Cara Mengatasi Bebek Tidak Bertelur Patut untuk Dicoba

Cara Mengatasi Bebek Tidak Bertelur - Bebek tidak hanya dipanen dagingnya, akan tetapi juga telurnya. Ketika Anda beternak bebek lalu mereka tidak mau bertelur tentu ini akan menjadi masalah besar.

Cara Mengatasi Bebek Tidak Bertelur Patut untuk Dicoba

Maka dari itu ketika bebek-bebek Anda tidak mau bertelur, Anda harus cepat-cepat putar otak untuk mengatasi permasalahan ini. Jika tidak, Anda akan mengalami rugi besar bahkan  Anda bisa kehilangan bebek Anda karena bisa jadi mereka terkena penyakit.

Namun, Anda tidak perlu pusing lagi. Karena Desa Merdeka kali ini akan membeberkan rahasia cara mengatasi bebek yang tidak bisa bertelur. Anda bisa mencobanya dan bebek peliharaan Anda akan kembali bertelur sehingga penghasilan Anda pun akan kembali tinggi.

Baca Juga : Cara Pemberian Susu pada Ayam Broiler untuk Penggemukan

Apa Penyebab Bebek Tidak Bertelur?

Seringkali orang hanya berfokus pada solusi tanpa memperhatikan sebab. Sebelum mengetahui cara mengatasi bebek tidak bertelur ada baiknya Anda berpikir apa penyebab bebek tidak bertelur? Di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:

Usia Bebek yang Bukan Masa Produktif

Penyebab bebek tidak bertelur yang pertama adalah karena usia bebek yang bukan masa produktif. Umumnya bebek Akan memasuki usia produktif pada masa 5-6 bulan. Jika bebek Anda belum mencukupi umur tersebut, sangat wajar jika itik tidak bisa bertelur.

Suhu Lingkungan yang Kurang Baik

Bebek perlu suhu lingkungan yang baik untuk menstabilkan tubuhnya. Terlalu dingin atau terlalu panas akan membuat bebek tidak nyaman. Tentu hal ini akan menjadikan bebek tidak ingin bertelur.

Apa Penyebab Bebek Tidak Bertelur?
Suhu Lingkungan yang Kurang Baik

Bukan hanya itu. Suhu kandang dan lingkungan yang tidak sesuai juga bisa menjadikan bebek sakit, stres dan mati. Oleh karenanya Anda harus menjaga suhu lingkungan agar bebek tetap sehat dan memproduksi telur secara stabil.

Faktor Nutrisi Pakan yang Tidak Sesuai

Anda harus memperhatikan nutrisi pakan peliharaan Anda, jika tidak kesehatan mereka bisa terganggu dan bebek tidak akan bertelur. Lengkapi gizi pada pakan bebek dengan memperhatikan nutrisi yang masuk agar bebek Anda kembali bertelur.

Tidak Idealnya Kondisi Kandang

Apa penyebab bebek tidak bertelur? Salah satunya adalah kondisi kandang yang kurang ideal. Jika ingin memelihara bebek secara sukses, perhatikan pembuatan kandang sebelumnya. Jangan terlalu sempit dan kebanyakan isi dalam satu kandang.

Apa Penyebab Bebek Tidak Bertelur?
Tidak Idealnya Kondisi Kandang

Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang agar bebek tidak stres dan terkena penyakit sehingga bebek tidak bertelur. Jangan menunggu kotoran menumpuk untuk membersihkan kandang bebek.

Induk Bebek yang Kesehatannya Terganggu

Ketika induk bebek sakit, meski umurnya sudah memasuki usia produktif, tetap saja bebek tidak akan bertelur. Oleh karena itu Anda harus selalu memeriksakan kesehatan bebek agar tetap terus bisa bertelur dan jauh dari prnyakit.

Baca Juga : Kenali 7 Resiko Ternak Bebek Sebelum Memutuskan untuk Beternak

Inilah Cara Mengatasi Bebek Tidak Bertelur

Setelah mengetahui apa saja penyebab bebek tidak bertelur, sekarang Anda akan kami pandu mengetahui bagaimana cara mengatasi bebek yang tidak mau bertelur. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

Memilih Indukan yang Sehat dan Sesuai

Cara mengatasi bebek tidak bertelur yang pertama adalah dengan memilih indukan yang sehat dan sesuai. Anda bisa mengetahui DOD yang sehat dengan melihat bulunya yang kering, bersih, dan lembut.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Pakan

Pakan adalah nyawa dari bebek. Ketka pakan yang Anda sediakan tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bebek, tentu kesehatannya akan terganggu sehingga tidak mau bertelur. Anda harus tahu apa saja nytrisi yang dibutuhkan oleh bebek dan jenis pakannya.

Inilah Cara Mengatasi Bebek Tidak Bertelur
Penuhi Kebutuhan Nutrisi Pakan

Penuhi asupan nutrisinya dengan memberikan kalsium. karbohidrat, protein, serat, lemak, da fosfor dengan seimbang. Campurkan bekatul, jagung, ampas tahu, dan dedak pada makanannya sebagai ramuan agar bebek cepat bertelur.

Perhatikan Kapasitas Kandang

Sesuai yang tertera di atas. Kandang yang terlalu penuh akan menyebabkan bebek stres dan tidak mau bertelur. Cara mengatasi bebek tidak mau bertelur ya dengan memperhatikan kapasitas bebek. Ketika dirasa bebek Anda terlalu penuh, buatlah kandang baru agar bebek bisa kembali menata mental.

Beri Makan dan Minum Secara Teratur

Jangan lupa untuk memberi makan 2-3 kali sehari dengan porsi yang sesuai dengan umur bebek itu sendiri. Anda juga bisa mencampurkan vitamin agar bebek cepat bertelur untuk memulihkan kondisi bebek yang tidak bertelur.

Beri pula air minum yang bersih dan segar. Jangan dibiasakan memberikan air minum yang terlalu banyak. Ini akan mengotori kandang sehingga bebek akan sakit dan tidak ingin bertelur.

Pemberian Suplemen Bebek

Cara selanjutnya untuk mengatasi bebek tidak mau bertelur adalah dengan memberikan suplemen pada bebek. Penuhi kebuthan kalsium, vitamin A, vitamin D serta fosfor pada makanannya agar bebek kembali bertelur.

Itulah tadi adalah beberapa cara mengatasi bebek tidak bertelur agar menbali menghasilkan telur secara rutin. Anda perlu melakukan hal di atas dan sabar menunggu sampai bebek-bebek Anda pulih. Ingat, semua butuh proses termasuk ternak bebek yang mogok untuk bertelur.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url