Pakan Ternak Kambing Hehijauan Domba Suka Dijamin The Best

Pakan Ternak Kambing Hehijauan Domba Suka Dijamin The Best
Pakan Ternak Kambing Hehijauan Domba Suka Dijamin The Best 

Pakan Ternak Kambing - Agar tetap sehat dan gemuk, makanan kambing harus selalu Anda perhatikan. Setidaknya berikan 3 jenis pakan kambing untuk kelangsungan hidupnya. Antara lain hijauan, daun-daunan, serta pakan penguat atau pakan buatan.

Pakan ternak kambing di atas sangat baik untuk kesehatan kambing Anda. Namun, di antara yang paling bagus ialah pakan kambing hijauan. Hijauan pun tidak semuanya baik. Ingin tahu apa saja pakan kambing yang bagus dari hijauan ini?

Baca Juga : Vitamin Ikan Lele Agar Cepat Besar untuk Panen Maksimal

Inilah Pakan Kambing yang Bagus dari Jenis Hijauan

Di bawah ini adalah beberapa pakan ternak kambing dari hijauan yang  bisa Anda berikan untuk kambing-kambing Anda. Antara lain: 

1. Rumput Taiwan Sebagai Makanan Kambing Favorit

Penampakan dari rumput taiwan ini bisa dibilang lumayan besar. Yaitu antara 4 - 5 meter. Batang dari rumput ini lumayan lunak. Batang bawah makanan kambing ini agak kemerahan. Daunnya memiliki bulu yang lembut dan agak lebar. Nutrisi yang dikandungnya juga cukup baik. Sangat cocok untuk pakan ternak kambing.


2. Pakan Ternak Kambing dari Daun singkong

Salah satu pakan kambing yang mereka sukai adalah daun singkong. Protein dari daun singkong ini sangat tinggi. Berkisar antara 16.7 - 39.9 persen bahan kering dan hampir 85 persen dari fraksi protein kasarnya merupakan protein murni.

Inilah Pakan Kambing yang Bagus dari Jenis Hijauan
Pakan Ternak Kambing dari Daun singkong

Di dalam kulit dan ongok daun singkong tersimpan kandungan pati yang tinggi dan sangat baik digunakan sebagai sumber energi pada kambing. Selain sebagai sumber protein, makanan kambing ini juga bisa digunakan sebagai obat cacing alami kambing.

Hal ini karena zat tanin yang terkandung di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan saluran pencernaan ternak terhadap mikroorganisme. Namun, pakan ternak kambing ini juga mengandung sian!da yang bisa hilang racunnya hanya ketika setelah dijemur satu malam.


3. Makanan Kambing dari Daun Turi

Daun turi mempunyai kandungan protein kasar yang sangat tinggi, yaitu sekitar 27.3 persen dengan kandungan energi kasar mencapai 4.825 kkal/kg, SDN 24.4 persen, lignin 2.7 persen, abu 7.5 persen, Ca 1.5 persen, dan P 0.4 persen.

Enaknya dari daun turi ini pohonnya bisa tumbuh sebur meskipun tidak musim hujan. Daun turi baik sekali dikasih saat ternak kambing memerlukan zat makan yang lebiih banyak dari biasanya. Seperti saat berkhirnya masa bunting, awal menyusui dan waktu masih cempe.

Baca Juga : Ternak Kambing Tanpa Ngarit Rumput Cocok Untuk Anda yang Super Sibuk

4. Gamal Sebagai Pakan Domba atau Kambing

Makanan kambing dari gamal ini proteinnya bisa sampai 23 persen dan mengandung kalsium kira-kira 1.2 persen. Sedangkan kandungan seratnya mencapai 45 persen. Sangat tinggi dibanding pakan domba lainnya. Untuk itu sangat disarankan ternak kambing untuk menyediakan gamal.

Inilah Pakan Kambing yang Bagus dari Jenis Hijauan
Pakan Ternak Kambing : Gamal Sebagai Pakan Domba atau Kambing

Masalahnya, aroma dari gamal ini sangat menyengat. Membuat kambing tidak terlalu menyukainya. Tapi tenang saja. Itu semua bisa diakali dengan melayukan daun melalui proses penjemuran. Kasih saja gamal ketika kambing sedang lapar-laparnya. Pasti makanan kambing ini akan dimakan juga.


5. Daun Kaliandra untuk Pakan Kambing

Pilihan pakan ternak kambing para petani organik selanjutnya adalah daun kaliandra. Daun ini bisa mencapai tinggi sampai 8 meter. Kaliandra bisa tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian 1500 m dpl. Sangat bisa tumbuh di tanah yang kurang subur. Pohonnya juga cepat tumbuh.

Kaliandra ini bisa Anda manfaatkan sebagai pakan ternak kambing sumber protein. Tanamlah kaliandra pada tanah yang kurang subur untuk memanfaatkan lahan non produktif dan mengurangi pertumbuhan gulma. Daun kaliandra ini juga bisa Anda keringkan dan dimanfaatkan sebagai makanan kambing kering.

Berapa kg pakan hijauan kambing per hari?

Pemberian pakan hijauan untuk kambing per hari dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk berat badan kambing, usia, tingkat aktivitas, kondisi kesehatan, dan tujuan pemeliharaan. 

Namun, sebagai pedoman umum, kambing dewasa dengan berat badan sekitar 25-30 kg umumnya membutuhkan sekitar 2-3 kg hijauan segar per hari. Kambing dengan berat badan yang lebih besar mungkin memerlukan lebih banyak pakan.

Rumput Apa yang Bagus untuk kambing?

Rumput-rumput yang bagus untuk pakan kambing antara lain :

1. Rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum):

Rumput ini mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk kambing. Daunnya lebar dan mudah dicerna.

2. Rumput Alang-Alang (Imperata cylindrica):

Rumput ini tahan kering dan kambing cenderung menyukainya. Namun, pastikan tidak memberikan terlalu banyak karena mengandung oksalat yang bisa mengganggu penyerapan kalsium.

3. Rumput Raja (Brachiaria)

Beberapa jenis rumput Brachiaria seperti Brachiaria decumbens dan Brachiaria humidicola bisa menjadi pilihan baik.

4. Rumput Setaria (Setaria sphacelata)

Rumput ini memiliki nilai gizi yang bagus dan dapat tumbuh subur di berbagai kondisi lingkungan.

5. Rumput Kuning (Cenchrus ciliaris)

Rumput ini memiliki nilai gizi tinggi dan cocok untuk kambing.

6. Rumput Bermuda (Cynodon spp.)

Dikenal sebagai rumput Bermuda, rumput ini juga bisa menjadi sumber pakan yang baik.


Apa Itu Konsentrat untuk Kambing?

Apa itu konsentrat untuk kambing? Konsentrat untuk kambing adalah pakan tambahan yang lebih kaya nutrisinya dibandingkan dengan hijauan biasa. Ini biasanya berbentuk butiran atau pelet.

Konsentrat mengandung protein, energi, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi, dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak selalu tercukupi dari hijauan saja.

Namun, pemberian konsentrat harus diatur dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan kambing dan tujuan pemeliharaan, seperti pertumbuhan, reproduksi, atau produksi susu.


Daun apa saja yang bisa untuk pakan kambing?

Berikut adalah jenis daun-daun yang cocok untuk pakan kambing:

1. Daun Singkong (Manihot esculenta):

Daun singkong mengandung protein dan energi yang baik untuk kambing.

2. Daun Pisang (Musa spp.)

Kambing biasanya menyukai daun pisang, dan ini bisa menjadi tambahan pakan yang bergizi.

3. Daun Pepaya (Carica papaya):

Daun pepaya kaya akan enzim yang membantu pencernaan kambing.

4. Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala)

Daun lamtoro memiliki kandungan protein tinggi, namun perlu diberikan dengan hati-hati karena mengandung senyawa antinutrisi.

5. Daun Glirisidia (Gliricidia sepium)

Daun ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sering digunakan sebagai pakan tambahan.

Penting untuk selalu memantau kondisi kesehatan dan berat badan kambing Anda serta berkonsultasi dengan ahli ternak untuk menentukan jumlah dan jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemeliharaan kambing Anda.

Penutup - Pakan Ternak Kambing Hehijauan Domba Suka Dijamin The Best 

Ketika kita memutuskan untuk ternak kambing, hal yang perlu diperhatikan adalah stok aman pakan kambing dan kandang kambing itu sendiri. Berilah pakan ternak kambing yang kambing suka dan tentu memiliki kandungan gizi yang baik.

Ada beberapa makanan kambing hehijauan yang bisa Anda berikan. Di antaranya rumput untuk kambing, daun turi, daun kaliandra, gamal,daun singkong, dan beberapa daun hijau lainnya. Ketika stok pakan kambing sudah tidak lagi menjadi masalah buat Anda, ternak kambing pun 99 persen akan berhasil.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url