahan, ada beberapa cara yang harus Anda pelajari. Di antaranya adalah dengan mengetahui apa itu ATK, memperhitungkan keuntungan dan beberapa cara sukses usaha alat tulis yang harus Anda pelajari.

Beberapa cara sukses dalam berbisnis usaha ATK rumahan sudah kami terangkan di atas. Seperti memilih wilayah yang strategis, melengkapi barang dagangan, mengetahui kapan restock barang, memperhatikan tampilan toko, menentukan supplier ATK yang tepat dan berlaku ramah kepada pembeli. Praktekkan cara di atas agar usaha ATK rumahan Anda bisa sukses dan banyak pelanggan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url